√ Kartu ATM Invalid 2020 : Ciri, Penyebab & Cara Mengurus

Kartu ATM Invalid – Hadirnya fasilitas kartu ATM memang memudahkan setiap orang dalam melakukan transaksi seperti transfer, tarik tunai hingga pembayaran tagihan. Namun tahukah kalian jika fasilitas tersebut juga tidak luput dari masalah? salah satunya adalah gagal transaksi atau Invalid.

Masalah seperti ini umum terjadi pada semua pengguna kartu ATM. Nah, jika kalian pernah atau bahkan sedang mengalami masalah tersebut, dibawah ini kami akan menjelaskan solusinya secara lengkap.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui, salah satunya mengenai penyebab kartu ATM Invalid. Ya, setiap masalah pasti ada penyebabnya, lalu apa sih penyebab kartu ATM gagal transaksi ?

Jadi, kartu ATM yang mengalami masalah tersebut seringkali disebabkan oleh masalah server. Jika demikian, bisa dibilang tidak ada solusi lain kecuali menunggu hingga server normal.

Penyebab Kartu ATM Invalid Disertai Ciri-Ciri dan Cara Mengurusnya

Penyebab Kartu ATM Invalid Disertai Ciri Ciri dan Cara Mengurusnya

Namun lainya halnya jika masalah ATM Invalid terjadi karena salah memasukkan PIN, nomor rekening tujuan, kode pembayaran dan terblokir sebab kami mempunyai solusinya. Penasaran ? silahkan simak ulasan dibawah ini mengeni ciri-ciri, penyebab hingga solusi mengatasti kartu ATM Invalid dengan mudah.

Kartu ATM Invalid

Kartu ATM Invalid

Ketika kalian mendapati gagal transaksi di mesin ATM, besar kemungkinan kartu yang digunakan mengalami Invalid. Masalah seperti ini kerap ditandai dengan munculnya tulisan Transaksi Tidak Dapat Diproses atau Kartu Anda Tidak Diizinkan Digunakan, Silahkan Ambil Katu Anda pada layar mesin. Selain itu, ciri-ciri ATM Invalid juga bisa dilihat saat melakukan transfer, yaitu layar tidak mau menampilkan rincian transaksi seperti biasanya.

Penyebab Kartu ATM Invalid

Penyebab Kartu ATM Invalid

Kemudian masalah tersebut biasanya disebabkan oleh gangguan server atau sejenisnya. Bukan hanya itu, berikut ini kami telah merangkum beberapa penyebab umum kartu ATM gagal transaksi :

  • Salah input PIN ATM.
  • Nomor rekening tujuan kurang lengkap atau miss.
  • Saldo tidak mencukupi untuk transfer atau pembayaran tagihan.
  • Masalah server, baik dari mesin ATM maupun jaringannya.
  • Kartu ATM sudah kadaluarsa.
  • Kartu ATM terblokir.

Cara Mengurus ATM Gagal Transaksi

Jadi, selain masalah server, kartu ATM yang Invalid umumnya terjadi ketika KARTU ATM KADALUARSA atu terblokir. Lalu bagaimana cara mengurus atau memperbaiki kartu ATM yang tidak bisa melakukan transaksi ? setiap  masalah memiliki solusi masing-masing, silahkan simak selengkapnya dibawah ini :

Salah Input PIN / Nomor Rekening

Salah Input PIN atau Nomor Rekening

  1. Tekan tombol Cancel pada mesin ATM.
  2. Ambil kartu yang keluar dari slot mesin.
  3. Kemudian lakukan proses dari awal dan input password / nomor rekening tujuan dengan benar.

Saldo Tidak Mencukupi

Saldo Tidak Mencukupi

Jika ATM Invalid disebabkan oleh hal tersebut, satu-satunya solusi adalah melakukan isi saldo sesuai dengan jumlah lebih dari limit saldo ATM. Contoh : Bagi kalian nasabah BRI maka wajib mengisi saldo diatas 50.000 agar bisa melakukan transfer atau pembayaran.

Server Down / Masalah Server

Server Down atau Masalah Server

Khusus untuk masalah ini kalian tidak bisa megurusnya secara langsung, melainkan perlu menghubungi Call Center dari Bank yang tertera di kartu ATM. Atau menunggu hingga server kembali normal.

Kadaluarsa / Terblokir

Kadaluarsa atau Terblokir

  1. Siapkan berkas persyaratan seperti KTP, buku tabungan, kartu ATM dan biaya administrasi.
  2. Silahkan datang ke kantor cabang Bank terdekat ( sesuai dengan Bank yang digunakan ).
  3. Ambil nomor antrian Customer Service dan tunggu hingga tiba giliran.
  4. Jika sudah, silahkan temui petugas dan sampaikan pada mereka bahwa kalian ingin melakukan aktivasi kartu ATM yang terblokir atau kadaluarsa.
  5. Selanjuntya serahkan berkas persyaratan dan lengkapi formulir yang diberikan petugas.
  6. Setelah itu, petugas akan meminta kalian untuk melakukan setting ulang PIN ATM.
  7. Terakhir, lakukan pembayaran proses aktivasi kartu melalui Teller.
  8. Selesai.

NB : Biaya ganti kartu dibanderol mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 25.000 tergantung dari jenis ATM dan Bank yang digunakan. 

Tips Menghindari Kartu ATM Invalid

Tips Menghindari Kartu ATM Invalid

Kemudian kami juga memiliki beberapa tips agar masalah seperti diatas tidak kalian alami. Selain mudah, tips dan trik berikut ini akan menjaga kelancaran kalian saat melakukan transaksi di mesin ATM. Berikut adalah tips untuk menghindari kartu ATM gagal transaksi dari PakaiATM :

  • Pastikan kalian memasukkan nomor PIN dengan benar.
  • Periksa nomor rekening tujuan sebelum melanjutkan proses transfer.
  • Periksa saldo sebelum melakukan transfer atau pembayaran via mesin ATM.
  • Lakukan pergantian kartu sebelum melewati batas Valid Thru yang tertera di kartu ATM.

FAQ

1. Apa Itu Kartu ATM Invalid ?

Salah satu masalah yang menyebabkan gagalnya transaksi melalui mesin ATM. Hal ini terjadi ketika kalian mendapati notifikasi Transaksi Gagal / Kartu Tidak Dapat Digunakan pada layar monitor.

2. Apa yang Terjadi Jika ATM Mengalami Invalid ?

Segala jenis transaksi tidak dapat dilanjutkan.

3. Apa Penyebabnya ?

Seringkali masalah Invalid disebabkan oleh gangguan server atau kerusakkan pada mesin tersebut. Selain itu, masalah ini juga akan terjadi ketika kartu ATM yang digunakan terblokir atau sudah melewati batas Valid Thru.

4. Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Kartu ATM Invalid ?

Kalian bisa mengikuti tata cara diatas untuk mengatasi masalah tersebut sesuai dengan penyebabnya.

Itu saja informasi dari PakaiATM.com terkait ciri-ciri, penyebab hingga cara memperbaiki kartu ATM yang mengalami gagal transaksi atau Invalid. Seperti telah kami singgung diatas, bahwa masalah ini akan menganggu aktivitas kalian di mesin ATM seperti melakukan Transfer, Tarik Tunai dan pembayaran tagihan.