Apa Itu Auto Grab Fund BRI 2022 : Penjelasan & Keuntungan

Auto Grab Fund BRI – Berbicara mengenai Bank Rakyat Indonesia (BRI), tentu bagi sebagian orang sudah tidak asing. Apalagi bisa dibilang BRI menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia, itu telah dibuktikannya dengan nasabah yang banyak dan telah tersebar di penjuru negeri ini.

Tidak hanya nasabah saja yang banyak, disisi lain pihak BRI juga memberikan fasilitas layanan bisa mempermudah urusan transaksi nasabahnya. Seperti sudah disediakannya beberapa kantor cabang di setiap daerah, lebih dari 22.000 mesin ATM dan layanan online seperti SMS, Internet beserta Mobile Banking.

Di fasilitas layanan tersebut, nantinya Anda bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer, pembayaran, cek mutasi dan masih banyak lainnya. Teruntuk Anda yang melakukan transaksi cek mutasi rekening BRI, pastinya akan menjumpai kode mutasi yang terkadang tidak diketahui arti dari transaksi yang telah terjadi.

Salah satu kode mutasi yang kerap tidak diketahui nasabah BRI yaitu kode AGF yang merupakan singkatan dari Auto Grab Fund. Lalu apa sebenarnya arti dan pengertian dari Auto Grab Fund itu sendiri? Jika penasaran akan hal itu, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sajikan informasinya secara lengkap di bawah ini.

Auto Grab Fund BRI

Auto Grab Fund BRI

Untuk yang belum tahu apa itu Auto Grab Fund BRI, rupanya Auto Grab Fund (AGF) adalah fasilitas pembayaran otomatis yang dapat digunakan untuk membayar angsuran pinjaman yang dimiliki oleh nasabah pada bank BRI. Secara otomatis nantinya pihak BRI akan menarik sejumlah uang (debit) sesuai nominal dari rekening tabungan.

Baca  12 Cara Bayar SKCK Online Lewat ATM BRI 2022 : Syarat & Ketentuan

Di mana pendebitan saldo tabungan sebagai pembayaran angsuran atau pinjaman sendiri akan dilakukan setiap tanggal yang telah ditentukan oleh dua pihak yaitu  BRI dan nasabah setiap bulan sesuai dengan pemilihan lama pinjaman yang dipilih saat pertama kali mengajukan pinjaman tersebut.

Namun dengan catatan fasilitas Auto Grab Fund hanya akan dilakukan jika nasabah menyetujui dan mengaktifkan Auto Grab Fund atau pembayaran angsuran secara otomatis dengan memotong saldo tabungan di awal. Dengan begitu, Anda bisa memilih metode pembayaran cicilan di bank BRI baik secara otomatis atau manual.

Untuk pembayaran manual sendiri, Anda bisa manfaatkan fasilitas lain seperti ATM, layanan teller dan agen BRILink, Internet Banking dan SMS Banking. Namun terlebih dahulu Anda sudah mendapatkan kode bayar atau nomor virtual account yang diberikan oleh pihak bank BRI di awal mengajukan pinjaman.

Pinjaman di Bank BRI

Lalu apa saja pinjaman yang dimiliki oleh pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI)? Mengenai pinjaman yang ditawarkan oleh bank BRI sendiri bisa dibilang cukup banyak, salah satu pinjaman yang cukup populer salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dan di bawah ini beberapa pinjaman lain yang ditawarkan bank BRI:

  • Pinjaman Bank BRI KPR (Kredit rumah atau apartemen)
  • KPRS BRI (Kredit rumah subsidi)
  • KKB Mobil Bekas dan Baru
  • KKB BRI Refinancing
  • KKB Motor Premium
  • Briguna Karya (KTA konsumtif)
  • Briguna Purna (KTA pensiun)
  • Briguna Umum (KTA konsumtif)
  • Briguna Pendidikan
  • KUR (Kredit UMKM)
  • Kupedes
  • Kredit Modal Kerja
  • Kredit Investasi
  • Kredit Pangan
  • Resi Gudang
  • Kredit Kemitraan
  • Pinjaman online BRI Ceria

Untuk nasabah BRI yang ingin lakukan pengajuan pinjaman tersebut bisa untuk datang ke kantor bank BRI secara langsung dengan melengkapi syarat ketentuan masing-masing pinjaman yang akan dipilih. Setelah itu silakan pilih metode bayar tagihannya, apakah itu pembayaran manual atau pembayaran otomatis melalui fasilitas Auto Grab Fund.

Baca  18 Cara Bayar Shopee PayLater Lewat OVO 2022: Syarat & Biaya Admin

Potongan Auto Grab Fund BRI

Lalu kapan pihak bank BRI akan memotong saldo tabungan sebagai pembayaran otomatis atas pinjaman yang dimiliki tersebut? Mengenai potongan Auto Grab Fund sendiri nantinya akan ditentukan atas kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu nasabah peminjam dan bank BRI.

Sebagai contoh, KUR BRI nantinya memunculkan tagihan 5 hari sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan. Tujuannya sebagai bentuk pengingat agar nantinya nasabah tidak telat bayar angsuran, untuk cara bayar angsuran KUR BRI ada beberapa pilihan seperti sudah pernah disampaikan di pembahasan sebelumnya.

Karena seperti Anda ketahui sendiri, jika sampai telat melakukan pembayaran angsuran akan memunculkan resiko lain selain pengenaan denda terhadap nasabah. Salah satu resiko lain seperti misalnya di blacklist, sehingga nama nasabah tidak bisa mengajukan pinjaman BRI lain atau dari bank-bank lainnya.

Keuntungan Aktifkan Fasilitas Auto Grab Fund

Jika sudah tahu akan arti apa itu pengertian Auto Grab Fund BRI dan kapan potongan atau pendebitan yang dilakukan oleh pihak BRI atas pembayaran angsuran otomatis di atas. Selanjutnya Anda tinggal mengetahui apa keuntungan atas pengaktifan fasilitas pembayaran otomatis bernama Auto Grab Fund ini. Di antara lain keuntungan yang didapat seperti misalnya:

  • Nasabah akan jauh lebih praktis karena tidak perlu melakukan transfer atau bayar tagihan secara manual melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking atau setor tunai di teller atau agen BRILink.
  • Meminimalisir penunggakan secara otomatis karena pembayaran kredit atau angsuran akan terjadi jika tagihan muncul dan saldo di dalam tabungan mencukupi dengan jumlah nominal tagihan.
  • Memberi keuntungan lebih bagi nasabah BRI yang kerap lupa tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran.
Baca  2 Cara Menghitung Keuntungan Agen BRILink, Harian & Bulanan

Demikian kiranya pembahasan apa itu Auto Grab Fund BRI beserta informasi terkait lain dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan adanya pembahasan terkait Auto Grab Fund di atas, semoga bisa bermanfaat bagi para nasabah yang bertanya-tanya dan belum mengetahui apa arti dan pengertian Auto Grab Fund.