10 Penyebab & Cara Atasi Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri – Sempat pernah beredar berita tentang uang atau saldo ATM BRI yang secara sendiri hilang tanpa adanya transaksi sebelumnya. Dengan begitu, tentu saja nasabah akan terasa kaget dan panik terhadap saldo tersebut.

Tentu saja banyak nasabah BRI berfikiran jika ada tindak kejahatan dilakukan oleh seseorang terhadap ATM BRI yang dimiliki. Apalagi saat setelah kartu ATM BRI Anda hilang dan belum ditemukan, kemudian melihat riwayat transaksi di layanan e-Banking telah terjadi transaksi.

Nah, membahas mengenai berkurangnya saldo rekening/ATM BRI tanpa sebab yang jelas akan membingungkan. Ternyata memang ada beberapa hal menjadikan saldo berkurang dengan sendirinya tanpa ada transaksi dilakukan oleh nasabah itu sendiri.

Lalu apa faktor penyebab yang menjadikan saldo berkurang sendiri? Untuk lebih jelas mengenai hal itu, berikut akan pakaiatm.com sajikan secara lengkap penyebab saldo ATM BRI kurang sendiri beserta cara maupun solusi untuk mengatasinya.

Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Teruntuk Anda nasabah BRI yang mengalami dan penasaran akan hal tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Dengan begitu, untuk terus simak dan ikuti pembahasan saldo ATM berkurang ini sampai akhir.

Penyebab Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Penyebab Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Mengenai penyebab sendiri ada beberapa hal mempengaruhi saldo ATM berkurang dengan sendiri. Adapun penyebab umum dan mungkin hampir dialami oleh seluruh nasabah bank-bank yang ada seperti misalnya:

Baca  8 Cara Bayar FIF Lewat BRImo 2022 : Biaya, Denda & Jatuh Tempo

1. Pengenaan Biaya Transfer

Pertama, kenapa saldo di ATM BRI Anda berkurang sendiri, bisa saja karena nasabah melakukan transfer beda bank. Karena seperti Anda ketahui sendiri jika melakukan transfer beda bank nasabah akan dikenai biaya transfer sebesar Rp 6.500 per transaksi.

2. Pengenaan Biaya Admin Bulanan

Kedua, kenapa saldo ATM berkurang sendiri bisa juga dikarenakan adanya pemotongan biaya administrasi (admin) bulanan. Karena sebagai nasabah bank BRI nantinya akan dikenai biaya admin bulanan, setiap jenis tabungan dan kartu ATM yang digunakan memiliki potongan biaya berbeda.

4. Melakukan Transfer Terjadwal

Ketiga, saldo ATM BRI kurang sendiri juga dapat dikarenakan nasabah/Anda melakukan transfer yang sifatnya terjadwal. Sehingga seketika saldo di ATM berkurang sendiri sesuai dengan waktu telah ditentukan, fitur transfer terjadwal ini sendiri ada di layanan Internet dan Mobile Banking BRI.

3. Pembayaran Autodebet

Keempat, saldo ATM BRI kurang sendiri juga bisa karena nomor rekening BRI ini Anda daftarkan untuk pembayaran autodebet (pinjaman). Dengan begitu, sesuai dengan tanggal kesepakatan maka pemotongan atau pembayaran autodebet akan secara langsung dilakukan otomatis.

5. Penggunaan Notifikasi SMS Banking

Kelima, saldo ATM BRI berkurang walaupun tidak ada transaksi juga bisa karena Anda mengaktifkan notifikasi SMS Banking, di mana nantinya saat ada transaksi saldo akan terpotong. Biasanya potongan ini sebesar Rp 500 per transaksi, biaya ini akan dikenakan saat SMS diterima.

6. Adanya Kasus Skimming (Digunakan Orang Lain)

Terakhir, saldo ATM BRI berkurang tanpa adanya transaksi bisa dikarenakan adanya penyalahgunaan kartu ATM (skimming) yang dilakukan oleh orang lain. Sampai kasus ini terjadi, maka jalan satu-satunya adalah laporkan ke pihak bank. Kemudian pihak baru pemprosesan dan membantu dengan melaporkan tindakan ke pihak berwajib (kepolisian).

Baca  3 Cara Bayar Paspor via ATM BRI & Biaya Admin 2022

Solusi & Tips Atasi Saldo ATM Berkurang Karena Skimming

Solusi Tips Atasi Saldo ATM Berkurang Karena Skimming

Dari penyebab-penyebab di atas yang sudah disebutkan, mungkin beberapa bukan menjadi masalah dan sudah diketahui konsekuensinya sebelum buka rekening BRI. Namun untuk saldo ATM berkurang sendiri karena terjadi tindak kejahatan skimming, Anda harus segera melaporakannya.

1. Lakukan Transaksi Sesuai Prosedur

Lakukan transaksi di ATM dengan prosedur keamanan yang sudah menjadi ketentuan, seperti memastikan tidak ada orang lain mengikuti dan tutupi dengan jari saat memasukkan PIN ATM. Jadi sekali lagi pastikan saat bertransaksi di mesin ATM BRI atau ATM bersama lakukan dengan prosedur.

2. Jaga Rahasia PIN ATM

Jaga kerahasiaan, PIN ATM juga menjadi salah satu masalah langkah atau tips untuk terhindar dari tindak kehajatan skimming. Pastikan tidak ada orang lain yang mengetahui 6 digit PIN ATM BRI Anda, terkecuali jika Anda mempercayainya (Suami/Istri, anak atau keluarga).

3. Ganti PIN ATM Berkala

Selanjutnya untuk mencegah kejahatan pada ATM BRI Anda, silakan lakukan pergantian PIN ATM secara berkala. Tujuannya yaitu untuk memastikan jika orang yang sudah mengetahui PIN ATM BRI Anda tidak mengetahui lagi agar tidak punya niatan menguras isi saldo di dalam tabungannya.

4. Pemblokiran ATM Saat Ada yang Mencurigakan

Saat ATM BRI Anda terjadi transaksi mencurigakan dan buka Anda yang melakukan, Anda bisa untuk segera untuk lakukan BLOKIR ATM BRI tersebut. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menghubungi call center BRI atau datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat.

Demikian mungkin informasi dapat pakaiatm.com sajikan mengenai kenapa saldo ATM BRI berkurang sendiri, lengkap dari penyebab serta cara atau solusi mengatasi. Adanya informasi di atas, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua, terutama nasabah BRI yang bertanya mengapa saldo di ATM berkurang sendiri tanpa ada transaksi.

Baca  2 Cara Menghitung Keuntungan Agen BRILink, Harian & Bulanan