3 Cara Menggunakan Mesin EDC : Magnetic & Chip

Cara Menggunakan Mesin EDC – Seiring dengan perkembangan teknologi membuat berbagai hal bertransaksi menjadi lebih mudah. Salah satu kemudahan tersebut yaitu munculnya mesin EDC. Adanya mesin EDC atau Elektronic Data Capture memudahkan anda bertransaksi di minimarket seperti indomart dan alfamart atau di tempat yang menyediakan mesin EDC.

Mesin ini tidak hanya berfungsi sebagai alat gesek tunai saja, akan tetapi juga dapat digunakan untuk pembayaran tiket kereta, pembayaran belanja, pembayaran biaya tol serta pembayaran biaya tiket pesawat dan pembayaran token listrik. Dengan adanya mesin EDC ini membantu anda dalam hal bertransaksi memakai kartu debit atau kartu kredit atau kartu e-money di toko.

Mesin ini berbentuk seperti ponsel jadul dan tersedia sebuah layar kecil dengan tombol input angka seperti kalkulator. Di bagian samping mesin terdapat tempat khusus sebagai tempat untuk menggesek kartu ATM. Sehingga memudahkan semua jenis transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM.Namun berbarengan dengan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi menggunakan mesin EDC ada masalah yang terjadi.

Masalah yang paling mendasar yaitu mengenai penggunaan mesin EDC itu sendiri. Mungkin masih banyak dari sebagian orang yang belum mengerti benar tentang cara menggunakan mesin EDC. Sederhananya cara memakai mesin ini hanya dengan menggesekan kartu ke mesin EDC. Namun tentu masih ada langkah langkah lainnya yang belum anda ketahui. Berikut kami sajikan cara menggunakan mesin ini.

Cara Menggunakan Mesin EDC Termudah

Cara Menggunakan Mesin EDC Termudah

Cara menggunakan mesin ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Baik itu mesin EDC berteknologi magnetik maupun berteknologi chip sama-sama mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menggesekan kartu ATM anda ke bagian khusus yang terdapat di bagian samping mesin. Untuk lebih jelas mengetahui cara menggunakan mesin ini silahkan simak ulasan kami berikut ini.

Baca  18 Cara Bayar Shopee PayLater Lewat OVO 2022: Syarat & Biaya Admin

Cara Menggunakan Mesin EDC

Cara Menggunakan Mesin EDC

Cara yang satu ini biasanya sering anda jumpai saat belanja di supermarket, pom bensin dan saat melakukan transaksi pembayaran lainnya. Berikut langkah langkahnya.

  1. Bawa kartu ATM ke kasir.
  2. Kemudian masukan kartu ATM ke mesin EDC.
  3. Kemudian masukan jumlah nominal yang harus dibayarkan.
  4. Langkah langkah diatas biasanya dilakukan oleh kasir, berikutnya anda akan diminta untuk memasukkan PIN rekening anda.
  5. Masukkan PIN ATM anda dengan benar.
  6. Apabila PIN yang dimasukan benar maka transaksi berhasil.
  7. Setelah transaksi berhasil, selanjutnya akan keluar 2 struk bukti pembayaran pada mesin EDC.
  8. Kemudian kasir akan memberikan 1 struk untuk konsumen dan 1 struk lagi untuk kasir sebagai bukti transaksi menggunakan kartu debit.
  9. Jika anda pengguna kartu kredit biasanya anda akan dimintai tanda tangan oleh kasir sebagai bukti bahwa transaksi menggunakan kartu kredit berhasil.

Cara Penggunaan Mesin EDC Berteknologi Magnetik

Cara Penggunaan Mesin EDC Berteknologi Magnetik

  1. Pastikan koneksi internet sudah tersambung, baik itu menggunakan line atau wireless.
  2. Kemudian nyalakan mesin EDC.
  3. Selanjutnya gesekan kartu ATM ke mesin EDC.
  4. Kemudian tunggu hingga data dan nomor kartu tertera pada layar mesin.
  5. Jika data dan nomor kartu sudah tertera, lalu masukan jumlah nominal yang harus dibayar, lalu tekan enter.
  6. Jika transaksi berhasil maka mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi.
  7. Jika anda pengguna kartu kredit biasanya anda akan dimintai tanda tangan.

Cara Penggunaan Mesin EDC Berteknologi Chip

Cara Penggunaan Mesin EDC Berteknologi Chip

  1. Langkah yang pertama yaitu masukan kartu kredit ke mesin EDC.
  2. Kemudian tunggu hingga data informasi kartu muncul pada layar.
  3. Jika data informasi kartu sudah muncul, selanjutnya masukan jumlah nominal yang harus dibayarkan. Lalu tekan Enter.
  4. Kemudian cabut kartu dari mesin EDC.
  5. Hal yang perlu diperhatikan yaitu selama proses transaksi kartu kredit chip tidak boleh di cabut dari mesin EDC.
Baca  √ Buka Rekening Online Tanpa Setoran Awal 2022 : Cara & Jenis

Itulah beberapa cara menggunakan mesin EDC yang dapat kalian lakukan. Sekedar informasi, dimohon bagi kalian semua untuk menutupi saat memasukan PIN kartu kredit kalian. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi tindakan yang tidak diinginkan seperti tindakan kejahatan atau hal lainnya yang merugikan anda yang berkaitan dengan kartu kredit. Mungkin hanya itu saja yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terima kasih.