16 Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI 2020

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI – Listrik? dimana saat ini merupakan sebuah sumber energi yang sangat vital sekali untuk kehidupan manusia. Dengan listrik semuanya bisa menyala, bagaimana jika listrik tersebut habis.

Nah pada kesempatan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan mengenai cara bayar tagihan listrik hanya lewat mesin ATM BRI. Sehingga anda tidak perlu melakukannya dengan datang ke kantor pos atau tempat pembayaran listrik lainnya.

Memang dengan adanya mesin ATM, beberapa pembayaran dapat dilakukan dengan mudah. Dengan ATM anda juga bisa bayar tagihan Home Credit, bayar Indihome, bahkan sampai bayar sebuah denda tilang dimana anda telah melanggar peraturan sehingga di tilang.

Nah pembayaran listrik ini sangatlah penting, apalagi saat ini semua perabotan rumah tangga hampir semua digunakan dengan adanya listrik. Oleh karena itu jangan sampai lupa untuk melakukan pembayaran tagihan listrik jika sudah jatuh temponya, agar lampu dirumah anda tetap menyala.

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI Terbaru

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI Terbaru

Nah bagi anda yang penasaran mengenai cara membayarkan tagihan listrik lewat ATM. Berikut akan disampaikan dibawah ini, oleh karena itu simak terus sampai akhir agar anda paham mengenai caranya.

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

Lewat ATM BRI

Sudah banyaknya mesin BRI di pelosok daerah ini, menjadikan nasabah bank BRI sangat mudah untuk menemukannya. Berikut cara membayarkannya:

  1. Datangi mesin ATM BRI terdekat.
  2. Lanjut dengan masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
  3. Kemudian pilih bahasa, pilih bahasa Indonesia saja agar mudah untuk dipahami.
  4. Setelah itu masukkan 6 digit PIN.
  5. Pilih menu Pembayaran.
  6. Lanjut dengan pilih menu Listrik/PLN.
  7. Nantinya anda akan disuguhi 2 pilihan yang muncul di layar mesin ATM antara Prabayar dan Pascabayar. Anda pilih Pascabayar.
  8. Jika sudah masukkan 12 digit ID nomor pelanggan PLN yang akan dibayarkan.
  9. Kemudian akan muncul informasi pemberitahuan mengenai konfirmasi pembayaran tersebut yang berisi nama pelanggan serta jumlah pembayaran.
  10. Periksa kembali, apakah sudah benar nomor yang anda masukkan.
  11. Jika sudah semuanya, maka anda bisa langsung klik Bayar.
  12. Terakhir cetak resi atau struk sebagai tanda bukti anda telah berhasil melakukan transaksi.
  13. Jangan lupa untuk ambil kartu ATM setelah selesai melakukan transaksi.

Cara Bayar Listrik via Mobile BRI

Lewat Mobile Banking BRI

Seiring berjalannya waktu menjadikan dan berkembangnya dunia teknologi. Para nasabah bank BRI yang ingin membayarkan listrik bisa lewat mobile banking di HP, berikut caranya:

  1. Pertama anda sudah ada aplikasi Mobile Bangking BRI. Jika belum lakukan unduh dan instal terlebih dahulu.
  2. Setelah itu masuk ke aplikasi.
  3. Jika sudah masuk, lanjut dengan login dengan user ID dan password Internet Banking dimana sudah di aktivasi.
  4. Kemudian berlanjut dengan pilih Pembayaran.
  5. Banyak berbagai pilihan pembayaran, anda lanjut dengan pilih Listrik .
  6. Setelah itu akan muncul nomor rekening dimana nantinya digunakan sebagai transaksi.
  7. Setelah itu masukkan 12 digit ID pelanggan PLN, klik kirim.
  8. Jika sudah klik kirim, nantinya akan di bawa ke layar tampilan baru berupa konfirmasi tagihan listrik. Didalamnya berisi nama pelanggan, nominal tagihan, serta biaya admin sebesar Rp 2.500.
  9. Periksa kembali apakah semua yang anda masukkan sudah benar.
  10. Jika semuanya sudah benar, klik lanjut.
  11. Kemudian anda akan di minta untuk memasukkan password Internet Banking BRI, klik kirim.
  12. Setelah itu jika transaksi berhasil maka akan muncul pemberitahuan atau resi. Didalamnya berisi sebuah mengenai nomor referensi, nomor rekening, tujuan, nama pelanggan, nominal tagihan, serta biaya admin.
  13. Anda bisa mendownload resi digital ini, sebagai tanda anda telah berhasil melakukan pembayaran tagihan listrik.

