7 Posisi Kartu ATM yang Benar : BRI, BNI, BCA & Mandiri

Posisi Kartu ATM yang Benar – Bagi seorang nasabah bank yang telah buka atau bikin rekening tabungan, nantinya akan mendapatkan sebuah buku tabungan dan kartu ATM. Dengan kedua fasilitas inilah nantinya nasabah bisa melakukan transaksi.

Untuk buku tabungan sendiri nantinya berfungsi sebagai pencatatan semua transaksi yang pernah terjadi dan dilakukan oleh nasabah baik itu kredit atau debit. Sedangkan kartu ATM, berfungsi sebagai media untuk melakukan transaksi di mesin ATM.

Transaksi yang dilakukan di mesin ATM sendiri cukup beragam seperti misalnya transfer, tarik tunai, setor tunai, cek saldo, kirim uang, pembayaran, pembelian serta beberapa transaksi lainnya. Dengan transaksi di mesin ATM, nanti akan membuat nasabah tidak perlu antri seperti jika datang ke kantor.

Namun terkadang bagi nasabah bank BRI, BNI, BCA, Mandiri dan bank-bank lain yang baru membuat rekening tabungan dan kartu ATM masih bingung mengenai cara menggunakannya di mesin ATM. Terutama pada posisi maupun letak dari kartu ATM nya seperti apa.

Posisi Kartu ATM yang Benar : BRI, BNI, BCA & Mandiri

Nah, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan menyampaikan informasi mengenai posisi kartu ATM yang benar saat digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM. Agar lebih jelas dan paham lagi mengenai posisi kartu ATM yang benar tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini.

Posisi Kartu ATM yang Benar

Posisi Kartu ATM yang Benar

Posisi kartu ATM yang tepat memang menjadi salah satu kunci keberhasilan agar transaksi di unit ATM bisa berjalan dengan lancar. Dengan begitu, para nasabah dan pengguna kartu ATM baru perlu paham benar atas posisi dari kartu ATM nya.

Baca  20 Cara Membuka Blokir ATM CIMB Niaga Tanpa ke Bank

Untuk menghindari kesalahan serta kegagalan akibat posisi kartu ATM yang salah, ada baiknya Anda para nasabah harus melihat dan lihat petunjuk posisi yang diberikan pada unit ATM. Biasanya ini terletak di dekat dari lubang kartu ATM berupa gambar atau stiker.

Untuk posisi kartu ATM sendiri, bisa dibilang semua bank hampir memberlakukan peraturan yang sama terkait posisi dari kartu ATM yang benar saat ingin bertransaksi di mesin ATM. Di mana letak posisi dari kartu ATM itu sendiri seperti:

  • Garis hitam (Magnetic stripe) berada di posisi bawah.
  • Garis hitam (Magnetic stripe) berada disebelah kanan.
  • Logo bank di posisi atas di depan samping kanan.
  • Logo jenis jaringan di posisi atas di samping kiri.
  • Posisi kartu yang ada chip di atas dan bagian depan.

Namun bagi pengguna baru yang masih merasa bingung atas posisi dari kartu ATM yang tepat seperti apa? Berikut akan disampaikan secara lengkap dengan gambarnya di bawah ini.

1. Posisi Kartu ATM BRI

1. Posisi Kartu ATM BRI

2. Posisi Kartu ATM BNI

2. Posisi Kartu ATM BNI

3. Posisi Kartu ATM BCA

3. Posisi Kartu ATM BCA

4. Posisi Kartu ATM Mandiri

4. Posisi Kartu ATM Mandiri

Catatan : Jadi jangan sampai salah posisi saat memasukkan kartu ATM agar transaksi Anda bisa berjalan lancar tanpa harus ada kendala seperti penolakan atau bahkan sampai kartu ATM tertelan.

Apa yang Terjadi Saat Posisi Kartu ATM Salah?

Apa yang Terjadi Saat Posisi Kartu ATM Salah?

Selain mengetahui posisi dari kartu ATM yang benar seperti apa, Anda juga perlu tahu mengenai hal apa yang terjadi saat nantinya salah dalam memposisikan kartu ATM ketika bertransaksi. Ada beberapa hal yang bisa terjadi, seperti misalnya:

1. Mesin ATM Menolak

Saat memasukkan dengan posisi yang tidak benar, secara otomatis mesin ATM akan menolaknya. Dengan begitu, transaksi yang akan dilakukan seperti cek saldo, tarik tunai, transfer serta lainnya akan sedikit tertunda.

Baca  Pinjaman Koperasi Alfamart 2022 : Layanan, Syarat & Tanggal Pencairan

2. Gagal Transaksi

Selain menolak, kartu ATM memiliki posisi tidak tepat juga akan menyebabkan kegagalan transaksi yang dilakukan. Dan bisanya kartu akan dikeluarkan lagi dari lubang keluar masuknya kartu ATM.

3. Kartu ATM Tertelan

Selain kedua hal di atas, jika kondisi mesin ATM error saat Anda memasukkan kartu ATM bisa saja membuat kartu ATM Anda tertelan ke dalam mesin ATM. Jika sudah demikian, maka Anda hanya perlu mengurusnya di kantor cabang.

Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Masuk Walaupun Posisi benar

Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Masuk Walaupun Posisi benar

Hal inti bisa diakibatkan oleh kartu ATM yang tidak bisa masuk ke mesin ATM padahal posisinya sudah benar yaitu karena strip magnetic yang berwarna hitam di kartu ATM mengalami rusak, lecet dan tergores. Namun, bisa juga dikarenakan KARTU ATM RUSAK atau KARTU ATM KADALUARSA dan sudah tidak berlaku.

Mungkin seperti itu saja informasi yang dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai posisi yang benar dari kartu ATM saat bertransaksi di mesin ATM. Dengan adanya informasi posisi kartu ATM di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua, terutama bagi nasabah bank baru yang masih bingung saat pertama kali transaksi.