8 Cara Bayar FIF Lewat BRImo 2021 : Biaya, Denda & Jatuh Tempo

Cara Bayar FIF Lewat BRImo – BRImo merupakan layanan e-channel yang dihadirkan oleh bank BRI untuk memudahkan nasabah BRI melakukan berbagai transaksi perbankan. Lewat BRImo, maka nasabah bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial tanpa perlu ke ATM ataupun kantor cabang BRI terdekat.

Dalam hal ini, BRImo menawarkan transaksi secara online melalui smartphone sehingga dapat dipastikan bahwa transaksi lewat BRImo akan lebih praktis dan cepat. Salah satu transaksi yang akan lebih mudah, cepat, praktis dan simpel dilakukan lewat BRImo yaitu transaksi finansial pembayaran angsuran.

BRI Mobile Banking memang menawarkan kemudahan dalam transaksi pembayaran angsuran kredit. Selain bisa digunakan untuk BAYAR ANGSURAN KUR BRI, BRImo juga bisa digunakan untuk bayar cicilan FIF secara online tanpa perlu ke loket pembayaran FIF ataupun ke kantor cabang BRI terdekat.

Bagi Anda yang memiliki piutang dengan FIF, maka BRImo bisa jadi pilihan paling tepat untuk membayar cicilan setiap bulannya. Namun, untuk dapat menggunakan BRImo untuk bayar angsuran kredit, maka Anda diharuskan mendaftar dengan melakukan REGISTRASI NO HP DI ATM BRI dan aktivasi BRImo di bank BRI.

Cara Bayar FIF Lewat BRImo

Cara Bayar FIF Lewat BRImo

Cara bayar FIF lewat BRImo merupakan metode pembayaran paling praktis. Cara ini bisa jadi alternatif terbaik, terutama untuk Anda yang malas atau tidak punya banyak waktu untuk bayar lewat ATM BRI ataupun ke loket pembayaran kantor cabang FIF.

Cara melunasi piutang kredit FIF secara online lewat aplikasi BRImo sangat gampang, pasalnya hanya dengan beberapa langkah, Anda bisa menyelesaikan pembayaran dengan cepat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit angsuran FIF sudah bisa dibayar.

Nah, bagi Anda nasabah BRI terutama yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi aplikasi BRImo. Berikut cara bayar cicilan FIF lewat BRImo yang bisa Anda ikuti untuk melunasi piutang kredit.

1. Login ke BRImo

1. Login ke BRImo

Langkah pertama, buka aplikasi BRImo di smartphone Anda. Kemudian, lakukan login dengan memasukkan username dan password atau bisa juga login dengan fingerprint agar lebih mudah, tanpa mengetikkan username dan password.

2. Pilih Bayar / Beli

2. Pilih Bayar Beli

Setelah berhasil masuk ke tampilan beranda aplikasi BRImo, untuk melakukan pembayaran FIF maka pilihlah menu “Bayar / Beli” di bagian bawah atau bisa klik “Lainnya” dan pilih menu “Bayar / Beli“.

3. Pilih Menu Pembayaran

3. Pilih Menu Pembayaran

Kemudian, Anda akan langsung arahkan ke menu Bayar / Beli. Pada halaman Bayar / Beli, silahkan pilih menu “Pembayaran” untuk menampilkan jenis transaksi pembayaran.

4. Pilih Cicilan Finance

4. Pilih Cicilan Finance

Setelah muncul berbagai pilihan menu pembayaran, maka pilihlah menu “Cicilan Finance” untuk membayar FIF lewat BRImo .

5. Pilih Sumber Dana

Langkah berikutnya, pada halaman bayar cicilan, silahkan pilih sumber dana sekaligus menekan nomor pelanggan.

6. Masukkan Nomor Kontrak FIF

6. Masukkan Nomor Kontrak FIF

Selanjutnya, pada kolom “Jenis Tagihan” silahkan pilih dengan “Cicilan FIF” dilanjutkan dengan memasukkan nomor kontrak nomor pelanggan FIF. Lali, klik “Kirim” di bagian bawah.

7. Masukkan Password BRImo

7. Masukkan Password BRImo

Setelah itu, layar review akan ditampilkan. Pastikan semua data yang tertera sudah sesuai. Apabila semuanya sudah sesuai, maka klik “Bayar” untuk menyelesaikan pembayaran.

