3 Cara Cetak Bukti Transfer BTN 2020 : Fungsi & Penyebab

Cara Cetak Bukti Transfer BTN – Bertransaksi seperti penarikan uang, transfer maupun pembayaran di mesin ATM. Pastinya akan mendapatkan bukti struk yang dikeluarkan dari mesin ATM itu sendiri.

Anda pastinya sudah tidak asing dengan bukti struk transaksi tersebut, karena mesin ATM setiap bank nasional sudah memberlakukannya. Dimana hal tersebut sebagai bukti transaksi sah yang pernah dilakukan.

Namun tidak semua nasabah yang transaksi di mesin ATM akan bisa berjalan mulus, terkadang ada saja hambatannya. Seperti kartu ATM tertelan, mesin ATM tidak mengeluarkan struk dan masalah lainnya.

Jika mengalami masalah berupa tidak mengeluarkan struk transferan, pastinya nasabah perlu melakukan cara cetak ulang sebagai bukti transfer yang sah. Seperti BAYAR UKT UIN atau ke online shop yang harus menyertakan bukti transfernya.

Cara Cetak Bukti Transfer BTN Cepat dan Mudah

Cara Cetak Bukti Transfer BTN Cepat dan Mudah

Nah pada kesempatan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai cara cetak bukti transfer BTN akibat saat transaksi di mesin ATM tidak mengeluarkan bukti transfernya. Dalam cara cetak bukti transfer ini sendiri terbilang cukup banyak pilihannya, karena nasabah bank BTN dapat melakukan dengan beberapa cara seperti:

Cetak Bukti Transfer lewat Mesin ATM BTN Lain

Cetak Bukti Transfer lewat Mesin ATM BTN Lain

Cara pertama yang bisa nasabah bank BTN lakukan untuk mencetak bukti transfer akibat tidak keluarnya struk di mesin ATM yaitu dengan cara cek mutasi atau cetak rekening koran di mesin ATM BTN lainnya. Untuk cara atau langkahnya bisa dikatakan cukup mudah.

  • Langkah pertama datangi mesin ATM BTN lain.
  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
  • Pilih bahasa dan masukkan PIN ATM BTN.
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA.
  • Pilih REKENING KORAN.
  • Nantinya akan muncul pemberitahuan di layar mengenai biaya yang dikenakan saat cetak rekening koran. Dimana besaran cetak bukti transfer atau rekening koran tersebut yaitu Rp 1.000, langsung saja pilih YA.
  • Pilih TABUNGAN.
  • Terakhir mesin ATM BTN akan memproses dan mengeluarkan struk rekening koran yang berisi 10 transaksi terakhir baik itu debet atau kredit.

Cara Cetak Bukti Transfer lewat Kantor BTN

Cara Cetak Bukti Transfer lewat Kantor BTN

Untuk cara kedua sendiri bisa dikatakan tidak jauh mudahnya seperti cara cetak bukti transfer diatas. Nantinya nasabah jika melakukan cara cetak bukti transfer dengan cara ini hanya perlu datang ke kantor bank BTN.

Temui petugas dan sampaikan maksud kedatangannya dimana anda akan melakukan cetak bukti transfer atau rekening koran. Kemudian petugas akan mulai memproses dengan meminta peseryaratan seperti:

  • Buku rekening tabungan bank BTN.
  • Kartu ATM.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), sebagai tanda bukti kepemilikan rekening tersebut.

Cetak Bukti Transfer lewat Layanan Mobile/ Internet Banking BTN

Cetak Bukti Transfer lewat Layanan Mobile Internet Banking BTN

Jika cara cetak bukti transfer diatas masih dikatakan kurang sederhana karena harus mendatangi mesin ATM atau kantor cabang. Maka anda bisa gunakan layanan mobile atau internet banking, untuk melihat status transaksi terakhirnya.

Mungkin layanan mobile dan internet banking dari bank BTN bisa di manfaatkan untuk memberikan bukti jika anda telah melakukan transfer. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan, dimana anda hanya perlu masuk dan login ke layanan mobile/internet banking.

Setelah itu lihat di status transaksi, nantinya akan muncul transaksi yang di maksud. Jika bukti transfer tersebut yang diperlukan maka simpan, bagikan atau screenshoot untuk membuktikan jika sudah melakukan transfer.

Fungsi Bukti Transfer BTN

Fungsi Bukti Transfer BTN

Jika sudah mengetahui mengenai cara cetak bukti transfernya, berikutnya akan disampaikan juga mengenai fungsi dari bukti transfer tersebut. Fungsinya juga tentu sangat bermanfaat, seperti:

  • Untuk mengetahui riwayat transaksi yang dilakukan oleh nasabah BTN.
  • Digunakan sebagai bukti pembayaran yang sah.
  • Untuk pencegahan penipuan maupun penyalahgunaan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Penyebab ATM BTN Tidak Mengeluarkan Struk

Penyebab ATM BTN Tidak Mengeluarkan Struk

Nah jika anda nasabah BTN mengalami masalah berupa tidak keluarnya struk dari mesin ATM sehabis melakukan transfer, maka itu bisa dikarenakan oleh beberapa masalah. Namun faktor masalah tersebut biasanya hadir akibat seperti:

  • Mesin ATM BTN yang benar-benar sedang mengalami kerusakan atau gangguan sistem.
  • Atau bisa juga dikarenakan kertas yang digunakan untuk pencetakan struk di dalam mesin ATM BTN sedang habis dan petugas belum mengisinya kembali.

Mungkin itulah informasi yang dapat pakaiatm.com sampaikan untuk anda semua mengenai cara cetak bukti transfer BTN dari beberapa cara yang ada. Semoga cara cetak bukti transfer tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.