35 Cara Ganti PIN ATM BNI 2021 : Mesin ATM & m-Banking

Cara Ganti PIN ATM BNI – PIN ATM atau beberapa angka yang digunakan untuk dapat mengakses kartu ATM/debit tentunya sangat penting sekali. Jangan sampai PIN tersebut diketahui oleh orang lain.

Hal tersebut meminimalisir tindak kejahatan yang dapat dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi saat merasakan sudah ada orang lain yang  mengetahui PIN ATM Anda, maka segeralah lakukan pergantian PIN ATM tersebut.

Nah bagi Anda para nasabah bank BNI, mungkin ulasan adanya ini akan sedikit tepat untuk Anda simak. Karena pada pembahasan kali ini sendiri pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai cara bagaimana ganti PIN ATM/debit BNI.

Mungkin dalam pergantian PIN ATM dapat dilakukan secara rutin atau berskala agar menghindari orang tahu akan PIN ATM-nya. Untuk cara ganti PIN ATM ini sendiri terkadang banyak nasabah BNI yang merasa kebingungan dengan langkahnya.

Cara Ganti PIN ATM BNI

Cara Ganti PIN ATM BNI

Mungkin rasa bingung atau tidak tahu itu sendiri dirasakan oleh para nasabah BNI baru. Tidak perlu khawatir akan kebingungan tersebut, simak ulasan ini sampai akhir agar menemukan solusi cara ganti PIN ATM-nya.

Tutorial Ganti PIN ATM BNI lewat Mesin ATM

Cara pertama ganti PIN sendiri dapat dilakukan secara offline atau datang langsung ke mesin ATM terdekat. Cara ini terbilang cukup mudah namun banyak nasabah BNI yang masih bingung, tidak perlu khawatir berikut langkah-langkah mudahnya:

1. Datang ke Gerai ATM BNI

Datang ke Gerai ATM BNI

Pertama datangi gerai ATM BNI terdekat yang ada di lokasi Anda berada. Mungkin akan dengan mudah untuk menemukannya, karena mesin ATM BNI sudah tersebar luas di beberapa daerah.

2. Masukkan Kartu ATM BNI

Masukkan Kartu ATM BNI

Setelah sampai digerai ATM BNI, langsung saja masukkan kartu ATM BNI Anda ke mesin ATM BNI. Jangan sampai lupa bagian chip berada di bagian depan.

3. Pilih Bahasa

Pilih Bahasa

Selanjutnya mesin akan mengeluarkan pilihan menu pemilihan bahasa. Di situ ada beberapa pilihan bahasa yaitu INDONESIA dan ENGLISH. Pilih saja bahasa yang mudah di pahami.

4. Masukkan PIN ATM

Masukkan PIN ATM

Kemudian masukkan 6 digit PIN ATM BNI Anda. Jangan sampai lupa atau salah dalam memasukkan, karena jika salah 3 kali dapat menyebabkan kartu ATM terblokir.

5. Pilih Menu Lain

Pilih Menu Lain

Jika sudah maka nasabah BNI akan diberikan pilihan menu pada layar tampilan mesin ATM. Langsung saja pilih dan tekan MENU LAIN.

6. Pilih Ganti PIN

Pilih Ganti PIN

Nantinya Anda akan diberikan pilihan beberapa menu transaksi seperti transfer, pembayaran, penarikan tunai, informasi saldo, ganti PIN dan lainnya. Pilih saja menu GANTI PIN.

7. Masukkan PIN ATM Lama

Masukkan PIN ATM Lama

Selanjutnya nasabah BNI diminta untuk memasukkan 6 digit PIN ATM BNI lamanya.

8. Buat PIN ATM Baru

Buat PIN ATM Baru

Nantinya akan berubah tampilan baru di layar mesin ATM, nasabah BNI nantinya akan diminta untuk memasukkan 6 digit PIN ATM barunya.

9. Masukkan Kembali PIN ATM Baru

Masukkan Kembali PIN ATM

Masukkan kembali sekali lagi PIN ATM BNI baru tadi. Ini bertujuan untuk mengkonfirmasi perubahan PIN ATM-nya.

10. Berhasil

Berhasil

Setelah itu tunggu mesin ATM memprosesnya, maka akan ada struk keluar sebagai bukti transaksi ganti PIN ATM berhasil.

Tutorial Ganti PIN ATM BNI lewat Mobile Banking

Selain dengan cara offline dengan datang ke mesin ATM terdekat, Anda juga bisa ganti PIN secara online di aplikasi BNI Mobile Banking. Namun memastikan jika Anda sudah DAFTAR BNI MOBILE BANKING, berikut langkah mudahnya:

1. Buka BNI Mobile Banking

Buka Aplikasi BNI Mobile Banking

Cara pertama yaitu buka aplikasi BNI Mobile Banking yang ada di perangkat (smartphone) Anda.

2. Masukkan User ID & MPIN

Masukkan User ID MPIN

Selanjutnya masukkan User ID dan MPIN dari BNI Mobile Banking-nya. Setelah itu klik Login.

