√ 8 Cara Blokir ATM BRI Tertelan & Hilang : Call Center & Tanpa Ke Bank

Cara Blokir ATM BRI – Memblokir kartu ATM ialah salah satu cara perlu dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang dilakukan setelah kartu ATM Anda hilang maupun tertelan. Biasanya nasabah yang kehilangan ATM akan langsung memblokirnya.

Tujuannya agar ATM hilang atau tertelan tidak disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab yang berhasil menemukan kartu ATM Anda. Sehingga saldo didalam rekening tabungan atau ATM Anda bisa teramankan jika Anda langsung melakukan pemblokiran.

Lantas bagaimana jika nasabah BRI yang mengalami masalah tersebut? Apakah ada cara blokir ATM nya? Nah, tentu saja pertanyaan seperti itu kerap muncul. Dengan begitu, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan secara lengkap cara-cara blokir ATMnya.

Berbicara mengenai cara blokir itu sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan, sama seperti CARA MEMBLOKIR ATM BNI, BCA, Mandiri atau ATM-ATM dari bank lainnya. Karena ada beberapa pilihan cara, seperti misalnya blokir tanpa harus ke bank atau datang langsung.

Cara Blokir ATM BRI

Cara Blokir ATM BRI

Nah, jika Anda penasaran akan cara blokir ATM BRI itu sendiri seperti apa, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini cara pemblokirannya. Di mana sama seperti CARA MEMBLOKIR ATM PENIPU ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan. Dengan begitu, terus untuk simak pembahasan ini sampai akhir agar Anda tahu cara-cara blokir ATM nya.

1. Blokir Lewat BRI Mobile (Mobile Banking)

1. Blokir Lewat BRI Mobile Mobile Banking

Cara blokir pertama, para nasabah BRI yang mengalami hilang atau tertelannya ATM bisa dengan blokir lewat layanan mobile banking (BRI Mobile). Anda bisa manfaatkan layanan fasilitas BRI Mobile ini, dengan begitu Anda tidak perlu datang ke bank terdekat. Berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi BRI Mobile di smartphone.
  • Pilih MOBILE BANKING BRI.
  • Pilih menu PELAYANAN NASABAH.
  • Pilih menu DISABLE KARTU ATM.
  • Masukkan PIN Anda lalu klik SEND/KIRIM.

2. Blokir Lewat BRI Mobile (Internet Banking)

2. Blokir Lewat BRI Mobile Internet Banking

Cara blokir kedua yaitu bisa blokir lewat BRI Mobile (Internet Banking), ini sama halnya cara pertama Anda bisa manfaatkan layanan fasilitas BRI Mobile. Untuk cara atau langkahnya juga terbilang cukup mudah, inilah langkahnya:

  • Buka aplikasi BRI Mobile di smartphone.
  • Pilih INTERNET BANKING BRI.
  • Silakan login dengan masukkan User ID dan Password.
  • Pilih menu PELAYANAN.
  • Pilih menu ENABLE DISABLE KARTU.
  • Masukkan PASSWORD lalu klik OK.

3. Blokir Lewat Disable di IB BRI Website

3. Blokir Lewat Disable di IB BRI Website

Cara ketiga masih sama, Anda bisa blokir ATM tanpa harus datang ke bank. Di mana cara blokir ini bisa dilakukan lewat disable di IB BRI website. Langkahnya tidak kalah mudah dengan cara blokir ATM sebelumnya.

  • Siapkan perangkat seperti smarthphone, laptop atau komputer & jaringan internet.
  • Buka browser dan ketik ib.bri.co.id.
  • Silakan login dengan masukkan User ID, Password dan Validation.
  • Muncul layar tampilan utama, pilih saja Layanan Nasabah.
  • Pilih Disable/Enable Kartu.
  • Pilih Disbable/Enable.
  • Terakhir silakan masukkan password yang diminta.

4. Blokir Lewat Call Center BRI

4. Blokir Lewat Call Center BRI

Jika, nasabah BRI yang mengalami masalah hilang atau kartu tertelan namun belum menggunakan dan daftar layanan e Banking di atas. Maka bisa juga blokir dengan melakukan panggilan ke CALL CENTER BRI. Cara blokir ATM ini tidak kalah cepatnya dengan cara-cara di atas.

Namun, sebelum mulai melakukan pemblokiran kartu ATM melalui call center BRI, pastikan jika pulsa Anda mencukupi untuk melakukan panggilan. Karena panggilan ke call center BRI ini berbayar atau tidak digratiskan.

5. Blokir Lewat Email

5. Blokir Lewat Email

Selain beberapa cara blokir ATM di atas, Anda bisa juga lakukan blokir ATM hilang atau tertelan dengan kirim email ke BRI. Hanya saja cara ini terbilang kurang tepat, karena pasti membutuhkan lebih banyak waktu akibat tidak langsung ditanggapi.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba memblokir dengan cara ini, siapa tahu saat Anda mengirimkan permintaan pemblokiran ATM langsung ditanggapi. Untuk alamat email BRI sendiri yaitu callbri@bri.co.id.

6. Blokir Lewat Sosial Media

6. Blokir Lewat Sosial Media

Cara lain bisa dilakukan untuk blokir ATM BRI yaitu dengan mengirimkan pesan ke sosial media dari bank BRI. Baik itu kirim lewat Twiter, Facebook atau Instagram. Untuk alamat akun sosial media resmi BRI sendiri yaitu:

  • Facebook Fanpage : https://www.facebook.com/BRIofficialpage
  • Instagram : @bankbri_id
  • Twitter : @bankbri_id, @kontakBRI

Catatan : Dari beberapa nasabah yang pernah melakukan, biasanya pemblokiran akan dialihkan untuk menghubungi ke call center BRI.

7. Blokir dengan Salah Masukkan PIN ATM

7. Blokir dengan Salah Masukkan PIN ATM

Cara blokir ini mungkin bisa dilakukan saat Anda sengaja ingin melakukan pemblokiran terhadap kartu ATM nya. Caranya sendiri Anda hanya perlu mendatangi gerai ATM BRI atau ATM Bersama terdekat dengan lokasi Anda.

Jika sudah langsung saja masukkan kartu ATM ke mesin ATM, setelah itu seperti biasa Anda akan diminta memasukkan PIN. Nah, dalam memasukkan PIN inilah Anda hanya perlu salah dalam memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Dengan begitu, ATM akan secara otomatis terblokir.

8. Blokir Lewat Customer Service

8. Blokir Lewat Customer Service

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk blokir ATM yaitu dengan cara datang langsung ke kantor bank dan temui customer service. Saat datang ke kantor cabang, pastikan Anda membawa buku tabungan dan kartu identitas diri seperti E-KTP.

Saat datang ke kantor cabang bank BRI, silakan langsung untuk ambil nomor antrean terlebih dahulu dan tunggu sampai nomor antrean Anda dipanggil oleh customer service. Jika sudah, sampaikan maksud kedatangannya yaitu akan melakukan blokir ATM.

Kiranya seperti itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat ingin blokir ATM BRI akibat hilang, tertelan maupun masalah lainnya. Dengan adanya cara blokir yang pakaiatm.com sampaikan di atas, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.