√ Biaya Transfer ATM Link 2022 : Sesama & Bank Lain

Biaya Transfer ATM Link – Gerai ATM merupakan salah satu fasilitas perbankan yang memudahkan setiap nasabah dalam melakukan transaksi. Melalui mesin ATM, nasabah bisa melakukan transaksi mulai dari cek saldo, tarik tunai hingga transfer uang ke sesama dan rekening Bank lain. Berbicara mengenai mesin ATM, tentu kalian sudah tidak asing dengan mesin ATM yang memiliki logo berupa tulisan Link di dalamnya.

Bagi yang belum tahu, ATM Link merupakan fasilitas yang bisa digunakan oleh nasabah Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yang terdiri dari Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN.  Sebagai salah satu nasabah dari Bank tersebut, perlu diketahui bahwa dalam waktu dekat kalian akan dikenai tarif setiap kali transaksi di ATM Link. Biaya tersebut berlaku untuk beberapa macam transaksi, salah satunya adalah transfer atau kirim uang.

Disamping itu, seperti kami singgung diatas bahwa terdapat dua jenis transfer uang, yaitu ke sesama rekening dan Antar Bank Online (ke rekening Bank lain). Nah, khusus untuk transfer beda Bank ada biaya tambahan sesuai kebijakan dari Bank yang digunakan. Sedangkan untuk besaran dari masing-masing transaksi tersebut bakal kami jelaskan nanti di bagian pembahasan.

Sebelum itu perlu diketahui bahwa biaya yang dikenakan saat melakukan transfer lewat ATM Link akan langsung dipotong dari saldo rekening. Maka dari itu, mulai dari sekarang kalian wajib menyiapkan saldo lebih jika ingin melakukan transaksi tersebut. Baiklah, daripada penasaran berikut ini telah kami siapkan penjelasan lengkap seputar biaya transfer di ATM Link lengkap dengan jadwal pemberlakuan sistem tersebut.

Baca  √ Biaya Transfer BRI ke BCA Lewat Semua Metode 2022

Kapan Mulai Berlaku Biaya Kirim Uang di ATM Link?

Kapan Mulai Berlaku Biaya Kirim Uang di ATM Link

Sebelum masuk ke inti pembahasan, kalian wajib tahu bahwa ketentuan mengenai pemberlakuan biaya transfer di ATM Link untuk saat ini belum diterapkan. Ketentuan tersebut akan diaktifkan pada tanggal 1 Juni 2021 mendatang, jadi sekarang kalian masih bisa melakukan transfer, tarik tunai, CEK SALDO dan beberapa transaksi lainnya di ATM Link secara gratis.

Jadi setelah berlaku biaya kirim uang melalui ATM Link, kami sarankan untuk menyiapkan saldo lebih setidaknya 10.000 rupiah diatas saldo minimal. Kemudian ketentuan itu hanya berlaku ketika kalian kirim uang di ATM Link menggunakan kartu ATM dari Bank yang berbeda. Misal, kalian transfer di ATM Mandiri menggunakan ATM BRI atau sebaliknya.

Biaya Transfer ATM Link

Biaya Transfer ATM Link

Kemudian untuk besaran biaya transfer menyesuaikan jenisnya, yaitu ke sesama atau ke rekening Bank lain. Disamping itu, diantara ke-empat Bank yang tergabung sebagai Himbara juga mungkin memiliki ketentuan biaya transfer Antar Bank Online masing-masing. Supaya lebih jelas, silahkan simak selengkapnya berikut ini :

1. Transfer Sesama

Untuk transfer ke sesama menggunakan ATM Link setiap nasabah akan dikenai biaya sebesar Rp. 4000 (Empat Ribu Rupiah). Seperti kami singgung diatas, tarif tersebut berlaku jika kalian melakukan transaksi melalui ATM yang berbeda dari fasilitas yang digunakan. Contoh, kalian kirim uang ke sesama BRI melaui ATM Mandiri.

2. Transfer Beda Bank

Sedangkan untuk transfer ke rekening dari Bank lain berlaku biaya Rp. 4000 (Empat Ribu Rupiah) ditambah dengan biaya transfer Antar Bank Online sesuai Bank yang digunakan. Untuk mengetahui tarif tarif transfer beda rekening untuk Bank Himbara silahkan lihat tabel dibawah ini :

Baca  [2022] Limit Transfer Jenius : Level Smart, Basic, Jenius

Nama Bank

Biaya Transfer Beda Bank

MandiriRp. 4000 – Rp. 6.500
BRIRp. 4000 – Rp. 6.500
BNIRp. 4000 – Rp. 6.500
BTNRp. 6.500

Jadi, misal kalian kirim uang dari ATM BRI menggunakan ATM BNI dengan tujuan ke rekening BTN maka akan dikenai biaya sebesar Rp. 6.500 + (Rp. 4000 – Rp. 6.500). 

Cara Transfer Uang Melalui ATM Link

Sekarang kalian sudah tahu ketentuan baru mengenai biaya transfer di ATM Link yang bakal diterapkan dalam waktu dekat ini. Meskipun demikian, beberapa dari kalian mungkin belum tahu cara melakukan transfer uang lewat ATM Link. Nah, sebagai contoh berikut kami sajikan tutorial mengirim uang lewat ATM Link BNI menggunakan ATM BRI :

1. Masukkan Kartu ATM

Masukkan Kartu ATM 1

Kunjungi gerai ATM BNI terdekat. Sesampainya disana masukkan kartu ATM BRI dengan benar.

2. Input PIN ATM

Input PIN ATM 1

Jika sudah, pilih Bahasa Indonesia lalu lanjut dengan memasukkan PIN ATM BRI.

3. Pilih Menu Lainnya

Pilih Menu Lainnya 1

Pada tampilan berikutnya langsung saja tekan Menu Lainnya.

4. Tekan Transfer

Tekan Transfer

Setelah itu pilih menu Transfer di pojok kiri atas.

5. Masukkan Kode Bank + Nomor Rekening

Masukkan Kode Bank Nomor Rekening

Selanjutnya input KODE BANK BRI jika kalian ingin transfer ke sesama BRI. Jika ingin transfer ke lain BRI, maka masukkan Kode Bank sesuai tujuan. Di belakang 3 digit kode transfer kalian masukkan nomor rekening tujuan.

6. Tentukan Nominal

Tentukan Nominal Transfer

Kemudian ketik jumlah uang yang akan di transfer.

7. Periksa Data Transfer

Periksa Data Transfer

Setelah itu periksa data transfer, pastikan nama penerima, nomor rekening dan nominal telah sesuai. Selanjutnya pilih Tekan Jika YA.

8. Transaksi Selesai

Transaksi Selesai

Terakhir, pada pilihan Jenis Rekening langsung saja pilih Dari Rekening Tabungan. Maka pada layar mesin ATM akan muncul notifikasi bahwa transaksi telah berhasil.

Baca  Limit Transfer BCA Gold 2022 : Sesama & Antar Bank Online

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah penjelasan dari Pakaiatm.com mengenai tarif baru untuk transfer uang di ATM Link. Kemudian untuk beberapa transaksi yang sebelumnya tidak dikenakan biaya seperti cek saldo, TARIK TUNAI dan lain sebagainya, per tanggal 1 Juni besok juga mulai berlaku biaya sesuai ketentuan. Semoga informasi diatas berlaku bagi kalian para nasabah dari Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN selaku pengguna ATM LINK.