6 Penyebab Gagal Transaksi di Mesin EDC (Electronic Data Capture)

Penyebab Gagal Transaksi di Mesin EDC – Meskipun sudah banyak transaksi online yang ditawarkan oleh pihak bank guna memudahkan nasabahnya. Mesin Electronic Data Capture (EDC) tetap masih menjadi salah satu layanan transaksi yang banyak digunakan.

Secara umum penggunaan mesin EDC ini biasa ditemui untuk melakukan pembelian atau pembayaran di swalayan, minimarket dan merchant yang telah menyediakannya. Selain itu juga bagi Anda pelaku usaha yang telah MENGAJUKAN MESIN EDC di kantor bank bersangkutan.

Kendati demikian, dalam penggunaan mesin EDC ini sendiri para pengguna atau nasabah yang melakukan transaksi akan mengalami sebuah kegagalan saat transaksi. Di mana gagal transaksi di mesin EDC inilah yang menjadikan proses transaksi akan tertunda.

Lalu apa penyebab yang bisa menjadikan mesin EDC gagal untuk transaksi? Mengenai penyebab gagal transaksi itu sendiri, pada kesempatan kali ini pakaiatm.com akan sajikan secara lengkap beberapa faktor penyebab umum gagal transaksi di mesin Electronic Data Capture ini.

Penyebab Gagal Transaksi di Mesin EDC

Penyebab Gagal Transaksi di Mesin EDC

Jadi, bagi Anda yang penasaran akan penyebab gagal transaksi di mesin Electronic Data Capture itu apa saja. Terus simak dan ikuti pembahasan kali ini sampai akhir. Sehingga saat Anda menemukan permasalahan di mesin EDC bisa mengetahuinya.

1. Salah Memasukkan PIN

1. Salah Memasukkan PIN

Penyebab pertama gagal transaksi di mesin ATM mini yaitu karena ada kesalahan dalam memasukkan PIN kartu debit atau kredit. Mungkin permasalahan ini umum dan bisa terjadi hampir ke seluruh pengguna mesin EDC.

Baca  Pilih Shopee PayLater atau GoPayLater ? Simak Penjelasan Ini

Untuk mengatasinya silakan jangan dilanjutkan transaksi tersebut dan coba ingat-ingat kembali PIN-nya. Karena jika alami 3 kali dalam memasukkan PIN bisa saja kartu debit dan kredit Anda bisa terblokir dan tidak bisa digunakan.

2. Kartu Debit Rusak

2. Kartu Debit Rusak

Penyebab kedua gagal transaksi di mesin Electronic Data Capture bisa terjadi karena KARTU ATM/DEBIT RUSAK. Sehingga saat menggesek kartu tersebut di mesin EDC saat pembayaran belanjaan akan alami kegagalan.

Secara umum kartu rusak sendiri kerap terjadi pada pita hitam yang tergores, CHIP TIDAK TERDETEKSI, fisik kartu retak bahkan patah dan beberapa lainnya. Itu merupakan salah satu hal yang bisa dialami oleh pemegang kartu debit/ATM.

3. Kartu Debit Valid Thru

3. Kartu Debit Valid Thru

Penyebab ketiga gagal transaksi di mesin Electronic Data Capture bisa terjadi karena kartu debit/ATM sudah habis masa aktifnya (Valid Thru). Karena seperti Anda ketahui sendiri kartu debit memiliki masa aktif selama 5 tahun.

Jika sudah melebihi itu Anda harus menggantinya dengan kartu baru agar kembali bisa digunakan. Lalu bagaimana untuk mengeceknya? Pengecekan bisa dilakukan dengan lihat di bagian depan fisik kartu dan akan tampak jelas bulan dan tahunnya.

4. Gangguan Sistem Jaringan

4. Gangguan Sistem Jaringan

Penyebab keempat gagal transaksi di mesin Electronic Data Capture juga bisa terjadi karena adanya gangguan sistem jaringan. Seperti Anda ketahui sendiri mesin EDC juga tersambung dengan server bank, sehingga nantinya perlu dilakukan maintenance.

Dalam penyelesaian masalah yang diakibatkan oleh gangguan server jaringan, silakan Anda tunggu beberapa saat dan coba lakukan transaksi kembali secara berkala. Secara umum tidak ada masalah berarti, hanya saja transaksi akan menjadi gagal dan tertunda.

5. Melebihi Batas Limit

5. Melebihi Batas Limit

Penyebab kelima gagal transaksi di mesin Electronic Data Capture bisa dikarenakan oleh batas limit transaksi. Ini biasanya karena pengguna kartu ATM yang lakukan transaksi di mesin ATM sudah melebihi batas maksimal transaksi per hari atau bulannya.

Baca  10 Kode Function Mesin EDC BRI 2021 (Fungsi & Kombinasi)

Lalu berapa batas limit maksimal di mesin EDC? Mengenai hal itu di setiap pihak bank (BRI, BNI, BCA, Mandiri dan lainnya) akan memberlakukan ketentuan batas limit transaksi berbeda. Jadi itu tergantung dengan kartu yang Anda gunakan.

6. Mesin EDC Error

6. Mesin EDC Error

Penyebab keenam gagal transaksi di mesin Electronic Data Capture bisa terjadi karena mesin yang dialami sedang alami error dan tidak bisa digunakan. Error ini sendiri ada banyak faktor masalahnya.

Namun yang paling umum kegagalan mesin ATM error sendiri terjadi akibat tidak ada sinyal dan baterai mesin EDC low atau habis. Jadi dalam menyelesaikan permasalahan ini silakan cek penyebab yang menjadikan error.

Demikian kiranya informasi terkait beberapa penyebab umum gagal transaksi di mesin EDC dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan adanya cara faktor penyebab gagal transaksi di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.