Apa Itu Token Mandiri ? Pengertian, Fungsi & Mendapatkan

Apa Itu Token Mandiri – Menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia, tentu saja bank Mandiri selalu ingin memberikan layanan unggulan kepada para nasabah. Tujuannya agar nasabah merasa diberikan produk dan layanan demi kenyamanan.

Dari segi layanan, Mandiri telah memberikan banyak fasilitas yang bisa memudahkan urusan transaksi keuangan para nasabahnya. Di mana seperti bank-bank lainnya, Mandiri tentunya sudah memberikan layanan seperti mesin ATM, EDC, e-Banking dan lainnya.

Dalam penggunaan layanan Internet Banking, setiap nasabah yang melakukan transaksi dari pihak bank Mandiri meningkatkan keamanan guna dengan menghadirkan token Mandiri. Layaknya transaksi di bank lain, Mandiri juga memiliki token guna memberi keamanan lebih.

Lalu apa itu Token Mandiri ? Token Mandiri adalah alat guna menambahkan lapisan pengamanan saat transaksi di layanan Internet Banking. Itu artinya, Anda harus menggunakan token untuk login dan mengakses Internet Banking.

Apa Itu Token PIN Mandiri

Untuk lebih jelas mengenai apa itu token Mandiri, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sajikan secara lengkap dari pengertian, fungsi sampai cara mendapatkan tokennya. Jadi terus untuk simak dan ikuti pembahasan apa itu token Mandiri di bawah ini sampai akhir.

Apa Itu Token PIN Mandiri

Di mana token Mandiri adalah alat pengaman tambahan saat bertransaksi finansial di Internet Banking Mandiri. Token ini berfungsi untuk menghasilkan Personal Identification Number (PIN) yang selalu berganti (PIN Dinamis) setiap kali nasabah akan melakukan transaksi.

Nasabah bisa menggunakan PIN Mandiri pada saat bertransaksi di salah satu channel Elektronik Banking Mandiri seperti Mandiri Internet, SMS Banking Mandiri maupun Call Mandiri. Hanya saja, untuk saat ini layanan Internet Banking saja yang menggunakan token.

Baca  30 Cara Bayar BPJS di ATM Mandiri Paling Lengkap 2022

Nah token ini sendiri berbentuk seperti kalkulator, tentu hal itu sudah tidak asing lagi bagi sebagian nasabah. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan apa itu token BRI, token BNI, token BCA dan token dari bank lainnya.

Fungsi Token PIN Mandiri

Lalu apa fungsi token Mandiri ? Seperti sudah disinggung sedikit di atas, fungsi sebagai lapisan pengamanan saat login dan mengakses Internet Banking guna menghasilkan PIN yang selalu berganti setiap kali nasabah melakukan transaksi.

Dengan begitu, dengan penggunaan token Mandiri tersebut sebagai bentuk perlindungan lebih atas keamanan nasabah Mandiri saat melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran dan lainnya melalui layanan Internet Banking Mandiri.

Syarat Mendapatkan Token PIN Mandiri

Jika sudah tahu pengertian apa itu dan fungsi token Mandiri di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui cara mendapatkannya. Namun untuk bisa mendapatkan token Mandiri tersebut, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan. Adapun syarat itu sendiri seperti:

  • Buku rekening tabungan Mandiri.
  • Kartu ATM atau debet.
  • e-KTP masih berlaku.
  • Sudah daftar Internet Banking Mandiri.
  • Telah membayar biaya administrasi (Rp 20.000).
  • Telah mengisi formulir pengajuan.
  • Melakukan proses registrasi di kantor cabang.

Cara Mendapatkan Token PIN Mandiri

Cara Mendapatkan Token PIN Mandiri

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, maka lanjut ke pembahasan cara mendapatkan token Mandiri-nya. Untuk cara mendapatkan token Mandiri terbilang mudah, di mana untuk bisa mendapatkan bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama siapkan syarat ketentuan di atas.
  • Jika sudah, silakan kunjungi kantor cabang Mandiri terdekat.
  • Kemudian daftarkan nomor HP untuk mendaftar dan aktivasi Internet Banking di ATM.
  • Setelah itu, silakan masuk ke bank dan ambil nomor antrean customer service.
  • Disaat mengantre tersebut petugas akan memberi formulir untuk diisi.
  • Sambil menunggu nomor antrean silakan untuk isi formulir pengajuan token Mandiri.
  • Tiba giliran nomor antrean dipanggil. Silakan sampaikan jika ingin mengurus token Mandiri.
  • Kemudian serahkan formulir yang telah diisi dan syarat dibutuhkan.
  • Langkah berikutnya customer service atau petugas akan meminta Anda membuat PIN. Pastikan PIN dibuat mudah untuk diingat dan hanya diketahui Anda.
  • Terakhir silakan ikuti panduan diberikan customer service, maka Anda akan mendapatkan token Mandiri.
Baca  10 Cara Top Up GoPay Lewat New Livin by Mandiri & Admin

Hal Wajib Diketahui Terkait Token Mandiri

Jika sudah berhasil mendapatkan token Mandiri tersebut, maka Anda wajib mengetahui beberapa hal penting yang perlu diketahui. Apa saja hal terkait token Mandiri yang perlu diketahui tersebut? Ini dia beberapa hal yang dimaksud:

  • Satu token hanya dapat dihubungkan dengan 1 nomor rekening nasabah.
  • Token hanya bisa digunakan untuk layanan Internet Banking.
  • Token tetap menjadi milik bank dan harus dikembalikan jika diminta atau sudah tidak digunakan lagi.
  • Token Mandiri wajib dijaga dan dirawat sesuai panduan penggunaan di mana tertera pada buku petunjuk pemakaian.

Meskipun sudah hadir layanan Mobile Banking Mandiri seperti New Livin by Mandiri yang jauh lebih praktis, namun penggunaan layanan Internet Banking Mandiri juga masih ada sehingga token Mandiri penting untuk menjaga keamanan transaksi para nasabah.

Demikian kiranya pembahasan terkait informasi apa itu token Mandiri lengkap dari pengertian, fungsi atau kegunaan, syarat dan cara mendapatkan token Mandiri dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan adanya pembahasan token Mandiri di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan dan selalu menjaga keamanan transaksi para nasabah.