3. Pilih Produk & Jasa Lainnya

Pilih Produk & Jasa Lainnya

Kemudian nasabah BNI akan dibawa ke menu tampilan baru, pada layar tampilan ini cukup banyak pilihan menunya. Anda hanya perlu klik dan pilih menu Produk & Jasa Lainnya.

4. Pilih Ubah PIN Kartu Debit

Pilih Ubah PIN Kartu Debit

Nantinya nasabah BNI akan ditawarkan beberapa fitur yang ada di dalam layanan Mobile Banking BNI seperti aktivasi transaksi kartu di LN, pencairan deposito, bukti transaksi, SMS notifikasi,  ubah PIN kartu debit dan lainnya. Pilih saja Ubah PIN Kartu Debit.

5. Pilih Nomor Rekening

Pilih Nomor Rekening

Selanjutnya pilih nomor rekening, jika Anda memiliki lebih dari satu tabungan pilih yang akan diganti PIN ATM-nya. Jika sudah klik Lanjut.

6. Validasi Ganti PIN

Validasi Ganti PIN

Pada langkah selanjutnya, nasabah BNI yang akan ganti PIN ATM lewat Mobile Banking BNI akan diberikan layar tampilan baru berupa validasi. Seperti ada nomor rekening, nama pemilik rekening, nomor kartu debit/ATM.

Nantinya pada langkah ini Anda akan diminta untuk memasukkan PIN lama, PIN baru, dan sekali lagi PIN baru yang telah dibuat/ganti. Terakhir tinggal masukkan password transaksi BNI Mobile Banking, lalu klik Lanjut.

7. Ganti PIN ATM Berhasil

Ganti PIN ATM Berhasil

Setelah itu layar akan menunjukkan ubah PIN kartu debit Anda telah berhasil. Ada juga pemberitahuan mengenai nomor referensi, tanggal transaksi, waktu transaksi, layanan, nomor kartu debit, serta nama kartu.

Bagaimana Pergantian PIN ATM BNI Akibat Terblokir dan Lupa?

Bagaimana Pergantian PIN ATM BNI Akibat Terblokir dan Lupa

Selain cara ganti PIN di atas, terkadang para nasabah BNI yang kartu ATM-nya terblokir atau lupa akan PIN juga bertanya mengenai bagaimana cara mengatasinya. Untuk pergantian PIN akibat masalah seperti ini biasanya hanya ada satu cara yaitu dengan datang ke kantor untuk mengurusnya.

  • Datang ke kantor bank BNI Terdekat.
  • Ambil nomor antrean.
  • Tunggu nomor antrean di panggil costumer service.
  • Tiba giliran nomor di panggil langsung saja temui costumer service.
  • Sampaikan maksud kedatangan Anda yaitu ingin ganti PIN ATM akibat terblokir atau lupa.
  • Costumer service akan mulai membantu dan meminta persyaratannya.
  • Tunggu sebentar, maka perubahan PIN akan dilakukan costumer service.
  • Jika sudah selesai costumer service akan memberitahukan PIN-nya.
  • Terakhir Anda hanya perlu ganti PIN ATM BNI di mesin ATM.

Manfaat Ganti PIN ATM Secara Rutin

Manfaat Ganti PIN ATM Secara Rutin

Setelah mengetahui cara ganti PIN ATM di atas, Anda juga perlu tahu manfaat apa saja yang di dapatkan saat rutin atau berkala dalam ganti PIN ATM. Seperti misalnya:

  1. Keamanan serta menghindari risiko tindak kejahatan pada rekening tabungan nasabah (skimming & phishing). Seperti Anda ketahui sendiri jika pelaku kejahatan banyak sekali cara untuk bisa menggaet korbannya.
  2. Untuk selalu mengingatkan akan PIN yang digunakan. Karena dengan pembaharuan, nantinya PIN akan mudah diingat.
  3. Menghindari jika PIN tersebut sudah diketahui oleh orang lain. Sehingga dengan ganti PIN membuat orang yang tadinya tahu, sehingga tidak tahu lagi.
  4. dan beberapa manfaat lainnya.

FAQ

1. Biaya Ganti PIN ATM BNI?

Untuk ganti PIN ATM baik itu di mesin ATM atau Mobile Banking tidak dikenakan biaya.

2. Apa Itu Skimming?

Skimming adalah tindak pencurian informasi kartu debit/kredit dengan menyalin informasi pada magnetik kartu.

3. Apa Itu Phishing?

Phishing adalah tindak kejahatan yang dilakukan secara online dalih tujuan mengambil data-data pribadi seseorang.

Demikianlah informasi mengenai cara ganti PIN ATM BNI yang dapat pakaiatm.com sampaikan untuk Anda semua, terutama bagi nasabah BNI. Seringlah untuk ganti PIN ATM untuk menjaga keamanan transaksi Anda, semoga dengan adanya ulasan ganti PIN ATM BNI di atas dapat bermanfaat.