7 Cara Melacak Kartu ATM Yang Hilang Secara Benar

Cara Melacak Kartu ATM Yang Hilang – Anjungan Tunai Mandiri atau yang biasa kita sebut ATM merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi kita pada jaman yang sudah modern seperti saat ini hampir semua masyarakat menggunakan ATM untuk memudahkan bertransaksi.

Dengan adanya ATM memudahkan kita untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun kita mau tanpa di batasi oleh waktu, hal ini tentu saja sangat membantu kelancaran bertransaksi dan  juga urusan bisnis ketika perlu melakukan pembayaran secara cepat tanpa menunggu waktu yang lama.

Namun terkadang beberapa ke lalaian kita dapat menimbulkan masalah pada kartu ATM, hal yang paling sering terjadi adalah lupa pin ATM dan cara mengatasinya pun terkadang membuat anda bingung, hal kedua yang paling sering terjadi adalah kartu ATM anda tertelan.

Jika beberapa kasus itu terjadi anda perlu melaporkan ke pihak customer service bank jika kartu ATM anda hilang dan juga untuk kasus kartu ATM tertelan anda juga harus mendatangi langsung bank yang bersangkutan, jika anda mengalami salah PIN ATM anda dapat menggantinya pada bank yang bersangkutan.

Cara Melacak Kartu ATM Yang Hilang

Cara Melacak Kartu ATM Yang Hilang

Cara Melacak Kartu ATM Yang Hilang

Anda tentu akan sangat dibuat pusing ketika mengalami kartu ATM hilang, karena anda harus mengurusnya dan melakukan prosedur yang telah ditentukan ketika kartu ATM anda hilang, pada artikel kali ini kita akan memberikan informasi mengenai cara melacak kartu ATM yang hilang dan juga cara mengatasinya dengan mudah. berikut beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk mengutus kartu ATM anda yang hilang.

Baca  25 Cara Bayar Traveloka Via ATM BRI 2022

Ketika anda kehilangan kartu ATM tentu saja itu sangat membuat bingung dan panik, mengingat biasanya kita menaruh sebagian uang pada kartu ATM, namun anda tidak perlu khawatir karena kami punya solusinya.

1. Hubungi Customer Service Bank

Hubungi Customer Service Bank

Hubungi Customer Service Bank

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungi pihak bank melalui customer service bank yang anda gunakan, namun jika anda tidak mememiliki nomor customer service bank, maka anda dapat melihat pada situs resmi milik bank tersebut dan dapat juga dilihat pada buku tabungan rekening miliki anda, bisa juga anda mengecek di internet. Setelah anda terhubung dengan customer service maka anda cukup meminta untuk pemblokiran kartu ATM jangan lupa sertakan nama, dan nomor rekening anda.

Perlu anda ketahui juga, kini beberapa bank dapat dihubungi melalui sosial media seperti Twitter, caranya anda cukup mention akun bank yang bersangkutan dan kemudian pihak bank akan mengirimkan pesan seperti meminta beberapa data anda diantaranya nama dan nomor rekening dan juga nomor telepon anda, hal ini bertujuan customer service bank melacak kartu ATM anda yang hilang dan juga untuk dilakukan pemblokiran jika anda meminta untuk di blokir. tujuan dari pemblokiran pada kartu ATM yang hilang agar kartu ATM anda tidak jatuh pada orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Transfer Semua Saldo Ke Rekening Yang Lain

Transfer Semua Saldo Ke Rekening Yang Lain

Transfer Semua Saldo Ke Rekening Yang Lain

Langkah yang kedua adalah anda perlu memindahkan semua saldo yang ada pada rekening anda yang hilang ke rekening lain, agar uang yang ada pada rekening anda tetap aman, hal ini sangat mudah dilakukan jika sebelumnya anda telah menggunakan layanan SMS Banking ataupun Internet Banking, namun beberapa bank menerapkan biaya untuk pemblokiran kartu ATM maka sisakan sedikit saldo pada rekening anda. Namun jika memang keadaan tidak memungkinkan anda untuk memindah jumlah saldo ke rekening bank lain, anda cukup menghubungi customer service dan meminta untuk pemblokiran kartu ATM anda yang hilang.

Baca  Kartu ATM BTN Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab & Mengatasi

3. Meminta Surat Kehilangan ke Kantor Polisi

Meminta Surat Kehilangan ke Kantor Polisi

Meminta Surat Kehilangan ke Kantor Polisi

Setelah anda melakukan pemblokiran dan memindah saldo rekening tabungan anda ke rekening lain, hal ketiga yang perlu anda lakukan adalah mendatangi kantor polisi untuk meminta surat kehilangan, beberapa data penting yang perlu anda bawa ketika mengurus surat kehilangan ke kantor polisi adalah KTP dan buku tabungan. Jika anda tidak sempat melaporkan atau anda sedang berada diluar kota hal ini juga dapat diwakilkan tentu saja ada syaratnya yaitu orang tersebut harus membawa surat kuasa yang telah anda tanda tangani. alangkah baiknya anda datang ke kantor polisi karena biasanya pihak polisi akan menanyakan beberapa hal tentang kartu ATM anda.

4. Datang Ke Bank Yang Anda Gunakan

Datang Ke Bank Yang Anda Gunakan

Datang Ke Bank Yang Anda Gunakan

Ketika surat kehilangan telah anda dapatkan maka hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah langsung mendatangi bank yang anda gunakan agar mendapatkan kartu ATM yang baru, pertama-tama anda menjelaskan kedatangan anda ke bank tersebut kepada satpam yang ada di sana sebab biasanya satpam yang mengarahkan nasabah untuk mengambil nomor antrian. Kemudian jelaskan kepada customer service permasalahan kartu ATM anda dan jangan lupa anda menyertakan beberapa data seperti SIM/KTP dan juga fotokopi buku tabungan anda.

Pihak customer service bank tersebut biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai transaksi terakhir yang telah anda lakukan dan juga berapa jumlah saldo yang ada pada kartu ATM anda. Setelah petugas customer service selesai melakukan pertanyaan maka anda akan segera mendapatkan kartu ATM yang baru dengan password dan nomor rekening anda yang sama. Ketika anda ingin memastikan bahwa saat kartu ATM anda hilang tidak ada transaksi maka anda dapat meminta bukti print out transaksi apakah ada penarikan saldo pada kartu ATM anda atau tidak.

Baca  √ Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai : 10 Penyebab & Mengatasi

5. Periksa Mobile Banking

Selain beberapa langkah melacak ATM di atas, Anda juga bisa mengetahui kartu ATM yang hilang dengan memanfaatkan layanan Mobile Banking. Mungkin cara ini bisa dilakukan jika Anda sudah melakukan aktivasi atau registrasi m Banking. Di mana caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan pengecekan untuk memastikan aktivasi di kartu tersebut.

Dengan begitu, maka Anda bisa langsung melacak keberadaan kartu, jika memang ada sebuah transaksi. Karena secara umum jika Anda melakukan transaksi di mesin ATM, nantinya di layanan Mobile Banking akan tertera sebuah informasi mengenai lokasi dari mesin ATM yang digunakan untuk melakukan transaksi.

Demikian cara mudah melacak dan mengurus kartu ATM anda yang hilang, setelah kejadian ini maka anda perlu berhati-hati agar kejadian seperti ini tidak kembali terulang karena anda akan dipusingkan saat mengurus kartu ATM yang hilang. Semoga artikel kali ini dapat membantu anda. Terimakasih.