√ Fungsi Tombol Mesin ATM : ATM BRI, BCA, BNI, Mandiri & Lainnya

Fungsi Tombol Mesin ATM – Setelah pembukaan rekening bank, nantinya Anda akan menjadi salah satu nasabahnya. Dengan begitu, Anda akan mendapat berbagai macam layanan fasilitas perbankan.

Seperti misalnya Anda mendapatkan buku tabungan, kartu ATM, layanan MESIN ATM, bahkan sampai layanan e-Banking. Di mana kartu ATM sendiri bisa digunakan dalam bertransaksi nantinya di mesin ATM.

Nah, bagi nasabah baru tentu saja akan sedikit asing dengan fisik dari unit mesin ATM. Dengan begitu, perlu mengetahui apa saja fungsi dan komponennya. Sebenarnya lebih kepada tombol-tombol yang ada di mesin ATM.

Karena tombol-tombol tersebut nantinya sangat berguna saat nasabah mulai bertransaksi seperti cek saldo, tarik tunai, transfer, pembayaran dan lainnya. Dengan begitu, perlu pemahaman terlebih dahulu mengenai tombol-tombol itu sendiri.

Fungsi Tombol Mesin ATM

Fungsi Tombol Mesin ATM

Nah, pada pembahasan kali ini sendiri pakaiatm.com akan sampaikan secara lengkap mengenai tombol di mesin ATM baik itu mesin ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri atau ATM bank lain serta fungsi-fungsinya. Lebih lengkapnya, simak pembahasan ini sampai akhir.

1. Tombol Angka

1. Fungsi Tombol Angka Mesin ATM

Tombol pertama yang pastinya ada di sebuah mesin ATM apa saja yaitu mengenai tombol angka, di mana ada angka 0 – 9 serta huruf di dalam angkanya. Fungsinya sendiri untuk memasukkan PIN, nomor rekening dan nominal jumlah uang.

2. Tombol Accept (Enter)

2. Tombol Accept Enter

Tombol kedua ada tombol Accept, tombol ini berwarna hijau dan letaknya berada di samping dari tombol angka. Fungsinya sendiri yaitu untuk menyetujui setiap angka seperti misalnya PIN, nomor rekening, nominal yang telah dimasukkan.

Baca  √ Jam Operasional Bank Syariah Hari ini 2021 : BUMN, Swasta & BUMD

Selain itu tombol Accept juga biasanya di beri nama dengan tombol Enter namun tetap berwarna hijau yang sama saja berwarna hijau. Atau bisa juga disebut dengan SoftKey saat Anda ingin bertransaksi namun tidak menggunakan kartu ATM.

3. Tombol Cancel

3. Tombol Cancel

Memiliki warna merah, tombol Cancel sendiri memiliki fungsi untuk membatalkan transaksi dan secara otomatis mengeluarkan dari menu atau bisa juga mengeluarkan kartu ATM dari mesin ATM.

4. Tombol Correction (Clear)

4. Tombol Correction Clear

Tombol selanjutnya ada tombol Correction, tombol ini berwarna kuning dan berada di barisan tombol-tombol di atas. Fungsi tombol ini sendiri yaitu untuk menghapus seluruh angka seperti PIN, nomor rekening, nominal yang telah dimasukkan. Biasanya di mesin ATM ada juga tombol Correction yang di beri nama Clear.

5. Tombol Help

5. Tombol Help

Tombol Help, biasanya di ada di beberapa mesin ATM tidak di berikan suatu keterangan apa-apa. Di mana tombol ini berguna dan dapat digunakan oleh teknisi mesin ATM atau pihak bank saja.

6. Tombol Fungsi

Mungkin ini menjadi tombol cukup penting lainnya, di mana pada tombol Fungsi sendiri memiliki fungsi untuk memilih setiap transaksi yang di lakukan jika mesin ATM belum touchscreen. Letaknya sendiri berada di samping layar.

7. Tombol Karakter

Tombol selanjutnya yang ada pada mesin ATM yaitu tombol Karakter (*,-,#,+). Tombol gabung dengan tombol angka dan memiliki fungsi sebagai kode program ketika mesin ATM sedang dilakukan perbaikan oleh teknisi.

8. Tombol A-Z

Selain tombol-tombol di atas, ada juga tombol huruf A-Z yang memiliki fungsi untuk mengetikkan atau menuliskan kata jika diminta oleh mesin. Tombol ini juga sama seperti tombol di atas yaitu berada sama dengan tombol angka dan digunakan hanya oleh teknisi.

Baca  √ Kode Bank Riau Kepri Syariah & Kode Transfer Dari Semua Bank 2021

9. Tombol QWERTY

9. Fungsi Tombol QWERTY di Mesin ATM

Tidak hanya tombol yang sudah disebutkan, Anda juga papan tombol QWERTY. Namun hanya di beberapa mesin tertentu saja tombol ini berada. Untuk fungsinya sama yaitu untuk mengetikkan atau menuliskan kata.

Mungkin itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai tombol-tombol secara umum yang ada di mesin ATM. Baik itu mesin ATM BRI, BCA, BNI Mandiri, maupun mesin ATM Lainnya.