√ Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai : 10 Penyebab & Mengatasi

Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai – Dengan pembukaan rekening bank, mungkin Anda akan mendapatkan sebuah fasilitas berupa buku rekening dan kartu ATM yang dapat digunakan untuk transaksi di mesin ATM. Anda bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai, transfer, cek saldo dan lainnya.

Untuk selalu lancar dalam proses transaksi yang dimaksud, lakukanlah sesuai dengan prosedur ketentuan yang berlaku. Selain itu selalu ikuti panduan tips aman guna tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada kartu ATM dan isi saldo di dalam rekening tabungan Anda.

Dalam transaksi di mesin ATM dengan menggunakan kartu ATM, terkadang ada saja masalah muncul yang menjadikan transaksi tidak bisa dilakukan. Ada beberapa masalah yang kerap terjadi dan sering dialami oleh nasabah bank-bank di Indonesia seperti misalnya KARTU ATM TIDAK BISA CEK SALDO dan tarik tunai.

Jika demikian tentu saja Anda akan sedikit panik, apalagi saat cek saldo atau tarik tunai Anda yakin jika saldo di dalam rekening tabungan masih sisa dan mencukupi untuk batas mengendap minimal. Lalu apa sebenarnya penyebab dan masalah kartu ATM tidak bisa tarik tunai ?

Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Untuk Anda para nasabah yang bertanya akan hal seperti itu, karena mengalami permasalahan yang sama. Berikut akan pakaiatm.com sajikan mengenai apa saja faktor penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Dengan begitu, terus untuk simak dan ikuti pembahasan kartu ATM gagal tarik tunai ini sampai akhir.

Baca  12 Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu Blu BCA : Limit & Biaya Admin

Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Mengenai penyebab sendiri ada beberapa faktor umum yang menjadikan transaksi tarik tunai Anda gagal. Kegagalan dalam tarik tunai ini sendiri hampir akan semuanya sama di mesin ATM Bank-Bank di Indonesia. Adapun penyebab permasalahan tidak bisa tarik tunai itu sendiri seperti:

1. Kartu ATM Rusak

1. Kartu ATM Rusak

Penyebab tarik uang di ATM tidak bisa pertama bisa saja dikarenakan oleh kartu ATM yang rusak, seperti misalnya strip magnetik (pita hitam) pada kartu ATM terdapat luka atau goresan. Selain itu bisa juga terjadi karena CHIP ATM TIDAK TERDETEKSI.

2. Mesin ATM Bermasalah

2. Mesin ATM Bermasalah

Penyebab kedua kartu ATM tidak bisa lakukan penarikan uang di mesin ATM juga bisa dikarenakan adanya kerusakan pada unit mesin ATM. Dengan begitu proses transaksi tarik tunai akan gagal, bahkan tidak tarik tunai saja melainkan transaksi lainnya.

Dengan penyebab ini, pada mesin ATM biasanya akan memunculkan ciri-ciri tulisan di layar monitor berupa “Maaf ATM Saat ini Tidak Bisa Digunakan” atau “Kartu Anda Tidak Diizinkan Untuk Digunakan”.

3. Jaringan ATM Error

3. Jaringan ATM Error

Selain beberapa penyebab di atas, kartu ATM tidak dapat melakukan tarik tunai juga bisa dikarenakan mesin ATM alami masalah di sektor jaringan. Mesin ATM yang merupakan mesin elektronik dengan membutuhkan listrik untuk mengoperasikannya.

Jadi, saat sedang transaksi di mesin ATM dan tiba-tiba listrik padam maka secara otomatis transaksi tarik tunai gagal. Bahkan bisa saja mesin ATM akan menelan kartu ATM Anda untuk mengantisipasi penyalahgunaan dari orang lain.

4. Server ATM Alami Error

4. Server ATM Alami Error

Penyebab kartu ATM tidak dapat tarik tunai juga bisa dikarenakan server ATM yang sedang error. Seperti penyebab di atas, masalah error server pada ATM sehingga tidak bisa tarik tunai, Anda tidak bisa menyalahkan siapa saja. Biasanya masalah error ATM datang dari jaringan internet yang kurang bagus dan memang juga sedang ada perbaikan pada server ATMnya.

Baca  10 Kelebihan Kekurangan Kartu ATM GPN : BRI, BNI, BCA

5. Saldo di Bawah Minimal

5. Saldo di Bawah Minimal

Penyebab kartu ATM tidak bisa menarik uang di ATM juga bisa terjadi karena saldo di dalam rekening tabungan Anda berada di bawah saldo minimal. Atau saldo tidak untuk melakukan tarik tunai di mesin ATM, biasanya saldo didalam rekening harus mengendap Rp 50.000.

6. Mesin ATM Kehabisan Uang

6. Mesin ATM Kehabisan Uang

Terakhir, penyebab umum yang menjadikan kartu ATM gagal tarik tunai dapat dikarenakan oleh mesin ATM yang sedang kehabisan uang (kosong). Biasanya, hal seperti ini akan terjadi dan kerap tidak disadari oleh para nasabah.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Setelah tahu apa saja masalah yang menjadikan kartu ATM And tidak bisa digunakan untuk transaksi tarik tunai di mesin ATM. Maka Anda tinggal cari tahu bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, dan inilah beberapa cara mengatasinya:

1. Mengatasi Kartu ATM Rusak

Jika tarik tunai gagal akibat KARTU ATM RUSAK, untuk mengatasinya Anda hanya perlu ganti kartu ATM di kantor sesuai dengan bank penerbit. Untuk memperlancar, silakan siapkan beberapa syarat diperlukan dan biaya pergantian kartu baru.

2. Mengatasi Mesin ATM Bermasalah

Untuk mengatasi tidak bisa tarik tunai karena mesin ATM sedang bermasalah, maka tidak ada cara lain untuk mengatasi selain menunggu mesin ATM diperbaiki oleh petugas/teknisi. Dengan begitu, Anda perlu menunda transaksi sampai benar mesin ATM kembali normal, jika perlu cari mesin ATM terdekat lainnya.

3. Mengatasi Jaringan & Server Error

Sedangkan tidak bisa tarik tunai karena mesin ATM sedang alami jaringan dan server error, nasabah hanya perlu melakukan cek saldo di mesin ATM di tempat lain. Atau jika tidak tunggu sampai benar-benar mesin ATM kembali normal.

Baca  25 Kartu ATM LINE Bank 2021 : Limit & Biaya Transaksi

4. Mengatasi ATM Kehabisan Uang

Untuk permasalahan ini, jalan satu-satunya adalah Anda menunggu sampai mesin ATM diisi kembali uang oleh petugas. Jika sudah, maka Anda bisa coba lakukan proses tarik tunai uang tersebut kembali.

5. Hubungi Call Center/Datang ke Kantor Bank

Namun jika kartu ATM gagal tarik tunai di mesin ATM dan saldo sudah terpotong namun uang tidak keluar maka bisa segera untuk hubungi call center sesuai bank rekening Anda. Atau bisa juga datang langsung ke kantor cabang bank dengan bawa syarat buku tabungan, kartu ATM dan KTP guna melaporkan permasalahan.

Demikian kiranya informasi dapat pakaiatm.com sajikan mengenai masalah kartu ATM yang tidak dapat digunakan untuk tarik tunai. Semoga dengan adanya informasi penyebab dan cara mengatasi kartu ATM gagal tarik tunai di atas bisa bermanfaat.