11 Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI 2022 : Syarat & Admin

Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI – Bagi setiap mahasiswa perguruan tinggi, tentu sudah tidak asing lagi dengan apa itu Uang Kuliah Tunggal (UKT). Di mana UKT ini wajib dibayarkan oleh mahasiswa saat memasuki semester baru.

Dalam proses pembayaran UKT ini, universitas di Indonesia sudah bekerja sama dengan bank-bank di tanah air dan salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bagi mahasiswa yang merupakan nasabah BRI bisa memanfaatkan.

Dengan hadirnya layanan yang diberikan bank BRI seperti ATM, BRImo, Internet Banking dan lainnya kepada nasabah, menjadikan banyak pilihan ketika mahasiswa yang merupakan nasabah ingin lakukan bayar uang pendidikan atau UKT ini.

Dan pada pembahasan kali ini, kami akan sajikan informasi mengenai cara bayar UKT UNJA (Universitas Jambi) lewat ATM BRI. Bagi yang belum tahu mengenai langkah bayar UKT UNJA lewat ATM BRI, bisa simak pembahasan di bawah ini.

Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Keuntungan Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Mungkin untuk transaksi bayar Uang Kuliah Tunggal UNJA lewat ATM BRI kerap dilakukan bagi mahasiswa yang belum mengaktifkan layanan m Banking BRI atau BRImo. Sehingga masih memanfaatkan layanan offline satu ini.

Baca  14 Cara Mengambil Uang di ATM BRI Link & Biaya 2022

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar UKT UNJA lewat ATM, maka Anda perlu diketahui terlebih dahulu apa saja keuntungan yang didapat saat melakukan pembayaran uang kuliah lewat layanan mesin ATM.

  • Gerai mesin ATM sudah tersebar luas dan mudah ditemui.
  • Proses mudah, tinggal pilih menu dan memasukkan kode bayar.
  • Proses aman terjamin aman.
  • dan keuntungan lainnya.

Syarat Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Jika sudah tahu apa saja keuntungan yang didapat saat melakukan membayar UKT UNJA lewat ATM BRI, maka berikutnya Anda tinggal mengetahui apa saja syarat ketentuan untuk bisa mulai proses pembayaran. Adapun ini syaratnya:

  • Kartu ATM / kartu debet BRI.
  • Saldo rekening BRI cukup untuk bayar UKT.
  • Mengetahui PIN ATM BRI.
  • Kode institusi / Universitas Jambi yaitu 28262.
  • Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
  • Kode bayar atau kode BRIVA.

Di mana untuk kode BRIVA adalah perpaduan dari kode universitas + Nomor Induk Mahasiswa. Jadi penting sekali Anda mengetahui dua hal tersebut yaitu kode universitas dan Nomor Induk Mahasiswa.

Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Setelah berhasil mengetahui syarat ketentuan di atas, maka berikutnya Anda tinggal mengetahui proses membayar UKT UNJA di ATM BRI. Lebih jelasnya bisa simak di bawah ini sampai akhir.

1. Masukkan Kartu ATM

Langkah awal silakan kunjungi ATM BRI terdekat dengan lokasi Anda. Sesampainya disana silakan masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM.

1. Masukkan Kartu ATM

2. Pilih Bahasa

Kemudian dilanjut dengan memilih bahasa, pilih bahasa Indonesia saja agar mudah untuk dipahami.

2. Pilih Bahasa

3. Input PIN ATM BRI

Jika sudah, Anda akan diminta untuk memasukkan 6 digit PIN ATM BRI. Pastikan jangan sampai salah 3 kali berturut agar tidak terblokir.

Baca  25 Cara Daftar SMS Banking BRI Lewat ATM & EDC 2022

3. Input PIN ATM BRI

4. Pilih Menu Lainnya

Setelah itu Anda akan arahkan ke layar menu baru, untuk melakukan pembayaran UKT UNJA silakan pilih “Menu Lainnya”.

4. Pilih Menu Lainnya

5. Pilih Pembayaran/Pembelian

Lalu ada beberapa pilihan menu lagi, disini Anda silakan pilih “Pembayaran/Pembelian”.

5. Pilih Pembayaran Pembelian

6. Pilih Pembayaran/Pembelian Lain

Kemudian silakan cari menu BRIVA, jika tidak ada silakan pilih sekali lagi menu “Pembayaran/Pembelian”.

6. Pilih Pembayaran Pembelian Lain

7. Pilih BRIVA

Layar akan memunculkan beberapa pilihan menu baru, disini silakan pilih dan klik meni “BRIVA”.

7. Pilih BRIVA

8. Masukkan Kode BRIVA

Dengan begitu maka Anda akan diminta input nomor BRIVA yaitu kode universitas + NIM. Jika sudah klik “Benar”.

8. Masukkan Kode BRIVA

9. Konfirmasi Transaksi

Selanjutnya layar akan memunculkan informasi mengenai keterangan transaksi Anda. Silakan cek apakah sudah sesuai, jika sudah klik “Tekan Jika Benar”.

9. Konfirmasi Transaksi

10. Pilih Dari Rekening Tabungan

Baru setelah itu Anda akan diminta memilih jenis rekening sebagai sumber dana pembayaran UKT, pilih saja yang “Dari Rekening Tabungan”.

10. Pilih Dari Rekening Tabungan

11. Bayar UKT UNJA Via ATM BRI Berhasil

Jika sudah demikian, maka mesin ATM BRI akan memproses pembayaran UKT Anda. Silakan tunggu mesin selesai memproses dan akan mengeluarkan struk pembayaran.

11. Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI Berhasil

Silakan ambil dan simpan struk, lalu selesaikan transaksi dengan mengeluarkan kartu ATM BRI dari mesin. Dengan begitu proses bayar UKT UNJA lewat ATM BRI sudah berhasil.

Biaya Admin Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Dalam proses pembayaran UKT UNJA lewat ATM BRI di atas, nantinya Anda akan dikenai biaya admin sebesar Rp 2.500. Jadi usahakan saldo rekening BRI Anda cukup untuk membayar besaran nominal UKT dan biaya admin.

Kesimpulan

Untuk yang sudah aktivasi BRImo, maka bisa manfaatkannya. Anda bisa melakukan cara bayar UKT UNJA lewat BRImo dan untuk yang belum tahu langkahnya, kamu sudah pernah bahas di pembahasan sebelumnya.

Baca  25 Cara Menjadi Agen BRILink , Syarat & Modal 2022

Mungkin demikian kiranya cara bayar Uang Kuliah Tunggal Universitas Jambi lewat ATM BRI yang dapat pakaiatm.com sampaikan. Semoga dengan adanya cara bayar UKT UNJA di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : Youtube Royal Bank, jabar.tribunnews.com