Kartu ATM BTN Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab & Mengatasi

Kartu ATM BTN Tidak Bisa Digunakan – Meskipun saat ini sudah eranya teknologi yang canggih. Namun setiap bank masih mengandalkan kartu ATM atau kartu debit untuk nasabahnya guna melangsungkan transaksi di mesin ATM maupun mesin EDC.

Advertisements

Setiap nasabah yang membuka rekening tabungan nantinya akan mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan untuk transaksi. Dengan kartu ATM tersebutlah nantinya Anda bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, tarik tunai, pembayaran dan lainnya di mesin.

Namun dalam urusan transaksi tersebut, nantinya nasabah bank tidak terkecuali nasabah Bank Tabungan Negara (BTN) akan menemui sebuah masalah. Seperti misalnya kartu ATM gagal transaksi, tidak bisa transfer, tidak bisa cek saldo, tidak bisa bisa digunakan, kartu terblokir serta lainnya.

Advertisements

Mengenai hal itu, tentu saja akan membuat nasabah BTN akan sedikit tertunda proses transaksi menggunakan kartu ATM tersebut. Sampai nantinya Anda mengatasi permasalahan yang menyebabkan kartu ATM tidak bisa digunakan.

Kartu ATM BTN Tidak Bisa Digunakan

Kartu ATM BTN Tidak Bisa Digunakan

Nah pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sajikan informasi terkait kartu ATM BTN tidak bisa digunakan lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya. Jadi terus untuk simak pembahasan kartu ATM tidak bisa digunakan di bawah ini sampai akhir.

Advertisements

Penyebab Kartu ATM BTN Tidak Bisa Digunakan

Berbicara mengenai kartu ATM tidak bisa digunakan sendiri ada banyak pokok permasalahan yang ada. Namun secara umum dan garis besar, permasalahan kartu ATM tidak bisa digunakan tersebut adalah seperti berikut:

Baca  √ Kartu ATM BNI PNM Mekaar 2021 : Layanan & Limit Transaksi

1. Kartu ATM Terblokir

Pertama, kartu ATM tidak bisa digunakan bisa terjadi karena kartu ATM terblokir. Terblokir itu sendiri bisa karena salah PIN 3 kali, Anda meminta untuk diblokir akibat kartu tertelan atau hilang maupun terblokir otomatis oleh pihak bank BTN karena ada indikasi transaksi mencurigakan.

2. Kartu ATM Rusak

kedua, kartu ATM tidak bisa digunakan juga bisa dikarenakan oleh kartu ATM rusak seperti pita hitam tergores, kartu ATM patah, atau chip ATM tidak terdeteksi. Sehingga saat bertransaksi di mesin ATM atau mesin EDC akan menyebabkan error dan memunculkan keterangan di layar.

Advertisements

3. Kartu ATM Expired

Ketiga, kartu ATM tidak bisa digunakan diakibatkan oleh kartu ATM yang sudah tidak aktif, expired atau kadaluarsa. Seperti Anda ketahui sendiri jika kartu ATM memiliki masa aktif selama 5 tahun, untuk memastikan jika kartu masih aktif atau tidak coba lihat valid thru dibagian depan kartu ATM.

4. Dalam Kondisi Dormant

Keempat, kartu ATM tidak bisa digunakan juga diakibatkan karena kartu ATM dalam kondisi status dormant. Dormant sendiri adalah kondisi dimana rekening tidak ada sama sekali transaksi selama kurun waktu tertentu, umumnya yaitu 3 bulan dan saldo di dalamnya berada dibawah minimal mengendap.

5. Belum Ganti Kartu Chip

Terakhir, kartu ATM tidak bisa digunakan juga diakibatkan oleh penggunaan kartu ATM yang lama dan belum dibekali teknologi chip. Karena seperti Anda ketahui sendiri jika belum mengganti kartu ATM lama ke kartu ATM chip, maka nantinya tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Kartu ATM BTN Tidak Bisa Digunakan

Setelah tahu apa saja penyebab yang menjadikan kartu ATM BTN tidak bisa dipakai untuk transaksi, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Di mana cara mengatasi menyesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Baca  √ Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai : 10 Penyebab & Mengatasi

1. Buka Blokir & Aktifkan Kembali

Jika dikarenakan kartu ATM terblokir, silakan datang ke kantor cabang bank BTN untuk melakukan pembukaan blokir tersebut. Saat pembukaan blokir dan kartu ATM masih ada maka Anda hanya dikenai biaya Rp 5.000.

Untuk kelancaran pemprosesan tersebut, silakan datang ke kantor dengan membawa syarat ketentuan seperti misalnya kartu ATM, buku rekening tabungan BTN, identitas diri (KTP/SIM/paspor) dan uang tunai.

2. Ganti Kartu

Namun jika permasalahan tidak bisa digunakan karena kartu ATM rusak, kartu ATM kadaluarsa, kartu ATM hilang, kartu ATM tertelan, dan masih menggunakan kartu ATM  maka bisa diatasi dengan ganti kartu ATM baru di kantor cabang.

  • Pertama silakan datang ke kantor cabang bank BTN.
  • Silakan ambil dan tunggu nomor antrean.
  • Tiba giliran, silakan sampaikan pada CS jika Anda ingin ganti kartu karena alasan tadi.
  • Selanjutnya pihak CS bank BTN akan memproses dan Anda perlu tunggu.
  • Jika sudah selesai, maka Anda akan diberikan kartu ATM baru dan diminta membuat PIN ATM.
  • Dengan demikian ganti kartu ATM baru berhasil.

Catatan : Silakan bawa syarat seperti identitas diri (KTP/SIM/paspor), buku rekening tabungan BTN, kartu ATM lama, uang tunai, dan surat kehilangan (Jika kartu ATM BTN hilang). Untuk biaya ganti kartu ATM BTN yaitu Rp 20.000 – Rp 50.000. (Ganti kartu ATM lama ke kartu ATM chip gratis).

Mungkin seperti itulah informasi terkait kartu ATM BTN tidak bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM atau EDC yang bisa pakaiatm.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi kartu ATM tidak bisa digunakan di atas bisa bermanfaat.

Advertisements