9 Cara Bayar PDAM Lewat ATM BRI : Biaya, Denda & Jatuh Tempo

Cara Bayar PDAM Lewat ATM BRI – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Indonesia, pemerintah RI melalui PDAM menyalurkan akses air bersih kepada setiap warga negara Indonesia. Namun, setiap masyarakat akan dibebankan biaya tagihan atas sewa air PDAM yang harus dibayarkan atau dilunasi setiap bulan.

Nah, dalam hal ini pihak PDAM memberikan kemudahan kepada para masyarakat Indonesia yang ingin membayar tagihan PDAM dengan menyediakan berbagai metode pembayaran. Dimana PDAM menjalin kerjasama dengan sejumlah BANK TERBAIK DI INDONESIA, sebagai tempat pembayaran piutang PDAM per bulan.

Sebagai salah satu bank yang menjalin kerjasama dengan PDAM, bank BRI menyediakan fasilitas ATM untuk memudahkan masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan. Selain bisa untuk BAYAR TAGIHAN LISTRIK, ATM BRI juga bisa digunakan untuk bayar piutang PDAM bulanan para nasabahnya.

Lewat ATM BRI, maka bayar PDAM bisa dilakukan lebih mudah dan cepat, karena Anda tidak perlu mengantre di kantor cabang maupun di loket pembayaran. Lantas bagaimana cara bayar PDAM lewat ATM BRI? Adapun caranya, Anda bisa menyimak ulasan lebih lengkap lagi pada artikel dari pakaiatm di bawah ini hingga akhir.

Cara Bayar PDAM Lewat ATM BRI

Cara Bayar PDAM Lewat ATM BRI

Cara bayar PDAM lewat ATM BRI menjadi salah satu opsi tepat dari sekian banyak cara yang disediakan, jikalau memang ingin membayar tagihan yang mudah dan cepat. Namun, sebelum membayar PDAM ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya seperti biaya admin, denda keterlambatan dan tanggal jatuh tempo.

Baca  7 Cara Isi Pulsa Lewat ATM BRI 2022 : Indosat, XL, Telkomsel

Sejatinya, bayar PDAM lewat ATM memerlukan proses yang sederhana dalam pelaksanaannya. Dengan demikian, maka hal itu tak memerlukan banyak waktu untuk melunasi piutang PDAM. Sehingga Anda bisa bayar PDAM tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo berakhir. Untuk melakukan pembayaran, simak cara berikut.

1. Masukkan Kartu ATM BRI

Langkah pertama, untuk bayar PDAM via ATM BRI yakni silahkan masukkan kartu ATM BRI Anda dengan posisi benar. Pastikan jika kartu ATM yang digunakan sudah berbasis Chip.

2. Pilih Bahasa Indonesia

Setelah itu, maka akan langsung muncul opsi bahasa “English” dan “Indonesia” agar mudah dipahami dalam memilih menu, maka disarankan untuk memilih bahasa “Indonesia“.

3. Masukkan PIN ATM BRI

Kemudian, silahkan input 6 digit PIN ATM BRI Anda dengan benar. Pasalnya jika sampai salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali, kartu ATM BRI Anda akan terblokir oleh sistem.

4. Pilih Menu Lainnya

Setelah berhasil masuk ke menu utama mesin ATM, maka Anda akan ditampilkan berbagai pilihan nominal tarik tunai dan menu transaksi. Langsung saja pilihlah “Menu Lainnya“.

5. Pilih Pembayaran / Pembelian

Selanjutnya, akan ditampilkan berbagai menu transaksi di layar mesin ATM BRI. Dikarenakan akan membayar tagihan PDAM, maka pilihlah transaksi “Pembayaran / Pembelian“.

6. Pilih Air Minum / PDAM

Lalu, Anda akan ditampilkan dengan beragam transaksi pembayaran pada layar mesin ATM BRI. Pada bagian ini, maka silahkan pilih menu pembayaran “Air Minum / PDAM“.

7. Masukkan Kode PDAM

Untuk langkah berikutnya, silahkan masukkan kode PDAM sesuai dengan wilayah atau PDAM yang Anda gunakan diikuti dengan memasukkan nomor ID Pelanggan PDAM. (contoh : 10060123456789) Jika sudah dan nomor sesuai, langsung saja tekan “Benar“.