Cara Bayar Listrik via Internet Banking BRI

Lewat Internet Banking BRI

Mungkin pembayaran listrik lewat Internet Banking bisa menjadi alternatif bagi anda yang sibuk bekerja atau tidak memiliki waktu untuk membayarkannya. Anda bisa membayarkan listrik hanya menggunakan perangkat pintar seperti komputer atau laptop.

Sebelum bisa menggunakan Internet banking, pastikan anda sudah registrasi di kantor cabang terdekat. Berikut cara membayarkan tagihan listrik lewat internet banking BRI:

  1. Langsung saja buka website Internet Banking BRI.
  2. Jika sudah login dengan user dan password, serta kode verifikasi pada layar.
  3. Lanjut dengan pilih bahasa, jika sudah klik Enter.
  4. Kemudian pilih menu Pembayaran dan Pembelian.
  5. Pilih menu Pembayaran Tagihan.
  6. Setelah itu pilih menu Listrik.
  7. Jika sudah pada layar akan muncul Bayar Tagihan Listrik.
  8. Di lanjut dengan pilih rekening yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran listrik. Itu jika anda memiliki rekening tabungan BRI lebih dari satu.
  9. Kemudian lanjut dengan pilih Tujuan Pembayaran dan isi ID pelanggan.
  10. Pilih PLN dibagian Tujuan Pembayaran.
  11. Setelah itu anda akan diminta memasukkan 12 nomor ID pelanggan.
  12. Kemudian centang pada untuk menyimpan ID pelanggan. Dimana nantinya ketika ingin melakukan transaksi lagi, informasi data sudah ada serta akan muncul secara otomatis.
  13. Di bagian Simpan dengan sebutan/Nama, terdapat kotak kosong. Jika ingin mengisinya, cukup isi dengan Rumah/Toko/Kantor saja, lalu klik Kirim.
  14. Setelah itu akan muncul konfirmasi, periksa semuanya. Jika sudah benar semua lanjut dan akan diminta untuk memasukkan password internet banking BRI anda.
  15. Kemudian masukkan kode mToken dari BRI, jika belum memiliki mToken. Silakan klik Link permintaan mToken, letaknya berada di bawah halaman konfirmasi. Tunggu beberapa saat sampai menerima SMS dari BRI dimana berisi kode mToken.
  16. Jika sudah di dapat masukkan kode mToken tersebut.
  17. Setelah cara-cara diatas dilakukan dengan benar, maka transaksi bayar listrik lewat Internet Banking BRI telah berhasil. Pada layar akan muncul halaman struk pembayaran tagihan listrik dimana bisa dicetak sendiri dengan klik Cetak.
  18. Terakhir hanya perlu keluar dari akun internet banking BRI.

Bayar Listrik via SMS Banking BRI

Lewat SMS Banking BRI

Sama seperti cara diatas,cara ini juga sangat berguna bagi anda semua yang sibuk atau tidak sempat untuk melakukan sebuah pembayaran listrik. Nah berikut caranya:

  1. Masuk ke menu Pesan/Message pada HP.
  2. Lanjut dengan Tulis SMS/Compose.
  3. Jika ingin mengecek jumlah tagihan listrik, kirimkan SMS dengan mengetik INFO (spasi) PLN (spasi) NOMOR ID PELANGGAN PLN (spasi) PIN. Lalu Kirimkan SMS tersebut ke 3300. Contoh, PLN 123456789101 123456.
  4. Ketika sudah tahu jumlah tagihan listriknya, bisa langsung bayarkan lewat SMS Banking BRI. Dengan mengetik  BAYAR (spasi) PLN (spasi) NOMOR ID PELANGGAN PLN (spasi) PIN. Lalu kirimkan ke 3300. Contoh, BAYAR PLN 123456789101 123456
  5. Terakhir jika transaksi telah berhasil maka akan terdapat SMS balasan dari BRI, berisi konfirmasi balasan.

Nah itu cara mudah untuk membayarkan tagihan listrik hanya lewat ATM, Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Bangking. Selain untuk bayar listrik, keempat fasilitas BRI yang pakaiatm.com sajikan diatas juga bisa anda gunakan untuk BAYAR HOME CREDIT, PDAM dan lain sebagainya.