8 Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI 16 Digit yang Hilang

Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI 16 Digit – Dengan pembukaan rekening BRI tentu saja Anda para nasabah akan diberikan sebuah fasilitas kartu ATM. Di mana dengan kartu ATM inilah nantinya nasabah bisa melakukan transaksi tarik tunai, transfer dan lainnya di mesin ATM.

Selain itu dengan kartu ATM inilah, nantinya nasabah BRI juga bisa melakukan pembayaran di merchant yang telah menyediakan mesin EDC dalam metode pembayarannya. Tentu saja banyak manfaat dengan kartu ATM yang diberikan oleh pihak bank BRI kepada nasabah.

Menyinggung kartu ATM tersebut, di fisik kartu ATM nantinya akan memiliki beberapa digit no kartu ATM. Nah nomor kartu ATM itu memiliki fungsi penting bagi para nasabah, jadi perlu sekali dijaga kartu ATM nya.

Namun bagaimana jika kartu ATM hilang atau tertinggal, namun Anda membutuhkan no kartu ATM tersebut? Untuk hal itu, berikut akan pakaiatm.com sajikan bagaimana cara untuk mengetahui 16 digit no kartu ATM BRI.

Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI 16 Digit

Apa Itu No Kartu ATM BRI?

Nomor kartu ATM BRI adalah perpaduan 16 digit nomor khusus yang berisi informasi elemen keamanan yang pada kartu ATM/debit Anda. Di mana setiap kartu ATM yang digunakan nasabah BRI akan memiliki no kartu yang berbeda-beda.

Untuk 16 digit nomor kartu ATM ini letaknya di bagian depan dari kartu fisik. Setiap digit angka yang ada memiliki arti sendiri-sendiri, berikut beberapa artian yang tertera:

  • Jika digit pertama kartu ATM adalah angka “4”, itu menunjukkan kartu ATM menggunakan jaringan Visa.
  • Jika digit pertama kartu ATM adalah angka “5”, itu menunjukkan kartu ATM menggunakan jaringan MasterCard.
  • Sedangkan lima (5) digit setelah angka pertama menunjukkan identitas bank penerbit kartu.
  • Lalu untuk sembilan (9) digit lainnya adalah identitas pemilik kartu.
Baca  5 Cara Top Up Point Blank Zepetto Lewat ATM Semua Bank 2022

Fungsi 16 Digit Nomor Kartu ATM

Fungsi 16 Digit Nomor Kartu ATM

Lalu apa fungsi 16 digit no kartu ATM ? Selain berguna untuk menampilkan informasi jenis kartu, nama Bank penerbit dan nama pemilik kartu ATM nya. 16 digit nomor ATM juga memiliki fungsi lain, adapun fungsi tersebut seperti:

Berfungsi saat Anda nasabah BRI registrasi dan aktivasi mBanking BRI.
Berfungsi saat pembelian layanan streaming (Netflix, WeTV dan lainnya).
Berfungsi melengkapi informasi untuk metode pembayaran di Google Play via kartu debit.
Dan masih banyak lagi fungsinya.

Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI 16 Digit

Lantas bagaimana jika Anda sampai lupa akan nomor kartu ATM akibat kartu ATM hilang atau terhapus. Jika demikian, berikut ada beberapa cara mengetahui nomor kartu ATM BRI 16 digit tersebut baik secara offline maupun online.

Mengetahui Offline (Kartu ATM)

Mengetahui Offline Kartu ATM

Cara mengetahui pertama yaitu secara offline, di mana cara ini bisa Anda ketahui jika kartu ATM Anda tidak hilang. Di mana Anda hanya perlu melihatnya saja di kartu fisik ATM BRI-nya:

  • Silakan ambil kartu ATM BRI yang Anda.
  • Kemudian lihat di bagian depan kartu ATM.
  • Disitu Anda akan mengetahui 16 digit no kartu ATM BRI.
  • Cara mengetahui no kartu ATM BRI secara offline berhasil.

Mengetahui Online (Riwayat Transaksi Internet Banking)

Mengetahui Online Riwayat Transaksi Internet Banking

Cara mengetahui secara online hanya bisa dilakukan bagi nasabah BRI yang sudah berhasil mengaktifkan layanan Internet Banking. Selain itu, biasanya cara mengetahui ini dilakukan saat kartu ATM BRI hilang dan berikut langkah-langkahnya:

  • Silakan lakukan transaksi finansial melalui layanan Internet Banking BRI.
  • Kemudian pada status transaksi silakan scroll ke bagian paling bawah.
  • Dengan begitu, maka Anda akan mengetahui nomor kartu ATM BRI.
  • Cara mengetahui no kartu ATM BRI secara online berhasil dan tidak jauh berbeda dengan CARA MENGETAHUI NOMOR KARTU ATM BCA di mana bisa dilakukan lewat layanan online yang diberikannya.
Baca  Cara Bayar UKT Unsri Lewat ATM BRI Terbaru 2022

Catatan : Jika kedua cara di atas masih tetap kurang efektif, maka Anda bisa meminta bantuan melalui call center BRI atau kirim pesan lewat email/sosial media Bank BRI. Bisa juga untuk datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

Setelah tahu akan cara mengetahui nomor kartu ATM BRI, Anda juga harus senantiasa jaga kerahasiaan no kartu ATM guna tidak disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab. Jadi, ingat selalu jaga kerahasiaan 16 digit nomor kartu ini.

Mungkin seperti itulah informasi terkait cara mengetahui 16 digit nomor kartu ATM BRI yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya cara mengetahui no kartu ATM di atas bisa bermanfaat, terutama bagi nasabah yang membutuhkannya.