√ Nomor Referensi BRI ? Arti, Fungsi & Cara Cek No Referensi

Nomor Referensi BRI – Transaksi menjadi salah satu bagian yang pastinya Anda semua lakukan. Teruntuk para nasabah bank termasuk nasabah BRI, apalagi nasabah BRI sudah dimudahkan dengan hadirnya layanan yang diberikan oleh pihak bank.

Karena pihak bank BRI sudah memberikan layanan kepada nasabahnya berupa ATM, Internet Banking, SMS Banking dan Mobile Banking. Dengan layanan tersebutlah nasabah bisa melakukan transaksi mulai dari transfer, pembayaran, top up dan lainnya.

Dalam transaksi tersebut nantinya nasabah BRI akan menjumpai istilah nomor referensi, apalagi saat Anda melakukan transaksi melalui layanan Internet Banking. Lantas apakah Anda sudah mengetahui apa itu no referensi BRI?.

Jika belum, pada kesempatan kali ini kami akan sajikan pembahasan terkait apa itu nomor referensi BRI lengkap dengan informasi terkait lainnya. Guna lebih jelas mengenai itu, maka mari simak penjelasan di bawah ini sampai akhir.

Nomor Referensi BRI

Apa Itu Nomor Referensi BRI

Bagi yang kerap menjumpai nomor referensi BRI namun belum mengetahuinya secara jelas dan penasaran dengan nomor referensi BRI apa itu sebenarnya. Ada dua (2) jenis nomor referensi yaitu no referensi yang dibuat oleh pengguna dan no referensi / kode yang berasal dari Bank.

Khusus untuk kode referensi dari Bank BRI memang tidak bisa dikosongkan atau harus diisi / dimasukkan saat menjalani transfer ke rekening bank lain dapat dilakukan. Untuk itu, simak penjelasan apa itu arti dari no referensi BRI.

Nomor Referensi Bank

No atau kode referensi bank BRI adalah kode yang digunakan untuk memudahkan transaksi antar lembaga perbankan / transaksi antar bank. Jadi saat Anda ingin transfer ke rekening bank lain maka wajib memasukkan kode referensi atau tujuan yang sesuai.

Baca  12 Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank BRI, BCA, BNI & Mandiri

Nasabah BRI wajib mengisi no referensi bank atau 3 digit kode bank tujuan sebelum melakukan transfer dengan cara menambahkan kodenya diawal no rekening tujuan. Dengan begitu proses transfer atau kirim uang menuju ke rekening lain bisa dilakukan.

Nomor Referensi Nasabah

Apa itu nomor referensi nasabah BRI adalah sebuah kode unik berupa perpaduan angka-angka yang dibuat oleh nasabah BRI sebagai tanda bukti bahwa nasabah telah melakukan transaksi. No referensi BRI bisa Anda jumpai saat akan melakukan transfer lewat BRImo, ATM atau Internet Banking.

Namun nomor referensi ini bersifat opsional, maka banyak para nasabah yang tidak memanfaatkan layanan ini saat melakukan transaksi. Padahal no referensi BRI mempunyai fungsi yang cukup penting saat Anda menjalani sebuah transaksi.

Fungsi Nomor Referensi BRI

Lantas apa fungsi dan kegunaan dari nomor referensi? Sudah disinggung sedikit di atas, jika fungsi utama dari no referensi BRI digunakan sebagai tanda bahwa Anda sudah berhasil menyelesaikan serangkaian transaksi.

Tidak hanya bukti, namun no referensi BRI juga berfungsi sebagai proteksi tambahan. Seperti contohnya saat Anda melakukan transaksi namun secara tidak sengaja Anda menghilangkan struk. Maka bisa meminta pihak bank untuk melacak transaksi tersebut.

Dengan begitu no referensi yang Anda berikan kepada pihak Bank BRI, maka pihak bank akan memberikan informasi detail transaksi yang telah dilakukan. Dengan begitu tentu saja fungsi dan kegunaan dari nomor referensi sangatlah penting.

Cara Cek Nomor Referensi BRI

Untuk cara cek nomor referensi BRI Anda bisa lihat kode unik berupa angka biasanya terletak di bukti transfer yang telah didapatkan sebelumnya. Di dalamnya juga akan ada keterangan berupa nomor rekening tujuan, jumlah nominal ditransfer, tanggal transfer, nama transaksi dan nomor referensi.

Baca  √ Apa Itu Mutasi Rekening ? Fungsi, Contoh & Cara Cek Mutasi Rekening

Jadi bisa dibilang Anda busa melihat bukti transfer melalui layanan yang telah Anda gunakan. Seperti misalnya saat Anda transaksi di mesin ATM, maka bukti akan terlihat pada struk yang didapatkan setelah menyelesaikan transaksi.

Kemudian saat Anda transaksi melalui layanan m-Banking BRI atau BRImo maka bisa cek bukti transfer melalui riwayat transaksi yang pernah dilakukan. Cari transaksi yang dimaksud dan nantinya akan tertera detail transaksi dimaksud dan no referensi ada di dalamnya.

Selain itu Anda juga bisa datang ke kantor cabang bank BRI terdekat secara langsung, dengan begitu pihak bank BRI akan melakukan pengecekan ke no referensi yang Anda berikan. Setelah pengecekan selesai dilakukan, pihak bank akan memberikan detail transaksi berdasarkan nomor referensi.

Mungkin itu saja kiranya pembahasan terkait nomor referensi BRI yang dapat pakaiatm.com sajikan lengkap dengan informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya pembahasan no referensi BRI di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.