13 Cara Bayar SPMB Unsoed via Bank BTN 2021 : Teller & M-Banking

Cara Bayar SPMB Unsoed via Bank BTN – Sejumlah bank di Indonesia, telah mendukung transaksi pembayaran pendidikan, mulai dari UKT, SPP, SBMPTN hingga SPMB. Salah satu bank yang juga mendukung pembayaran pendidikan yaitu Bank Tabungan Negara (BTN).

Bank BTN telah menjalin kerjasama dengan sejumlah institusi pendidikan, guna menyediakan kemudahan nasabah membayar biaya pendidikan. Nasabah bank BTN yang ingin bayar biaya pendidikan, dapat melakukannya melalui fasilitas dan layanan yang disediakan bank BTN.

Tidak hanya untuk BAYAR UKT UIN JAKARTA saja, namun BTN juga bisa untuk bayar SPMB Universitas Jenderal Soedirman. Nasabah bisa bayar SPMB Unsoed melalui layanan teller di kantor cabang maupun lewat layanan online via mobile banking.

Dengan banyaknya cara yang tersedia, maka pembayaran SPMB Unsoed akan semakin mudah dan simpel. Namun, apakah Anda sudah tahu cara bayar SPMB Unsoed via Bank BTN? Jika belum, maka silahkan simak penjelasan selengkapnya pada ulasan mendalam dibawah ini.

Cara Bayar SPMB Unsoed via Bank BTN

Cara Bayar SPMB Unsoed via Bank BTN

Bank BTN sendiri menyediakan berbagai fasilitas dan layanan yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis pembayaran. Hadirnya fasilitas tersebut memang bertujuan untuk memudahkan nasabah melakukan berbagai transaksi perbankan, baik itu transaksi finansial maupun non finansial.

Hal itu, juga bisa digunakan oleh nasabah untuk bayar SPMB Unsoed. Dimana, bagi calon mahasiswa Unsoed yang masuk melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru wajib membayar biaya pendaftaran.

Biaya SPMB Unsoed menggunakan nilai UTBK ataupun Non-UTBK yaitu sebesar Rp. 300.000,- untuk kelompok tes Saintek atau Soshum dan Rp. 350.000,- untuk kelompok tes Campuran. Biaya tersebut bisa dibayarkan melalui bank pilihan Unsoed, salah satunya bank BTN.

Baca  3 Cara Cetak Bukti Transfer BTN 2021 : Fungsi & Penyebab

Untuk cara bayar SPMB Unsoed via Bank BTN dapat dilakukan melalui Teller langsung di kantor cabang maupun melalui mobile banking BTN. Adapun cara bayarnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Pembayaran SPMB Unsoed via Teller

Pembayaran SPMB Unsoed via Teller

Bagi Anda yang ingin bayar biaya SPMB secara tunai maupun pemindahbukuan (transfer), maka hal itu bisa dilakukan melalui Teller langsung ke kantor cabang BTN terdekat. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, karena Anda perlu mengantre di bank.

Selain itu, cara bayar SPMB langsung di kantor cabang juga hanya bisa dilakukan pada jam kerja sesuai JAM OPERASIONAL BTN. Berikut langkah-langkah pembayaran SPMB secara offline.

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi kantor cabang BTN terdekat sesuai jam operasional bank dengan membawa kartu identitas, buku tabungan, kode bayar yang didapat saat pendaftaran SPMB dan uang tunai biaya pendaftaran.
  2. Sesampainya di bank, silahkan ambil nomor antrean dan tunggu hingga giliran antrean Anda dipanggil.
  3. Setelah dipanggil, temuilah Teller BTN dan sampaikan keinginan Anda untuk bayar SPMB Unsoed.
  4. Selanjutnya, informasikan nomor induk Mahasiswa dan kode bayar kepada Teller bank BTN.
  5. Setelah verifikasi data selesai, Teller akan menginformasikan nominal yang harus di bayar.
  6. Serahkan uang tunai pada Teller sesuai nominal tagihan yang harus di bayar.
  7. Jika sudah, maka nantinya Teller akan memberikan resi bukti pembayaran SPMB Unsoed kepada Anda.

Pembayaran SPMB Unsoed via Mobile Banking

Untuk cara kedua, bayar SPMB Unsoed juga bisa dilakukan secara online lewat mobile banking. Cara bayar ini memungkinkan nasabah melakukan pembayaran tanpa perlu mengantre di bank.

Anda bisa melakukan pembayaran dimana saja secara real time. Adapun cara bayar SPMB Unsoed lewat mobile banking BTN yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi mobile banking BTN di smartphone Anda.
  2. Kemudian, login ke mobile banking dengan memasukkan username dan password.
    2. login ke mobile banking
  3. Selanjutnya, pada menu utama m-banking BTN, pilihlah menu “Pembayaran“.
    3. pilihlah menu Pembayaran
  4. Langkah berikutnya, pilihlah menu “Pendidikan“.
    4. pilihlah menu Pendidikan
  5. Lalu, pilih Univ. Jend. Soedirman di kolom Institusi, pilih tipe pembayaran dan masukkan Nomor Induk Mahasiswa. Jika sudah klik “Kirim“.
    5. pilih Univ. Jend. Soedirman di kolom Institusi pilih tipe pembayaran dan masukkan Nomor Induk Mahasiswa
  6. Berikutnya, masukanlah PIN Mobile Banking BTN Anda.
    6. masukanlah PIN Mobile Banking BTN
  7. Selesai, SPMB Unsoed telah berhasil dibayarkan lewat mobile banking BTN.
    7. SPMB Unsoed telah berhasil dibayarkan
Baca  √ Kode Bank BTN Syariah & 11 Cara Untuk Transfer Antar Bank 2021

Itulah cara bayar SPMB Unsoed via Bank BTN yang dapat Pakaiatm.com sajikan. Dengan adanya cara bayar seperti di atas, maka Anda tak perlu repot-repot datang ke loket pembayaran di Unsoed. Cukup kunjungi kantor cabang terdekat ataupun melalui mobile banking, biaya SPMB bisa langsung dilunasi.