Kartu ATM CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan (Penyebab & Solusi)

Kartu ATM CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan – Di era serba bank digital saat ini, penggunaan kartu ATM atau debet mungkin tetap menjadi salah satu hal terpenting bagi sebagian nasabah. Terutama bagi nasabah CIMB Niaga yang belum memiliki dan mengaktifkan layanan onlinenya.

Karena dengan kartu ATM inilah nantinya Anda bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai, transfer dan lainnya di mesin ATM. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembayaran belanjaan di mesin EDC atau mesin ATM mini di beberapa merchant yang sudah menyediakannya.

Kendati demikian, dalam penggunaan kartu ATM tersebut pastinya akan ada kendala yang bisa terjadi dan menghambat proses transaksi Anda dengan kartu ATM tersebut. Seperti misalnya LUPA PIN ATM, KARTU ATM RUSAK, kartu ATM kadaluarsa, kartu ATM tidak bisa digunakan dan lain sebagainya.

Nah bagi nasabah CIMB Niaga yang pernah mengalami masalah kartu ATM tidak bisa digunakan, tentu akan bertanya mengenai apa penyebab dan cara mengatasinya. Sehingga proses transaksi yang diinginkan nantinya bisa dapat dilakukan kembali.

Kartu ATM CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan

Kartu ATM CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan

Dengan begitu, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan coba sampaikan informasi kartu ATM CIMB Niaga tidak bisa digunakan secara lengkap baik dari penyebab dan cara mengatasinya. Jadi, untuk lebih jelasnya simak pembahasan kartu ATM tidak bisa digunakan sampai akhir.

Baca  √ Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan : Penyebab & Solusi

Penyebab Kartu ATM CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Kartu ATM CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan

Lalu apa saja penyebab yang menjadikan kartu ATM CIMB Niaga tidak dapat dipakai bertransaksi di mesin ATM atau layanan lain?. Mengenai hal itu, ada beberapa penyebab kenapa kartu ATM tidak bisa digunakan. Inilah beberapa penyebab tersebut:

1. Masa Aktif Kartu ATM Habis (Valid Thru)

Faktor pertama, kartu ATM CIMB Niaga tidak dapat digunakan dikarenakan oleh masa aktif dari kartu ATM yang habis (Valid Thru). Seperti sudah diketahui sendiri jika kartu ATM memiliki masa aktif 5 tahun saja. Jadi, saat kartu ATM tidak bisa digunakan periksa di bagian depan apakah kartu ATM masih aktif atau sudah expired.

2. Kartu ATM Berstatus Dormant

Penyebab kedua, kartu ATM CIMB Niaga tidak dapat digunakan atau diakses untuk transaksi juga bisa dikarenakan oleh kartu ATM yang berubah status menjadi pasif atau dormant. Secara umum kartu ATM CIMB Niaga dormant disebabkan oleh nasabah CIMB Niaga yang tidak pernah menggunakan kartu ATM untuk transaksi dalam jangka lama (180 hari).

3. Kartu ATM BNI Rusak

Penyebab ketiga, kartu ATM CIMB Niaga tidak dapat digunakan juga terjadi karena kartu ATM rusak dan ada cacat pada fisik kartunya. Kerusakan ini biasanya terjadi pada pita hitam yang tergores, kartu patah maupun retak. Dengan begitu, saat digunakan untuk transaksi di mesin ATM mengalami mesin akan menolaknya.

4. Kartu ATM Terblokir

Selain ketiga penyebab di atas, kartu ATM terblokir juga bisa menjadikan kartu ATM tidak bisa digunakan. Faktor terblokir sendiri ada beberapa hal, namun secara umum diblokir oleh pihak bank karena disinyalir ada transaksi mencurigakan.

Baca  5 Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Kredit Yang Wajib Diketahui

Cara Atasi Kartu ATM CIMB Niaga Tidak dapat Digunakan

Cara Mengatasi Kartu ATM CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan

Jika sudah tahu apa saja faktor penyebab yang menjadikan kartu ATM CIMB Niaga tidak dapat digunakan atau dipakai transaksi, maka Anda tinggal perlu tahu bagaimana solusi maupun cara mengatasinya. Di mana cara mengatasi itu sendiri akan tergantung dengan penyebab mengapa kartu ATM tidak bisa digunakan.

1. Aktifkan Kartu ATM Kembali

Cara mengatasi kartu ATM terblokir dan dormant adalah dengan mengaktifkan kartu ATM CIMB Niaga kembali di kantor cabang. Silakan sampaikan maksud tujuan kepada customer service tentang masalah yang terjadi. Namun jika kartu ATM dormant Anda bisa atasi dengan kirim uang/dana ke rekening CIMB Niaga tersebut.

Nantinya dana yang masuk ke rekening tersebut akan langsung terpotong otomatis oleh sistem untuk membayar tunggakan biaya-biaya yang ada, itu jika saldo di rekening CIMB Niaga yang dormant kosong. Jika masih ada saldo maka Anda langsung saja aktifkan di kantor cabang/counter.

2. Ganti Kartu ATM Baru

Lalu jika kartu ATM CIMB Niaga tidak dapat digunakan karena masa aktif habis dan kartu ATM alami kerusakan. Jalan satu-satunya untuk mengembalikan kartu ATM adalah dengan mengganti kartu ATM CIMB Niaga baru di kantor cabang terdekat.

Untuk kelancaran pergantian kartu ATM CIMB Niaga baru silakan bawa KTP, buku tabungan dan kartu ATM lama. Selain itu, jangan lupa untuk bawa uang tunai guna pembayaran biaya ganti kartu ATM baru tersebut. Di mana biaya ganti kartu ATM CIMB Niaga sebesar Rp 20.000.

Seperti itulah informasi dapat pakaiatm.com sajikan mengenai penyebab dan cara atasi kartu ATM CIMB Niaga tidak dapat digunakan. Adanya pembahasan kartu ATM tidak bisa digunakan transaksi di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua, terutama nasabah CIMB Niaga yang alami hal serupa.

Baca  Mandiri Online Connection Timeout & Cara Mengatasinya