Baca  20 Cara Bayar PDAM Lewat ATM BCA & Klik BCA 2022

8. Konfirmasi Pembayaran

Setelah itu, akan tertampil data tagihan pembayaran Anda. Periksa semua data dan pastikan bahwa semua data sudah sesuai. Apabila semua data tagihan sudah sesuai, maka silahkan konfirmasi pembayaran dengan menakan “YA“.

9. Pembayaran Selesai

Tagihan PDAM berhasil dibayar, sekaligus mesin ATM BRI akan mengeluarkan struk. Simpan baik-baik struk tersebut sebagai bukti pembayaran Anda. Jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dari mesin ATM BRI dengan cara klik “Tidak“.

Biaya Bayar PDAM Lewat ATM BRI

Biaya Bayar PDAM Lewat ATM BRI

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwasanya bayar air PAM lewat ATM BRI akan dikenai biaya administrasi bank. Biaya tersebut akan dibebankan kedalam jumlah tagihan, dimana nantinya pada saat membayar PDAM maka akan langsung dikenai biaya admin. Lantas berapa biaya admin bayar PDAM? Besaran biaya pembayaran PAM melalui ATM BRI yakni sebesar Rp. 2.000 hingga Rp. 3.000 per transaksi.

Denda Keterlambatan Bayar PDAM

Denda Keterlambatan Bayar PDAM

Perlu diketahui bahwasanya bayar PDAM harus dilakukan tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo. Mengapa demikian? Pasalnya apabila Anda membayar PDAM melewati batas waktu yang telah ditentukan maka akan dikenai denda keterlambatan. Lalu, berapa kisaran denda keterlambatan membayar tagihan PDAM?

Adapun untuk rincian terkait denda keterlambatan bayar PDAM yakni sebagai berikut.

Rekening BerjalanDenda
Mulai tanggal 21 – 31 untuk tunggakan bulan pertamaRekening ≤ Rp. 50.000Rp. 7.000
Rekening > Rp. 50.00015% dari rekening
Mulai tanggal 1 bilan berikutnya dan seterusnyaRekening ≤ Rp. 50.000Rp. 10.000
Rekening > Rp. 50.00020% dari rekening

Bayar PDAM setelah lewat batas waktu masih dapat dilayani namun akan dikenakan denda 15% dari nilai rekening dan jika pemakaiannya adalah minimal maka denda yang dikenakan yaitu 50% dari kebutuhan dasar minimal pemakaian air dikali tarif dasar harga air bagi setiap pelanggan.

Baca  30 Cara Mengambil Uang di ATM BRI 2022

Jika sampai batas akhir tanggal piutang masih belum dilunasi, maka akan dilakukan pemutusan sambungan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk bayar PDAM tepat waktu. Oleh sebab itu, maka bayar di ATM BRI bisa jadi solusi untuk menghindari keterlambatan pembayaran.

Jatuh Tempo Bayar PDAM

Jatuh Tempo Bayar PDAM

Agar tidak dikenai biaya sanksi berupa denda, maka piutang PDAM harus di bayar sebelum maupun tepat pada tanggal jatuh tempo. Lantas, kapan tanggal jatuh tempo bayar PDAM? Batas akhir bayar tagihan PDAM yaitu tanggal 20 pada setiap bulannya.

Apabila membayar lewat tanggal 20 maka akan dihitung keterlambatan serta dikenai denda. Maka dari itu, silahkan bayar tagihan PDAM Anda sebelum tanggal 20 karena itu lebih baik. Waktu paling tepat untuk membayar tagihan PDAM yakni 7 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Demikian informasi terkait cara bayar PDAM lewat ATM BRI lengkap dengan informasi biaya admin, denda keterlambatan dan tanggal jatuh tempo yang dapat Pakaiatm.com sajikan. Dengan hadirnya ATM BRI, maka bayar tagihan bukanlah hal sulit lagi sekaligus akan membantu nasabah menghindari keterlambatan pembayaran. Karena itu akan menyebabkan tagihan Anda membengkak karena terkena denda. Sekian dan semoga membantu.