8. Bayar FIF lewat BRImo Selesai

Muncul pemberitahuan, pembayaran telah berhasil serta bukti pembayaran. Berarti FIF telah selesai di bayar, silahkan simpan atau cetak simpan bukti pembayaran.

Sekiranya seperti itulah cara membayar angsuran FIF via BRImo. Sangat mudah dan praktis bukan cara bayarnya. Dengan cara di atas, maka kini membayar angsuran bukan hal yang menyulitkan lagi.

Biaya Admin Bayar FIF Lewat BRImo

Biaya Admin Bayar FIF Lewat BRImo

Perlu Anda ketahui bahwa pembayaran menggunakan cara di atas akan dikenai biaya admin transaksi. Bayar cicilan FIF lewat BRImo akan dikenai biaya sebesar Rp. 3.000 yang akan dibayarkan langsung pada saat Anda membayar cicilan.

Jadi nantinya, tagihan Anda akan diakumulasikan dengan biaya admin. Misalkan cicilan FIF per bulan Anda sebesar Rp. 1.150.000, maka ketika membayar angsuran lewat BRImo total tagihan Anda akan ditambah dengan biaya admin yakni sebesar Rp. 1.153.000.

Denda Keterlambatan FIF

Denda Keterlambatan FIF

Selain biaya admin, perlu Anda ketahui juga bahwa angsuran FIF harus dibayar tepat waktu. Hal ini dikarenakan, bayar angsuran lewat tanggal jatuh tempo akan dikenai biaya berupa denda keterlambatan.

Perhitungan denda keterlambatan FIF dimulai dari hari pertama keterlambatan pembayaran. Besar denda FIF per hari yakni 0,5% dari nominal angsuran.

Menghitung Denda FIF

Sebagai Contoh : Apabila jatuh tempo bayar cicilan FIF Anda adalah tanggal 15 dan Anda baru membayar angsuran tanggal 20, maka sanksi yang ditanggung yakni selama 5 hari keterlambatan. Jika angsuran per bulan Anda sebesar Rp. 1.150.000, maka denda yang harus dibayar yaitu sebagai berikut.

Rumus : Jumlah Angsuran Per Bulan × Besar Denda Per Hari

Rp. 1.150.000 × 0,5% = Rp. 5.750 per hari.

Maka denda keterlambatan yang harus Anda bayar, jika terlambat selama 5 hari yaitu :

Rp. 5.750 × 5 = Rp. 28.750

Cara Bayar Denda FIF

Denda FIF tersebut bisa dibayarkan sekaligus, pada saat bayar angsuran FIF bulan terkait dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Apabila nominal denda di bawah Rp. 25.000 maka denda dapat dibayar saat bayar angsuran melalui transfer bank, kantor pos dan alfamart.
  • Namun, jika denda keterlambatan nilai-nya di atas Rp. 25.000, maka denda harus dibayar di kantor cabang FIF.

Jatuh Tempo Bayar FIF

Jatuh Tempo Bayar FIF

Agar tidak dikenai biaya tambahan berupa denda keterlambatan, maka angsuran FIF harus dibayar kurang dari sama dengan tanggal jatuh tempo. Lantas berapa tanggal jatuh tempo bayar FIF?

Batas akhir pembayaran cicilan FIF yaitu sesuai tanggal kendaraan diterima oleh debitur sesuai Perjanjian Kerjasama yang dilakukan oleh kedua pihak. Jadi, jika Anda menerima kendaraan pada tanggal 15, maka biasanya tanggal jatuh tempo pembayaran juga akan jatuh pada tanggal 15.

Penentuan tanggal jatuh tempo bayar angsuran FIF sebenarnya ditentukan berdasarkan pihak leasing itu sendiri. Jadi tidak ada kepastian tanggal berapa pembayaran Anda jatuh tempo. Karena itu bisa jatuh pada tanggal berapapun.

Itulah beberapa cara bayar FIF lewat BRImo lengkap dengan biaya admin, denda FIF dan tanggal jatuh tempo bayar FIF yang dapat Pakaiatm.com sajikan. Hadirnya e-banking BRI, memberikan keuntungan tersendiri, terutama untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Demikian, semoga informasinya membantu.