SeaBank Tidak Bisa Transfer, Penyebab & Cara Mengatasinya

SeaBank Tidak Bisa Transfer – Hadirnya layanan Bank Digital SeaBank memang sangat membantu masyarakat, khususnya untuk kalian yang sering melakukan transfer Antar Bank Online. Ya, transaksi tersebut tidak membebankan biaya admin jika dilakukan melalui rekening SeaBank.

Namun, bicara mengenai fitur transfer dari rekening SeaBank, kami memperoleh pertanyaan dari beberapa pengguna yang mengaku kalau fitur transfer di SeaBank tidak bisa dilakukan. Kenapa terjadi demikian? Simak terus artikel ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.

Permasalahan atau kendala pada penggunaan aplikasi SeaBank memang bisa dialami oleh siapapun. Disamping itu, masalah pada layanan ini juga bisa terjadi kapan saja tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Dari beberapa masalah yang pernah terjadi, SeaBank tidak bisa transfer menjadi salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah tersebut, di bawah ini telah kami siapkan penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasinya.

SeaBank Tidak Bisa Transfer

SeaBank Tidak Bisa Transfer

Seperti kami sebutkan diatas bahwa salah satu keuntungan yang bisa dinikmati oleh para pengguna SeaBank adalah transfer ke sesama maupun Bank lain tanpa biaya admin. Bisa dibilang, SeaBank satu-satunya layanan Bank Digital yang tidak menerapkan biaya admin untuk keperluan transfer Antar Bank Online.

Oleh karena itu, ketika fitur tersebut di aplikasi SeaBank bermasalah, pastinya banyak pengguna yang ingin tahu bagaimana cara mengatasinya. Tenang, melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan solusi terkait masalah.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa terjadinya masalah pada fitur transfer SeaBank bisa terjadi pada tujuan transfer sesama maupun rekening Bank lain. Disamping itu, informasi yang menyatakan bahwa fitur transfer bermasalah juga bisa muncul setelah memasukkan PIN atau Password dan bisa juga muncul di halaman menu transfer.

Baca  15 Cara Mengatasi Mesin EDC BCA Tidak Ada Sinyal 2022

Biasanya akan muncul pemberitahuan Metode Transfer Sedang Tidak Tersedia ketika kalian masuk ke halaman transfer di SeaBank. Atau bisa juga muncul notifikasi Transfer Gagal pada halaman status transaksi.

Setiap notifikasi pemberitahuan yang muncul memiliki penyebab dan cara mengatasi yang berbeda-beda. Berikut telah kami siapkan informasi lengkap terkait penyebab hingga cara mengatasi SeaBank tidak bisa kirim uang ke sesama dan Bank lain :

1. Saldo Tidak Cukup

Faktor utama yang pastinya bakal mengakibatkan SeaBank tidak bisa melakukan transaksi kirim uang adalah saldo di rekening SeaBank kalian tidak mencukupi. Perlu diketahui, meskipun SeaBank tidak membebankan biaya transfer, tapi tetap ada ketentuan mengenai minimal transfer ke Bank lain, yaitu Rp. 10.000.

Jika saldo SeaBank di bawah Rp. 10.000 maka transaksi ini tidak bisa di proses. Sebagai solusinya, silahkan Top Up SeaBank lewat DANA, ShopeePay atau melakukan Setor Tunai SeaBank melalui Indomaret, Alfamart dan ATM.

2. Melebihi Limit Maksimal

Selain saldo tidak mencukupi, transaksi pemindahan dana dari SeaBank ke rekening SeaBank atau Bank lain juga tidak bisa dilakukan jika nominal transfer melebihi limit transaksi. Jadi, perlu diketahui bahwa SeaBank memiliki ketentuan mengenai limit maksimal transfer sesama dan Bank lain.

Jika memang benar adanya jumlah transfer yang dimasukkan melebihi limit, maka kalian hanya perlu mengurangi nominal transfer agar transaksi ini bisa diproses. Selain limit per transaksi, ada juga limit harian yang berlaku, intinya pastikan transaksi tersebut tidak lebih dari batas maksimal transfer yang telah ditetapkan SeaBank.

3. Salah Memasukkan Nomor Rekening

Selanjutnya, masalah diatas juga bisa disebabkan oleh kelalaian pengguna yang salah memasukkan nomor rekening tujuan, baik itu rekening SeaBank atau rekening Bank lain. Jadi, pada transaksi ini setiap pengguna wajib memasukkan nomor rekening tujuan, kecuali mereka yang sudah menambahkan rekening tujuan ke Daftar Favorit.

Baca  10 Cara Top Up ShopeePay Lewat SeaBank & Gratis Admin

Perlu diketahui bahwa ketika salah memasukkan nomor rekening satu digit saja, maka data penerima tidak akan muncul sehingga proses transfer tidak bisa dilanjutkan. Sebagai solusinya, silahkan periksa nomor rekening tujuan, jika memang kesalahan dari si pemilik rekening, maka minta mereka untuk mengirimkan ulang nomor rekening yang benar.

4. SeaBank Sedang Gangguan Sistem

Penyebab lainnya juga bisa berasal dari sistem yang sedang mengalami gangguan. Ketika terjadi gangguan sistem atau Maintenance, biasanya akan tertera pemberitahuan Metode Transfer Sedang Tidak Tersedia pada halaman transfer.

Lalu bagaimana cara mengasi masalah tersebut? Bisa dibilang tidak ada solusi apapun ketika masalah disebabkan oleh gangguan sistem kecuali menunggu sampai proses Maintenance berakhir dan fitur transfer kembali bisa digunakan.

5. Dicurigai Adanya Akses Terlarang

Sedangkan untuk penyebab terakhir adalah sistem mencurigai adanya akses terlarang pada akun SeaBank kalian. Dengan begitu, segala bentuk transaksi finansial seperti Top Up, pembelian, pembayaran hingga transfer melalui SeaBank tidak akan lolos verifikasi.

Untuk mengatasinya, sebaiknya segera hubungi Call Center SeaBank. Nantinya petugas bakal memberikan keterangan lebih lanjut mengenai masalah tersebut. Jika memang benar ada upaya penyalahgunaan akun SeaBank, biasanya kalian akan diminta untuk melakukan perubahan PIN dan Password SeaBank.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah penjelasan dari Pakaiatm.com mengenai penyebab SeaBank tidak bisa mengirim uang ke sesama dan Bank lain. Diatas kami juga menjelaskan mengenai cara mengatasi masalah tersebut sesuai dengan penyebabnya. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini, kalian para pengguna SeaBank tidak perlu panik lagi jika suatu saat mengalami kendala serupa.

sumber gambar :

  • Mediakonsumen.com
  • Channel Youtube GobindHooD
  • Channel Youtube DUNIA TUTORS