15 Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI Offline & Online

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI – Mempunyai rekening BRI yang sudah lama tidak digunakan? Jangan langsung diabaikan begitu saja, Anda bisa tetap menggunakan kembali agar nantinya tidak perlu buka rekening baru.

Namun sebelum bisa menggunakan rekening lama tersebut, Anda para nasabah perlu CEK REKENING BRI AKTIF ATAU TIDAK. Jika pun tidak, maka pemilik rekening harus terlebih dahulu mengaktifkan kembali rekening BRI nya.

Lalu apakah bisa mengaktifkan kembali rekening BRI yang sudah mati atau tidak aktif? Jawabannya adalah bisa. Lalu bagaimana dengan cara atau langkah mengaktifkan kembali rekening yang sudah tidak aktif itu sendiri?

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena bisa dibilang cara mengaktifkan rekening BRI cukup mudah dan sederhana. Namun terkadang banyak para pemilik BRI masih bingung akan cara saat ingin aktifkan kembali rekening yang lama tidak digunakan.

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI

Untuk cara mengaktifkan sendiri, para pemilik rekening lama diberikan dua pilihan cara yaitu mengaktifkan secara online maupun mengaktifkan secara offline. Lebih jelas mengenai cara mengaktifkan kembali rekening tersebut, berikut akan disampaikan di bawah ini.

Penyebab Rekening BRI Tidak Aktif

Penyebab Rekening BRI Tidak Aktif

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengaktifkan kembali rekening yang sudah tidak aktif. Anda perlu tahu faktor penyebab yang membuat rekening tabungan BRI Anda tidak aktif.

Faktor utama rekening BRI tidak aktif yaitu akibat tidak digunakan bertransaksi dalam jangka waktu cukup lama. Ini seperti sudah diketahui, jika rekening juga memiliki masa aktif jika tidak pernah digunakan.

Baca  5 Tabel Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB 2022 : Plafon, Tenor & Syarat

Biasanya sebelum berstatus rekening tidak aktif, terlebih dahulu rekening tabungan BRI baik BritAma dan Simpedes berstatus dormant. Kemudian akan berubah menjadi pasif dan terakhir berstatus tidak aktif.

Untuk rekening BRI BritAma dan Simpedes sendiri memiliki masa aktif yang berbeda-beda jika tidak digunakan dalam kurun waktu tertentu. Adapun masa aktif itu sendiri seperti berikut:

  • Rekening BritAma akan berstatus dormant jika saldo di bawah saldo minimum dan tidak melakukan transaksi selama 540 hari berturut-turut. Sedangkan berstatus pasif di hari ke 540 + 1 dan terakhir akan tidak aktif di hari ke 541 +1.
  • Rekening Simpedes akan berstatus dormant jika saldo di bawah saldo minimum dan tidak melakukan transaksi selama 365 hari berturut-turut. Lalu berstatus pasif di hari ke 365 + 1 dan terakhir akan tidak aktif di hari ke 366+1.

Sebenarnya rekening tetap akan aktif jika rekening memiliki saldo cukup untuk biaya-biaya bulanan. Yang dimasalahkan yaitu rekening tidak memiliki saldo untuk biaya administrasi bulanan tersebut.

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI Offline

Mengaktifkan Kembali Rekening BRI Offline

Nah untuk cara mengaktifkan kembali rekening yang sudah tidak aktif pertama yaitu cara offline atau datang ke kantor bank secara langsung. Lebih jelas langkahnya, simak pembahasan ini sampai akhir.

1. Datang ke Kantor Bank BRI

Pertama silakan datang ke kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa persyaratan seperti kartu ATM BRI, buku rekening tabungan BRI, KTP dan uang tunai kurang lebih Rp 500.000.

2. Ambil & Tunggu Nomor Antrean

Sesampainya di kantor cabang bank BRI, langsung ambil nomor antrean dan tunggu nomor di panggil oleh customer service (CS). Jika antrean panjang, besar kemungkinan Anda waktu menunggu akan lama.

Baca  11 Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI 2022 : Syarat & Admin

3. Sampaikan Keluhan

Tiba giliran nomor antrean Anda dipanggil oleh CS, silakan untuk sampaikan maksud kedatangannya yaitu ingin mengaktifkan kembali rekening BRI yang sudah tidak aktif. Sampaikan secara jelas pada CS.

4. Serahkan Syarat & Isi Formulir

Jika sudah menyampaikan keluhan dan tujuan kedatangan, maka CS akan meminta syarat-syarat yang diperlukan. Silakan serahkan semua syarat-syarat tersebut. CS juga akan meminta Anda mengisi formulir dibutuhkan.

5. Langkah Pemprosesan

Setelah CS mendapatkan syarat dan meminta formulir yang telah diisi, maka CS akan langsung mulai ke langkah pemprosesan aktifkan rekening BRI. Tunggu sampai CS selesai mengaktifkan rekening BRI Anda.

6. Mengaktifkan Rekening Berhasil

Jika CS sudah selesai mengaktifkan rekening BRI Anda yang tidak aktif, maka CS akan memberitahukan Anda jika mengaktifkan rekening sudah berhasil. Dengan begitu, rekening BRI sudah bisa digunakan untuk bertransaksi kembali.

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI Online

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI Online

Selain cara mengaktifkan rekening secara offline di atas, Anda juga bisa manfaatkan layanan internet banking BRI untuk mengaktifkan rekening yang sudah tidak aktif. Mungkin cara ini akan memudahkan Anda saat ingin mengaktifkan rekening BRI lamanya.

Cara mengaktifkan sendiri Anda hanya perlu klik pilihan enable, sayangnya cara ini masih memiliki kekurangan. Seperti misalnya Anda perlu melakukan pengaktifan kembali melalui teller untuk menyetor saldo awal rekening.

Dengan begitu, datang ke kantor cabang atau kantor pusat bank BRI menjadi satu-satunya cara tepat untuk mengaktifkan kembali rekening BRI. Hal itu agar nantinya pemprosesan rekening langsung jadi dan bisa kembali digunakan.

Biaya Mengaktifkan Kembali Rekening BRI Tidak Aktif

Biaya Aktifkan Kembali Rekening BRI Tidak Aktif

 

Lalu berapa biaya mengaktifkan kembali rekening BRI yang sudah di nonaktifkan? Mengenai biaya sendiri pihak BRI tidak menjatuhi ketentuan atas nominal yang diperlukan untuk buka kembali rekening tidak aktif.

Baca  10 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI 2022 (Syarat & Ketentuan)

Hanya saja pemilik rekening perlu siapkan syarat sebelum pengaktifan kembali, cukup bayar biaya bulanan rekening yang tidak dibayarkan sebelumnya. Saldo dipotong otomatis, saat Anda telah memberikan uang setoran awal sebagai syaratnya.

Biasanya costumer service akan menyarankan agar pemilik rekening menyetor uang minimal Rp 100.000 – Rp 500.000. Jadi walaupun tidak ada biaya pengaktifan kembali rekening BRI, Anda tetap harus siapkan uang untuk kelancaran pemprosesan.

Mungkin seperti itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai cara mengaktifkan kembali rekening BRI yang tidak aktif secara offline maupun online. Dengan adanya informasi cara mengaktifkan rekening di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.