12 Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank BRI, BCA, BNI & Mandiri

Cek Identitas Lewat No Rekening Bank – Kerap tidak Anda menjumpai SMS atau pesan yang bertuliskan untuk melakukan transfer ke nomor rekening bank tertentu? Mungkin bagi sebagian orang sudah pernah mengalami hal tersebut.

Lantas apa respon yang akan timbul? Saat yang meminta adalah orang yang dikenal atau sudah ada janji sebelumnya mungkin bukan masalah. Yang menjadi masalah ketika pesan tersebut dikirim oleh nomor tidak kenal dan rekening pun juga asing.

Pasti banyak yang mengira ini adalah tindak kejahatan, namun guna memastikan apakah hal tersebut benar adanya. Maka Anda bisa
manfaatkan nomor rekening bank tersebut untuk dilakukan cek guna mengetahui identitas dari si pemilik rekening bank.

Nah pada pembahasan kali ini kami akan sajikan informasi mengenai bagaimana cara cek identitas lewat no rekening bank baik BRI, BNI, BCA, Mandiri, Permata, CIMB Niaga dan lainnya untuk memastikan no rekening tersebut milik penipu atau bukan.

Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Manfaat Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara cek identitas lewat nomor rekening bank tersebut, maka Anda harus tahu dahulu apa saja manfaat yang didapatkannya. Ada beberapa manfaat atau pun kegunaan dari cek no identitas rekening, antara lainnya:

  • Hindari Tindak Penipuan

Karena kini tindak kejahatan bisa datang dari manapun termasuk pelaku yang meminta untuk kirim sejumlah uang ke no rekening bank tertentu. Dengan melacak identitas lewat no rekening bank tersebut sebelum mengirimkan uang, menjadi salah satu manfaat yang bisa meminimalisir risiko terjadinya penipuan.

  • Memastikan Uang Terkirim ke Rekening yang Tepat

Manfaat berikutnya cek identitas lewat no rekening bertujuan guna memastikan uang / saldo nantinya terkirim ke rekening yang tepat. Seperti misalnya saat Anda mengirimkan sejumlah uang kepada pihak keluarga, kerabat, penjual online atau hal lainnya. Dengan begitu, minim terjadinya kesalahan kirim uang.

Baca  25 Cara Top Up Grab Driver di ATM Semua Bank 2022

Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Jika sudah berhasil tahu apa manfaat dari cek identitas lewat no rekening bank di atas, maka berikutnya tinggal kembali ke pembahasan utama mengenai cara cek identitasnya. Terkait cara sendiri ada beberapa cara, untuk lebih jelasnya bisa simak dan ikuti langkah di bawah ini.

1. Cek Identitas Lewat Situs cekrekening.id

Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Cara pertama bisa dilakukan adalah cek secara online melalui situs website cekrekening.id yang sudah banyak orang-orang gunakan. Terkait cara cek identitas lewat nomor rekening secara online ini sangatlah mudah, namun bagi yang pertama kali akan merasa bingung.

Tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan sajikan secara lengkap bagaimana cara atau langkah cek identitas rekening bank tersebut.

  • Langkah awal, silakan siapkan perangkat seperti smartphone, laptop atau PC yang sudah terhubung dengan koneksi internet.
  • Jika sudah, silakan buka browser yang ada seperti Chrome ataupun lainnya.
  • Setelah itu silakan buka dan kunjungi alamat situs cekrekening.id.
  • Saat sudah berada di halaman situs, langsung saja pilih menu “Periksa Rekening”. Kemudian silakan pilih jenis akun yang akan diperiksa, baik itu no rekening atau nomor e-wallet.
  • Silakan lanjut masukkan nama bank dan masukkan no rekening bank yang ingin dicek identitasnya.
  • Kemudian konfirmasi captcha dan klik “Cek Sekarang”.

Ketika nomor sudah pernah terlibat tindak penipuan, maka akan terlihat pada hasil pencarian. Namun jika Anda sudah terlanjur melakukan transaksi dan itu terbukti penipuan, maka bisa laporkan di halaman yang sama.

2. Cek Identitas Lewat No Rekening Langsung ke Bank

2. Cek Identitas Lewat No Rekening Langsung ke Bank

Kemudian cara kedua cek identitas lewat nomor rekening adalah secara offline dengan mendatangi kantor cabang bank terkait.
Siap no rekening yang dibutuhkan, jika sudah silakan cek identitas lewat nomor rekening di kantor bank terdekat seperti langkah berikut ini.

  • Langkah awal silakan datang ke kantor cabang bank terkait yang ada di lokasi Anda berada.
  • Nantinya di pintu masuk Anda akan disambut oleh satpam.
  • Silakan untuk informasikan kepada satpam atas kepentingan Anda.
  • Dengan begitu maka satpam akan bantu arahkan untuk ambil nomor antrean.
  • Setelah mendapatkan no antrian, silakan tunggu hingga nomor antrean dipanggil customer service.
  • Tiba giliran Anda, silakan sampaikan secara jelas jika Anda ingin cek identitas dengan bukti no rekening bank.
  • Setelah itu pihak bank akan mengeceknya, jika identitas tidak dikenali dan Anda sudah terlanjur transfer maka CS akan memblokir.
Baca  √ Apa Itu Mutasi Rekening ? Fungsi, Contoh & Cara Cek Mutasi Rekening

Sebagai catatan tambahan : Perlu diketahui sebelum membuat laporan ke bank, Anda harus membuat laporan terlebih dahulu ke kantor polisi untuk dapatkan surat pengantar untuk melapor ke pihak bank.

Dengan adanya dua cara cek identitas di atas, maka Anda nantinya bisa mendapatkan informasi mulai dari nama, pemilik rekening, alamat dan lainnya. Jika benar setelah cek rekening memang rekening penipu maka silakan laporkan pihak bank guna memblokirnya.

Tips Hindari Penipuan Online

Nah jika benar adanya indikasi penipuan tersebut, maka Anda harus segera melacak nomor rekening penipu tersebut. Bahkan tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengetahui tips-tips agar terhindar dari apa itu penipuan online yang meminta Anda kirim uang ke no rekening tertentu.

Untuk hal itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penipuan online. Adapun beberapa tips tersebut seperti misalnya:

  • Selalu cek ulang no rekening sebelum lakukan transaksi.
  • Bisa lakukan transaksi online dengan rekening bersama / payment gateway.
  • Pastikan kredibilitas penjual barang di internet terpercaya.
  • Jangan tergiur dengan penawaran harga barang yang murah.

Mungkin seperti itulah kiranya pembahasan terkait cara cek identitas lewat no rekening bank yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait cara cek identitas pemilik rekening di atas bisa bermanfaat.

Terutama bagi Anda yang kurang yakin degan proses transaksi ke no rekening yang diberikan oleh seseorang. Adanya cara cek identitas melalui no rekening bank juga sebagai bentuk meminimalisir terjadinya kasus penipuan online lainnya.