4 Contoh Pembukuan Agen BRILink 2021, Download & Bisa di Edit

Contoh Pembukuan Agen BRILink – Usaha MENJADI AGEN BRILINK mungkin menjadi salah satu dari sekian banyak usaha keagenan yang memiliki untung atau laba yang besar. Namun dengan catatan bisa melakukan tembus target harian atau bulanannya.

Dalam proses target tersebut, tentu saja banyak nasabah BRI yang melakukan berbagi macam transaksi melalui agen BRILink-nya. Baik itu transaksi seperti tarik tunai, transfer, pembayaran atau transaksi-lainnya.

Nah untuk itu, pembukuan atau memiliki catatan atas itu semua merupakan salah satu hal wajib yang harus dimiliki oleh para agen BRILink. Tujuannya agar semua uang masuk dan keluar akan terpampang jelas di dalam pembukuannya.

Teruntuk para agen maupun calon agen BRILink baru, mengetahui format pembukuan mungkin sangat diperlukan sekali. Nah, kali ini pakaiatm.com akan sajikan contoh pembukuan agen BRILink secara lengkap yang bisa di download dan di edit sekalian.

Contoh Pembukuan Agen BRILink

Fungsi Pembukuan Agen BRILink

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai contoh-contoh pembukuan dari agen BRI Link itu sendiri, Anda juga perlu mengetahui fungsi dari pembukuan atau catatan dari agen BRILink. Adapun fungsi dari pembukuan agen BRILink sendiri yaitu seperti:

  • Pertama, mengetahui dan memastikan jumlah transaksi sudah dilakukan dalam per hari dan per bulan tanpa harus mencetaknya dari mesin EDC maupun website portal BRILink. Namun Anda harus mencatat setiap transaksi yang dilakukan jangan sampai ada yang terlewat.
  • Kedua, guna sebagai file penyimpanan rekening nasabah. Karena banyak nasabah yang kerap mengatakan “Masih ada nomor rekeningnya?” saat melakukan transaksi lewat agen BRILink. Dengan begitu, agen BRILink hanya perlu cukup cari dengan cara CTRL+F, lalu ketik nama pemilik rekening.
  • Ketiga, sebagai catatan rincian transaksi yang sudah pernah agen BRILink lakukan. Di mana tujuan nantinya untuk di input ke file catatan keuangan dari agen BRILink.
Baca  7 Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Mudah dan Cepat

Contoh Pembukuan Agen BRILink

Jika sudah tahu akan fungsi dari pembukuan dari agen BRILink, maka lanjut ke pembahasan utama mengenai contoh dari pembukuan agen BRILink-nya. Di mana nantinya akan ada dua macam pembukaan, yaitu pembukuan modal dan keuntungan serta pembukuan transaksi agen BRILink.

1. Contoh Pembukuan Modal & Keuntungan

Contoh Pembukuan Modal Keuntungan

Supaya nantinya pembukuan tertata rapi, para agen BRILink perlu dan wajib membuat catatan keuangan harian baik itu masuk dan keluar. Isinya berupa tabel yang berisi modal dan keuntungan (laba) agen BRILink yang didapat.

Jika sudah dapatkan format pembukuan modal dan keuntungan agen BRILink di atas, maka lanjut dengan mengisi dari hari dan tanggal, saldo rekening BRI, uang cash jika nasabah melakukan transaksi dengan uang cash, jumlahkan pada kolom Total.

Lalu untuk CARA MENGHITUNG KEUNTUNGAN AGEN BRILINK, sudah pernah di bahas di pembahasan sebelumnya. Namun jika melihat di atas untuk hitung keuntungan Anda hanya perlu menggunakan rumus Total dikurangi Modal.

Dengan catatan, fee nantinya tidak masuk setelah transaksi, namun diberikan pada periode tertentu oleh pihak bank BRI. Sehingga itu diluar dari keuntungan yang didapat oleh agen BRILink tersebut.

2. Contoh Pembukuan Transaksi

Contoh Pembukuan Transaksi

Sedangkan untuk pembukuan dari semua transaksi yang ada seperti transfer, tarik tunai, setor tunai, pembelian pulsa, pembelian token listrik, biaya ke nasabah oleh agen BRILink (biaya admin) dan lain-lain.

Pembukuan bersifat harian/bulanan, serta pembukuan juga bersifat mempermudah transaksi bagi pelanggan yang sering melakukan transfer ke nomor rekening tertentu. Sehingga nasabah tidak perlu menyebutkan nomor rekening kembali, karena agen memiliki pembukuannya.

Download Contoh Pembukuan Agen BRI Link

Jika sudah tahu fungsi dan contohnya, Anda yang membutuhkan format pembukuan agen BRI Link bisa saja unduh dan edit di sini.

  • Download contoh pembukuan modal & keuntungan agen BRI Link DISINI.

  • Download contoh pembukuan transaksi agen BRI Link DISINI.

Itu dia contoh pembukuan agen BRILink baik pembukuan modal dan keuntungan beserta pembukuan transaksi yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya contoh-contoh format pembukuan agen BRILink di atas bisa membantu bagi Anda agen BRILink baru untuk memudahkannya.

Baca  30 Cara Membuat Rekening BRI Online 2021 : Syarat & Setoran Awal