Pengertian Apa Itu Mesin EDC dan Manfaatnya

Apa Itu Mesin EDC – Pada jaman yang serba modern seperti saat ini, mesin EDC tentu sudah tidak asing lagi bagi anda yang sering berbelanja, pada saat melakukan transaksi pembayaran di kasir biasanya anda akan di berikan pilihan untuk membayar menggunakan uang cash atau menggunakan kartu atm baik debit maupun kredit, nah mesin yang akan digunakan untuk proses pembayaran inilah yang dinamakan mesin EDC.

Mesin EDC merupakan kependekan dari Electonic Data Capture. mesin ini merupakan alat yang dapat menerima pembayaran yang langsung daapt menghubungkan antar rekening bank, fungsi dari mesin ini adalah untuk memindahkan dana secara realtime dan cepat, sehingga kemudahan transaksi akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang telah menggunakan mesin EDC untuk melakukan proses pembayaran.

Saat ini kalian tidak perlu bingung ketika ingin melakukan transaksi namun tidak membawa uang cash, jika anda memiliki kartu atm maka dapat menggunakan mesin EDC untuk pembayarannya, namun perlu hati-hati jika anda menggunakan kartu atm jangan sampai hilang karena cara melacak kartu atm yang hilang tidaklah mudah, anda harus mengikuti beberapa cara yang cukup panjang untuk mendapatkan kartu atm kembali.

Mesin EDC saat ini sudah mudah ditemui hampir di seluruh pusat perbelanjaan, caffe, resto, pom bensin, dan bahkan toko-toko kecil sudah ada yang menggunakan mesin EDC untuk kemudahan bertransaksi serta menghemat waktu karena waktu yang dibutuhkan saat melakukan transaksi lebih cepat jika dibandingkan anda membayar total belanjaan dengan uang cash. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih menggunakan ATM.

Pengertian Tentang Apa Itu Mesin EDC

Pengertian Tentang Apa Itu Mesin EDC

Mungkin anda masih bingung dengan ulasan diatas? nah artikel ini akan membahas tuntas mengenai mesin EDC yang tanpa sadar anda sering menggunakannya untuk melakukan transaksi pembayaran. Simak infromasinya secara lengkap di bawah ini.

Jenis-jenis Mesin EDC

Jenis jenis Mesin EDC

Setiap bank yang menerbitkan mesin EDC memiliki jenis-jenis yang berbeda, namun pada umumnya semua memiliki cara kerja yang hampir mirip, untuk lebih jelasnnya, simak ulasan dibawah ini.

  1. GPRS Mobile. mesin EDC ini dapat dibilang mesin EDC portabel karena dapat digunakan dimana saja, mesin EDC mobile menggunakan sinyal seperti handphone sehingga mesin ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha.
  2. GPRS Power, mesin EDC yang satu ini terbilang cukup ribet karena harus terhubung langsung dengan kontak PLN,mesin ini biasanya digunakan saat tidak ada sinyal atau jaringan operator.
  3. Fixed Line (Line Telepon), untuk anda yang menggunakan mesin EDC jenis ini harus menggunakan jaringan kabel dari telkom, maka dari itu pemilik mesin EDC jenis ini harus menambah biaya untuk berlangganan jaringan tersebut.

Manfaat Memiliki Mesin EDC Untuk Usaha

Manfaat Memiliki Mesin EDC Untuk Usaha

Untuk anda yang memiliki usaha di bidang retail, tentu saja sangat membutuhkan adanya mesin EDC untuk membantu kelancaran bisnis anda, seiring dengan kemajuan jaman, masyarakat saat ini sudah banyak yang menggunakan kartu ATM baik itu kartu debit ataupun kartu kredit.Masih banyak manfaat lainnya yang dapat anda rasakan ketika menggunakan mesin EDC pada proses pembayaran konsumen antara lain.

  • Penggunaan mesin EDC sangat menghemat waktu serta menghemat biaya operasional untuk mengurus uang dari hasil pembayaran para konsumen. Karena jika menggunakan mesin EDC pembayaran konsumen langsung masuk ke rekening bank.
  • Manfaat lain penggunaan mesin EDC adalah mampu meningkatkan penjualan, hal ini didasari dengan adanya kemudahan bertransaksi tentu saja dapat menarik minat konsumen untuk belanja di tempat yang menyediakan mesin EDC.
  • Hal lain yang dapat menjadi manfaat penggunaan mesin EDC adalah ketika saingan bisnis anda belum menggunakan mesin EDC, maka anda dapat lebih bersaing karena memiliki nilai tambahan bagi konsumen.

Syarat Pengajuan Memiliki Mesin EDC Ke Bank

Syarat Pengajuan Memiliki Mesin EDC Ke Bank

Untuk dapat menyimpan dana dari pembayaran konsumen, anda sebagai pemilik usaha harus memiliki rekening bank yang bersangkutan. Anda dapat mengajukan beberapa dokumen untuk mendapatkan mesin EDC, ada syarat dan ketentuan yang harus anda penuhi diantaranya. Namun perlu anda ketahui bahwa masing-masing bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda.

  • Membawa Fotocopy KTP/Passport
  • Membawa NPWP
  • Membawa Surat Keterangan Domisili/SIUP/TDP
  • Membawa Sertifikat Kepemilikan Tempat/Surat Keterangan Sewa Tempat Usaha.
  • Membawa Akta Pendirian
  • Mengisi Formulir Permohonan
  • Membawa Rekening Tabungan/Giro

Cara Menggunakan  Mesin EDC

Cara Menggunakan Mesin EDC 1

Cara kerja dari mesin EDC hampir mirip dengan cara kerja mesin ATM, namun kedua mesin ini sangat berbeda, dapat dilihat dari ciri fisiknya jika mesin ATM besar dan memiliki layar yang lebar, tentu saja berbeda dengan mesin EDC karena memiliki tombol yang kecil dan layar yang kecil pula. Cara kerja mesin EDC dapat anda lihat dibawah ini :

  • Kasir akan menggesekkan kartu ATM anda pada mesin EDC
  • Kemudian kasir akan masukkan nominal transaksi
  • Lalu kasir akan meminta anda memasukan nomor pin ATM
  • Lanjut tekan enter (tombol warna hijau)
  • Tunggu sampai struk transaksi keluar dari mesin EDC

Itulah beberapa infromasi mengenai apa yang dimaksud dengan mesin EDC, penjelasan diatas mulai dari jenis-jenis mesin EDC, manfaat penggunaan mesin EDC dan masih banyak lainnya telah kita sajikan secara lengkap untuk anda, semoga dapat membantu anda dalam menentukan mesin EDC mana yang akan anda gunakan sebagai alat pembayaran demi kelancaran bisnis anda.