18 Cara Membayar BPJS Lewat BRImo 2022 : Syarat & Admin

Cara Membayar BPJS Lewat BRImo – Dengan ikut serta dalam program pemerintah yaitu BPJS Kesehatan, banyak manfaat yang didapatkan nantinya. Seperti misalnya berobat gratis, jika kartu peserta BPJS Kesehatan aktif dan selalu membayar iuran setiap bulan.

Dengan begitu, penting sekali membayarkan iuran BPJS agar peserta bisa tetap mendapatkan layanan berobat gratis tersebut. Apalagi dengan berbagai pilihan cara pembayaran yang mudah menjadikan tidak ada alasan untuk telat membayar iuran BPJS tersebut.

Bagi para peserta nantinya bisa melakukan pembayaran melalui ATM dan Mobile Banking semua bank, dompet digital, Indomaret, Alfamart dan masih banyak lainnya. Jadi silakan bayar setiap bulan iuran sesuai kelas yang diikuti.

Teruntuk nasabah bank BRI yang merupakan peserta BPJS, bisa manfaatkan cara bayar BPJS lewat ATM dan Mobile Banking (BRImo). Untuk cara yang mudah mungkin bayar lewat BRImo, dan bagi yang belum tahu langkahnya kami akan sampaikan cara bayar BPJS lewat BRImo secara lengkap.

Cara Membayar BPJS Lewat BRImo

Keuntungan Bayar BPJS Lewat BRImo

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat aplikasi BRImo, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa saja keuntungan yang didapat ketika melakukan pembayaran iuran lewat BRImo. Adapun keuntungannya seperti:

  • Proses cepat dan mudah.
  • Bisa dilakukan kapan dan dimana saja.
  • Tanpa keluar rumah.
  • Tidak ada biaya admin alias gratis.
  • Terjamin aman.
Baca  2 Cara Mengetahui Kartu Kredit BRI Sudah Aktif atau Belum 2022

Syarat Bayar BPJS Lewat BRImo

Jika sudah tahu apa saja keuntungan yang didapat, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui apa saja syarat ketentuan yang perlu dilengkapi sebelum melanjutkan ke proses pembayaran. Adapun untuk syarat ketentuan itu sendiri seperti misalnya:

  • Smartphone untuk akses aplikasi BRImo.
  • Smartphone terhubung dengan koneksi internet lancar.
  • Smartphone terinstal aplikasi BRImo versi terbaru.
  • Saldo rekening BRI / BRImo cukup untuk membayar iuran BPJS.
  • Peserta menyiapkan nomor BPJS Kesehatan yang akan dibayar.

Setelah semua syarat telah dilengkapi, selanjutnya Anda sudah bisa melanjutkan ke proses pembayaran iuran BPJS Kesehatan aplikasi BRImo.

Tanggal Jatuh Tempo Bayar BPJS Kesehatan

Tidak hanya keuntungan dan syarat di atas, Anda juga perlu mengetahui tanggal jatuh tempo pembayaran iuran BPJS kesehatan. Sehingga nantinya tidak terjadi telat bayar yang akibatkan peserta terkendala denda tambahan.

Untuk batas akhir pembayaran iuran BPJS Kesehatan paling lambat harus dibayar adalah sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Jadi diusahakan jangan membayarkan iuran BPJS Kesehatan melebihi tanggal atau batas akhir tersebut.

Cara Membayar BPJS Lewat BRImo

Dalam proses bayar iuran BPJS lewat BRImo bisa dikatakan sangatlah mudah, di mana Anda tinggal pilih menu dan memasukkan nomor kepesertaan saja. Namun yang masih bingung mengenai cara bayarnya, tidak perlu khawatir karena kami akan sampaikan secara lengkap.

1. Buka BRImo

Langkah awal silakan buka dan jalankan aplikasi BRImo, namun pastikan perangkat sudah terhubung dengan koneksi internet lancar.

1. Buka BRImo

2. Lanjut Login

Setelah itu, silakan login dengan memasukkan username dan password BRImo Anda.

2. Lanjut Login

3. Pilih Menu Lainnya

Setelah berhasil login, maka Anda diarahkan ke menu utama aplikasi BRImo. Dibagian ini silakan untuk memilih menu “Lainnya”.

3. Pilih Menu Lainnya

4. Pilih BPJS

Jika sudah akan muncul berbagai menu baru, untuk pembayaran BPJS. Silakan Anda pilih dan klik saja pada bagian menu “BPJS”.

4. Pilih BPJS

5. Klik Pembayaran Baru

Kemudian Anda akan diarahkan ke tampilan halaman baru, disini silakan klik “Pembayaran Baru” di bagian bawah.

Baca  10 Cara Bayar UTBK Lewat ATM BRI 2022 : Biaya Admin

5. Klik Pembayaran Baru

6. Pilih Jenis BPJS (BPJS Kesehatan)

Berikutnya muncul layar tampilan baru, di sini Anda diminta memilih jenis BPJS. Silakan pilih “BPJS Kesehatan”.

6. Pilih Jenis BPJS (BPJS Kesehatan)

7. Masukkan Nomor Pembayaran

Berikutnya Anda diminta memasukkan 11 digit terakhir nomor kartu BPJS Anda di belakang angka 88888. Setelah itu klik “Lanjutkan”.

7. Masukkan Nomor Pembayaran

8. Muncul Rincian Tagihan

Dengan begitu, secara otomatis layar akan menampilkan informasi mengenai rincian tagihan BPJS yang harus dibayar. Cek apakah semua sudah sesuai, jika sudah klik “Bayar”.

8. Muncul Rincian Tagihan

9. Konfirmasi Pembayaran

Kemudian Anda akan diarahkan ke layar menu konfirmasi pembayaran dan dilanjut dengan klik “Bayar” jika semua sudah sesuai.

9. Konfirmasi Pembayaran

10. Masukkan PIN Transaksi BRImo

Langkah selanjutnya Anda akan diminta input PIN transaksi BRImo untuk selesaikan proses transaksi membayar BPJS.

10. Masukkan PIN Transaksi BRImo

11. Bayar BPJS Via BRImo Berhasil

Jika berhasil memasukkan PIN BRImo, maka Anda sudah berhasil membayar iuran BPJS Kesehatan. Layar juga akan menampilkan bukti transaksi berhasil.

11. Cara Bayar BPJS Lewat BRImo Berhasil

Biaya Admin Bayar BPJS Lewat BRImo

Seperti sudah dijelaskan di atas jika pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat BRImo tidak dikenai biaya. Jadi bagi yang masih bertanya berapa biaya admin atau biaya layanan bayar BPJS lewat BRImo jawabannya adalah gratis.

Dengan begitu, maka saldo rekening BRI / BRImo Anda hanya terpotong sejumlah nominal pembayaran BPJS saja. Inilah yang menjadi salah satu keuntungan saat bayar lewat BRImo, berbeda jika bayar BPJS lewat BSI Mobile atau DANA yang akan mengenai biaya admin Rp 2.500.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan terkait cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat BRImo yang dapat pakaiatm.com sajikan lengkap dengan informasi terkait lainnya. Dengan adanya cara bayar ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Baca  10 Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BRI 2022

Terutama bagi nasabah BRI yang menggunakan aplikasi BRImo dan merupakan peserta BPJS Kesehatan, namun belum tahu secara paham mengenai cara bayar iuran BPJS Kesehatannya. Jadi, dengan melihat cara bayar di atas bisa dikatakan sangatlah mudah dan simple.

Sumber Gambar : tribunnews.com, YouTube Janggel id