11 Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI Terbaru

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI – Teknologi dan layanan di era yang modern saat ini sangat membantu pekerjaan manusia. Berbagai update dan pembaruan teknologi dan informasi hampir bisa kita jumpai setiap harinya. Rasanya sulit bagi kita masyarakat menolak kemajuan zaman dan teknologi yang telah berkembang saat ini. Tidak terkecuali dengan perusahaan perbankan telah menggunakan teknologi IT  yang dapat mempermudah nasabahnya dalam melakukan transaksi dam berbagai tagihan, termasuk untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.

Salah satu bentuk teknologi yang bermanfaat bagi kita adalah ATM (Anjungan Tunai mandiri atau Automated Teller Machine) dengan atm kita sangat dimudahkan sehingga tidak perlu pergi ke teller bank untuk mengecek tabungan dan transfer uang, banyak layanan yang dapat kita gunakan yaitu transfer uang antar ATM, pembayaran listrik dan tagihan serta masih banyak lainnya.

BPJS Kesehatan merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat berobat secara gratis. Gratis ini bukan berarti tidak membayar pasalnya kamu harus tetap membayar tiap bulannya sesuai dengan kelas yang kamu pilih. Masyarakat yang telah terdaftar menjadi peserta BPJS (Badan penyelenggara Jaminan sosial) memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulannya. Perlu diingat bahwa pembayaran BPJS harus dilakukan secara teratur dan tepat waktu. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pembayaran iuran paling lambat tanggal 10 maka dinyatakan telat 1 bulan . Jika telat melakukan iuran BPJS maka akan dikenakan sanksi dan kartu BPJS dinonaktifkan sehingga kartu tidak dapat digunakan.

Salah satu Bank yang menawarkan layanan Pembayaran BPJS melalui ATM adalah Bank BRI selain itu Bank BRI juga  menyediakan bermacam fasilitas seperti E-Banking BRI (SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi dll).

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI Terbaru

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Terkait dengan pembayaran iuran BPJS dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor BPJS atau melalui Bank, ATM, Kantor Pos  ataupun minimarket  seperti Alfamart dan Indomaret. dan Bank BRI menyediakan layanan pembayaran melalui ATM tentu sangat memudahkan kita semua dengan menggunakan ATM kita tidak perlu repot mengantri panjang. Nah ada beberapa langkah yang harus kita ikuti jika ingin membayar iuran BPJS melalui ATM. Lalu seperti apa dan bagaimana langkah pembayaran melalui ATM ? Berikut penjelasannya

Karena anda melakukan pembayaran iuran BPJS melalui ATM maka pastikan  saldo yang ada pada kartu ATM anda sesuai dengan jumlah yang akan anda bayar atau minimal sesuai dengan nominal yang akan di bayarkan.Jangan sampai setelah anda sampai di ATM sia-sia karena saldo tidak mencukupi untuk membayar iuran BPJS.

Tahapan Bayar BPJS melalui ATM BRI

Tahapan Bayar BPJS melalui ATM BRI

  1. Langkah pertama masukan kartu ATM ke mesin ATM
  2. Kemudian Pilih Bahasa dan ketik nomor PIN
  3. Selanjutnya pilih “Transaksi Tunai”,atau”Paket Tunai
  4. Lalu pilih “Transaksi Lainnya”
  5. Setelah muncul pilihan, pilih “Lainnya” sampai pada menu BPJS jika belum ada maka pilih lagi “Lainnya”
  6. Pilih BPJS
  7. Pilih BPJS Kesehatan
  8. Kemudian masukan nomor virtual acccount anda
  9. Akan muncul nama dan cek kesesuaian data anda
  10. Masukan jumlah nominal yang akan di bayar sesuai kelas anda

Untuk melakukan pembayaran iuran BPJS dengan memakai ATM BRI ada tambahan kode yaitu 88888 kemudian ditambah dengan 11 digit angka nomor virtual akun dari belakang kartu BPJS anda. Pastikan nominal atau angka iuran anda sama dengan kelas yang sudah anda pilih pada awal pembuatan kartu BPJS misal pada saat mendaftar anda memilih  kelas  I Rp.59.000 maka nominal yang dibayarkan adalah Rp. 59.000 jika anda saat mendaftar memilih kelas II Rp.45.000 maka nominal yang harus anda bayarkan adalah Rp.45.000

Baca  18 Cara Membayar BPJS Lewat BRImo 2022 : Syarat & Admin

Setelah prosedur pembayaran menggunakan ATM telah dilakukan dan berhasil anda baru bisa membayar iuran peserta yang tertagih,sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Perlu anda perhatikan adalah Bank yang akan dituju saat proses pembayaran iuran BPJS lewat ATM karena tidak semua Bank bekerja sama dengan Kantor BPJS.

Hanya Bank Bank tertentu saja seperti Bank BRI, Mandiri, dan BNI yang telah bekerja sama dengan kantor BPJS. Jika anda tidak mempunyai rekening tabungan atau ATM anda bisa juga langsung mendatangi Kantor BPJS untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya. Itulah kiranya informasi yang dapat kita sampaikan jangan lupa simak pula artikel menarik lainnya seputar cara setor tunai atm CIMB Niaga yang sudah kita sampaikan sebelumnya.