√ Kartu ATM Gagal Transaksi 2020 : Penyebab & Solusi

Kartu ATM Gagal Transaksi – Anjungan Tunai Mandiri atau biasa disebut dengan ATM mungkin menjadi salah satu layanan fasilitas yang diberikan saat anda buka rekening tabungan. Dengan ATM inilah nantinya anda bisa bertransaksi seperti transfer, tarik tunai, setor tunai atau lainnya.

Namun terkadang transaksi di mesin ATM tersebut tidak semua bisa berjalan lancar dan terkadang ada hambatan ataupun masalah terjadi. Salah satunya masalah pada kartu ATM yang gagal bertransaksi saat mulai dimasukkan kedalam mesin ATM.

Jika menemukan masalah seperti itu, maka anda para nasabah tidak perlu khawatir serta panik berlebihan. Karena hal tersebut bisa terjadi karena kartu ATM memiliki masalah dan anda belum mengetahuinya.

Masalah seperti gagalnya transaksi akibat kartu ATM bermasalah sendiri sering terjadi oleh para nasabah bank di Indonesia. Baik nasabah bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga atau bank-bank lainnya.

Penyebab & Solusi Kartu ATM Gagal Transaksi Terlengkap

Kartu ATM Gagal Transaksi

Nah pada kesempatan kali ini pakaiatm.com akan menyampaikan informasi mengenai penyebab serta cara mengatasi atau solusi kartu ATM gagal digunakan untuk bertransaksi. Untuk lebih jelas mengenai penyebab serta solusi mengatasinya, simak terus ulasan ini sampai akhir.

Penyebab Kartu ATM Gagal Transaksi

Penyebab Kartu ATM Gagal Transaksi

Penyebab masalah tidak bisanya kartu ATM untuk melakukan transaksi itu sendiri ada beberapa faktor umum yang biasanya terjadi. Berikut beberapa penyebab masalah tersebut:

1. Salah Memasukkan PIN ATM

Penyebab satu ini mungkin menjadi salah satu masalah umum yang sering terjadi saat nasabah gagal dalam transaksi di mesin ATM. Faktornya yaitu akibat salah dalam memasukkan 6 digit PIN kartu ATM 3 kali berturut-turut.

2. Kartu ATM Rusak

Kartu ATM rusak juga menjadi salah satu faktor penyebab kartu ATM anda gagal dalam bertransaksi. Bisanya KARTU ATM RUSAK yang menjadikan gagal transaksi yaitu saat rusak pada pita hitam di kartu ATM akibat luka, tergores dan beberapa hal lainnya.

3. Masa Aktif Kartu ATM Habis (Kadaluarsa)

Masalah ini sering tidak disadari oleh para pemilik kartu ATM, dimana kartu ATM yang digunakan tersebut sudah berakhir masa berlakunya. KARTU ATM KADALUARSA atau habis masa aktifnya juga bisa menjadi penyebab transaksi gagal.

Solusi Mengatasi Kartu ATM Gagal Transaksi

Solusi Mengatasi Kartu ATM Gagal Transaksi

Saat mengalami masalah seperti penyebab di atas maka ada penanganan atau solusinya sendiri-sendiri. Ketika penyebabnya dikarenakan salah memasukkan PIN ATM maka hanya perlu memastikan kembali 6 digit PIN dimasukkan sudah benar.

Jika sudah sampai terblokir maka solusinya yaitu dengan menghubungi call center bank atau datang langsung ke kantor bank-nya. Saat datang ke kantor bawa juga persyaratan untuk membuka pemblokiran kembali kartu tersebut.

Syaratnya seperti membawa identitas diri, buku tabungan serta kartu ATM-nya. Nantinya petugas akan membantu memproses kartu ATM terblokir agar bisa kembali digunakan untuk transaksi seperti semula.

Kartu ATM gagal digunakan saat transaksi akibat kartu rusak maupun masa kartu dari ATM habis. Maka solusinya sama yaitu dengan datang ke kantor cabang terdekat untuk mengganti kartu tersebut dengan kartu ATM yang baru.

Untuk syarat yang dibutuhkan juga sama, dimana para nasabah hanya perlu datang dengan membawa kartu ATM-nya, identitas diri berupa KTP serta buku rekening tabungan. Setelah itu akan di bantu oleh petugas dalam pergantian kartu ATM rusak atau masa aktif kartu habis. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah saat ingin mengajukan ke kantor:

  1. Siapkan syarat seperti kartu identitas diri, kartu ATM yang rusak/masa aktifnya habis/terblokir.
  2. Setelah itu datangi kantor cabang bank terdekat.
  3. Kemudian sesampainya di kantor cabang langsung saja ambil nomor antrean.
  4. Tunggu sampai nomor antrean dipanggil oleh petugas atau customer service.
  5. Jika tiba giliran nomor antrean di panggil maka anda hanya perlu temui dan sampaikan maksud kedatangannya. Dimana anda akan membuka kartu ATM terblokir atau ganti kartu ATM baru akibat masa aktif habis maupun rusak.
  6. Setelah itu petugas akan meminta beberapa berkas seperti buku rekening tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas diri.
  7. Selanjutnya petugas atau customer service akan memproses pembuatan kartu ATM baru.
  8. Saat petugas atau customer service memproses, tunggu sebentar sampai customer service selesai dan memberikan kartu ATM baru anda.

Biasanya saat pembuatan kartu ATM baru akan di kenakan biaya pergantian kartu. Besaran tersebut juga terbilang cukup beragam di setiap bank-nya. Ada bank yang menggratiskan dan ada juga yang mengeluarkan biaya, pada umumnya biaya tersebut mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 25.000.

Ciri-ciri ATM Terblokir

Ciri ciri ATM Terblokir

Ada beberapa CIRI-CIRI KARTU ATM TERBLOKIR sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi, setiap bank memiliki ciri yang berbeda-beda. Tidak mungkin sama antara BRI, BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, ataupun ATM bank lainnya.

Namun ada kesamaan yang jelas sebagai penanda jika kartu ATM milik anda terblokir. Kesamaan dapat diketahui saat ingin transaksi di mesin ATM, maka secara otomatis mesin ATM akan menolak transaksi anda.

Selain itu kartu ATM terblokir yang menjadikan kartu ATM gagal untuk bertransaksi yaitu bisa di ketahui dengan munculnya tulisan “Silakan Hubungi Call Center” pada layar mesin ATM. Jika sudah seperti ini maka hanya perlu menghubungi call center dan meminta solusinya.

FAQ

1. Apakah Kartu ATM Terblokir Bisa Menerima Transferan?

Tetap bisa. Jika terblokir itu adalah kartu ATM-nya, maka rekening tetap bisa menerima transferan. Selain itu anda juga tetap bisa melakukan transfer, hanya saja lewat layanan internet bankingnya.

2. Kenapa Kartu ATM Ditolak di Mesin ATM?

Transaksi ditolak dan gagal bisa dikarenakan salah memasukan nomor rekening, kesalahan input data (PIN), kesalahan sistem, atau kartu ATM sudah terblokir.

3. Berapa Lama Masa Aktif Kartu ATM?

Masa kadaluarsa atau berlakunya kartu ATM pada umumnya 5 tahun setelah kartu ATM dibuat.

Mungkin itu saja yang bisa pakaiatm.com sampaikan mengenai penyebab dan solusi kartu ATM gagal digunakan untuk transaksi. Semoga informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi para nasabah bank yang mengalami masalah serupa.