10 Cara Ganti PIN ATM BCA Terbaru 2019

Cara Ganti PIN ATM BCA – Bagi nasabah bank BCA mungkin fasilitas yang diberikan oleh pihak bank sendiri salah satunya adalah kartu ATM. Dengan kartu ATM anda dapat melakukan berbagai macam jenis transaksi misal setor tunai, transfer uang, cek saldo, bayar tagihan, membayar belanjaan di swalayan dan masih banyak transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan kartu ATM.

Semuanya dapat dilakukan dengan aman karena pada kartu ATM ini terdapat yang namanya Personal Identification Number (PIN) merupakan angka sandi yang menjadi kode rahasia pengguna atau nasabahnya. Selain menjaga kerahasiaannya PIN kartu ATM juga dapat di ganti bahkan dari pihak bank sendiri menyarankan untuk mengganti PIN sekitar 3 bulan sekali. Mengapa Begitu???

Hal ini bertujuan agar kerahasian dari PIN ATM anda lebih terjaga dan lebih aman, bukan mengapa! Karena pada saat ini banyak kejahatan perbankan yang modusnya adalah pembobolan rekening lewat mesin ATM. Dan mengganti PIN secara rutin dapat meminimalisir kejahatan yang sedang marak terjadi. Modus dari si pelaku biasanya mengintai korban ataupun memasukan benda kecil pada mulut mesin ATM, dan bagi anda yang akan bertransaksi sebaiknya sebelum memasukan kartu ATM ke mesin sebaiknya periksa terlebih dahulu barangkali ada barang kecil yang dapat menghambat jalannya transaksi tersebut.

Dan masih banyak kejahatan kejahatan yang dapat terjadi karena kejahatan dilakukan bukan karena ada niat tapi jika ada kesempatan juga dapat di lakukannya. Maka bagi anda selalu berhati hati lah saat melakukan transaksi di ATM dan selalu pastikan bahwa anda datang ke Mesin ATM tidak ada yang mengikuti. Jika ada janganlah anda melakukan transaksi terlebih dahulu karena dapat menimbulkan kejahatan yang tidak di inginkan.

Cara Ganti PIN ATM BCA Terbaru

Cara Ganti PIN ATM BCA Terbaru

Nah, seperti yang disarankan oleh pihak bank sendiri gantilah minimal 3 bulan sekali PIN anda untuk mencegah kejadian yang tak terduga, dan bagi anda yang masih bingung langkah ganti PIN BCA dapat ikuti langkah langkah seperti berikut supaya anda lebih jelas saat menggantinya di mesin ATM.

Cara Ganti PIN ATM BCA

Dengan mengganti PIN anda juga memberikan satu langkah supaya tidak terjadinya kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan memberikan kenyamanan saat anda bertransaksi atau memasukan nomor di mesin ATM.

  1. Pertama silakan datang ke mesin ATM terdekat yang ada di kota  anda, dan pastikan tidak ada yang mengikuti supaya saat mengganti nomor PIN yang baru tidak ada yang mengetahuinya.
  2. Masukan kartu ATM atau paspor BCA anda ke mesin ATM, jangan sampai terbalik.
  3. Selanjutnya masukan PIN kartu atm anda yang masih aktif untuk masuk ke menu mesin ATM, jangan sampai salah.
  4. Kemudian pada layar tampilan pilihlah menu dan klik “Transaksi Lainnya” biasanya berada di pojok kanan.
  5. Kemudian layar tampilan akan mengeluarkan tampilan sub menu dan silakan anda pilih dan klik “Ganti PIN”.
  6. Setelah itu masuk pada tampilan dan masukan PIN anda yang lama.
  7. Setelah itu masukan PIN baru berupa 6 digit nomor yang masih terahsia dan hanya anda yang mengetahuinya.
  8. Dan lakukan konfirmasi dengan memasukan kode PIN terbaru anda sekali lagi.
  9. Jika sudah benar maka pada layar tampilan akan muncul pemberitahuan. “selamat penggantian PIN berhasil”.
  10. Terakhir klik tidak jika anda tidak ingin melnjutkan transaksi lainnya, jika anda ingin melanjutkan maka tinggal anda ikuti petunjuk yang ada.

Dan ada beberapa tips bagi anda saat melakukan pergantian PIN atm, salah satunya jangan menggunakan nomor atau angka yang mudah untuk di tebak oleh seseorang misal seperti tanggal lahir maupun nomor yang anda sukai. Gunakanlah atau kombinasi nomor atau angka yang sulit ditebak hal ini bertujuan untuk tidak di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab jika kartu anda jatuh di jalan dan ditemukan oleh orang. Itulah beberapa langkah atau metode cara mengganti PIN ATM BCA anda, semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi gambaran bagi anda yang ingin mengganti PIN ATM.