5 Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Kredit Yang Wajib Diketahui

Perbedaan kartu ATM dan kartu Kredit –¬†Seperti yang kita ketahui dimana perkembangan teknologi kian melesat, selaras dengan hal tersebut kini telah banyak teknologi-teknologi yang tentunya memudahkan kita dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satunya adalah dalam urusan melakukan transaksi¬† pembayaran dimana pada jaman dulu mungkin kita masih menggunakan uang cash untuk membayar suatu barang, namun tahukah kalian pada jaman yang serba canggih ini kita bisa melakukannya menggunakan kartu kredit.

Apakah itu Kartu Kredit ? Kartu Kredit adalah alat berupa kartu yang berfungsi untuk melakukan pembayaran dengan cara cicilan atau kredit, sesuai dengan namanya kartu kredit. Nah beberapa dari kalian mungkin ada yang sudah memiliki kartu kredit dan ada juga yang memilikinya, lalu apakah cara pembuatan kartu Kredit sama dengan pembuatan kartu ATM/Debit ? Beda, pada kesempatan kali ini kita akan berbicara mengenai perbedaan kartu kredit dan kartu atm.

Sebelum memasuki pembahasan, perlu kita ketahui yang mana untuk bisa memiliki kartu Kredit kita diharuskan mengikuti syarat dan ketentuan yang telah berlaku. Pasalnya, dengan adanya kartu ini kita bisa dengan mudah membeli sesuatu, seperti furniture, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi dengan cara pembayaran kredit/cicilan. misal kalian akan membeli furniture seharga Rp. 5.000.000 dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit dan kalian memilih tenor angsuran selama 12 Bulan maka selama itu kalian akan mendapati tagihan di setiap bulannya.

Kartu Kredit tidak memiliki saldo seperti kartu ATM melainkan saldo limit, masing-masing Bank memiliki tawaran saldo limit bermacam-macam. lalu persyaratan untuk dapat mengajukan pembuatan kartu kredit juga tidak semudah membuat ATM, sebagai contoh kita akan membuat kartu kredit Bank Mandiri adapun syarat dan ketentuan yang harus diikuti, antara lain fotokopi ktp, berusia minimal 21 tahun dengan penghasilan lebih dari Rp. 3.000.000, fotokopi slip gaji, fotokopi NPWP, dan terakhir fotokopi rekening pada 3 bulan terakhir.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu ATM

5-Perbedaan-Kartu-ATM-dan-Kartu-Kredit

Setelah menyimak ulasan diatas, beberapa diantara kalian mungkin masih belum jelas mengenai perbedaan kartu kredit dan kartu ATM, memang secara keseluruhan fungsi dari kedua kartu ini sama, hanya saja untuk melakukan proses pembayarannya kartu kredit dengan sistem cicilan sedangkan kartu ATM dengan cara mem1otong saldo tabungan. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak informasi yang telah kami sajikan dibawah ini.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu ATM

Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Kredit

  • Proses Pembuatan¬†

Untuk membedakan antara kartu kredit dan kartu ATM bisa kita lihat dari beberapa sektor, antara lain adalah cara pembuatan atau proses pembuatan. Untuk proses pembuatan kartu ATM kami rasa kita semua sudah tau, pasalnya pada beberapa kesempatan yang lalu kami telah berbicara mengenai Cara Pembuatan ATM dengan Mudah. Nah, sekarang untuk proses pembuatan kartu kredit memang sedikit berbeda, antara lain adalah kita harus memiliki kartu NPWP terlebih dahulu, Fotokopi KTP, memiliki penghasilan lumayan minimal Rp. 3.000.000 atau lebih, dan berumur diatas 21 tahun selain itu syarat dan ketentuan setiap Bank juga berbeda, pihak juga harus mempertimbangkan dengan baik untuk menyetujui setiap orang yang mengajukan kartu Kredit.

  • Proses Pembayaran atau Transaksi

Selain pada proses pembuatannya, perbedaan kartu kredit dan kartu ATM juga bisa dilihat dari proses pembayaran, dimana apabila melakukan pembayaran non-tunai menggunakan kartu ATM tentunya dengan cara memotong saldo tabungan anda, nah sedangkan proses pembayaran melalui kartu kredit adalah cicilan/kredit, sehingga meski kalian tidak mengisi saldo kalian tetap bisa melakukan proses pembayaran, oleh karena itu pihak Bank tidak bisa menyetujui setiap pengajuan kartu kredit.

  • Biaya Potongan yang Diterapkan

Setiap Bank pasti menentukan tarif potongan perbulan untuk setiap kartu ATM, hanya saja potongan tersebut masih terbilang murah yakni kisaran Rp. 15. 000 – 20. 000 saja. Lalu bagaimana untuk kartu Kredit ? sesuai dengan fungsinya yakni bayar secara kredit, potongan kartu kredit tergantung apa saja yang kalian belanjakan menggunakan kartu tersebut dimana setiap bulannya kalian akan mendapatkan tagihan lengkap dengan bunga yang harus dibayarkan.

Demikian informasi yang bisa kami sajikan mengenai perbedaan kartu kredit dan kartu ATM, sekedar mengingatkan apabila kalian sudah atau hendak melakukan pengajuan pembuatan kartu dan di setujui oleh pihak Bank, kami sarankan untuk menggunakannya dengan bijak, jangan justru membuat kalian menjadi boros, semua barang di beli. Oke, cukup sekian dari kami semoga informasi diatas bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.