Wajib Tahu!! 6 Ciri-Ciri Penipuan SeaBank

Ciri-Ciri Penipuan SeaBank – Di zaman sekarang, banyak sekali modus penipuan melalui Digital Banking dimana hal ini tentu mengancam saldo pengguna di rekening Bank. Ada berbagai cara yang kerap dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab demi melancarkan aksi nya.

Bicara mengenai kasus penipuan dalam Dunia perbankan, SeaBank merupakan Bank Digital yang kerap menjadi sasaran empuk para pelaku. Mengingat layanan ini yang masih baru, dimanfaatkan oleh mereka (para pelaku penipuan) untuk pengguna nya yang kebanyakan belum tahu seluk beluk layanan ini.

Sebagai pengguna layanan Bank Digital SeaBank, kalian wajib tahu beberapa modus penipuan yang kerap dialami pengguna Seabank. Dengan begitu keamanan saldo di rekening lebih terjaga.

Ada beberapa ciri-ciri atau indikasi yang diklaim sebagai penipuan SeaBank. Berikut adalah informasi lengkap mengenai ciri-ciri penipuan yang mengatasnamakan PT Bank SeaBank Indonesia.

Ciri-Ciri Penipuan SeaBank

Ciri Ciri Penipuan SeaBank

SeaBank merupakan layanan Bank Digital yang dikelola oleh Sea Group, pemilik rekening ini bakal memperoleh keuntungan berupa bebas biaya admin untuk transfer ke sesama maupun Bank  lain. Selain itu, SeaBank juga menawarkan suku bunga yang menarik untuk para pengguna yang menabung di rekening ini.

Sementara itu, terlepas dari segala keuntungan yang ditawarkan, kami yakin disini banyak dari kalian yang sudah membuka rekening SeaBank lewat aplikasi Shopee atau melalui Kantor Cabang Bank SeaBank. Dengan begitu, kami punya informasi penting yang wajib kalian ketahui.

Baca  9 Cara Top Up Saldo SeaBank Lewat DANA Gratis Admin

Jadi, perlu diketahui bahwa belakangan ini cukup marak terjadi kasus penipuan yang mengatasnamakan SeaBank. Aksi ini jelas mengincar saldo korban yang tersimpan di rekening SeaBank. Oleh karena itu, disini kami menghimbau agar selalu berhati-hati terhadap segala bentuk penawaran hadiah, informasi keamanan dan lain sebagainya.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa ciri-ciri penipuan SeaBank yang wajib kalian waspadai :

1. SMS Meminta Kode OTP

Ciri-ciri yang pertama adalah SMS berisi permintaan Kode OTP yang mengatasnamakan SeaBank. Modus seperti ini bisa terjadi pada siapapun pengguna SeaBank, sebab disinyalir pelaku mengirimkan SMS tersebut secara acak ke seluruh nomor HP yang terdaftar sebagai pengguna SeaBank.

Biasanya kalian akan menerima SMS dari nomor yang tidak dikenal berisi 4 atau 6 digit Kode OTP. Tidak berselang lama, akan ada SMS masuk dari nomor lain yang meminta Kode OTP tersebut. Apabila kalian mengirimkannya, maka pelaku bakal menggunakan Kode OTP tersebut untuk mengakses akun SeaBank.

Selain itu, pada SMS tersebut juga bisa berisi pemberitahuan kalau akun SeaBank dalam bahaya, oleh karena demi alasan keamanan kalian diminta mengirimkan Kode OTP yang sudah dikirim pelaku.

2. Penawaran Hadiah Dengan Syarat Transfer Uang

Ciri-ciri kedua adalah penawaran hadiah dari undian SeaBank atau program tertentu yang kata nya diadakan oleh SeaBank. Jika kalian merasa tidak pernah mengikuti undian apapun dari SeaBank, maka jelas aksi ini merupakan modus penipuan.

Sistem atau cara kerja nya bisa melalui SMS atau Email dan biasanya pelaku akan meminta kalian untuk mentransfer sejumlah uang dari rekening SeaBank sebagai syarat penerimaan hadiah. Segera abaikan jika ada SMS maupun Email yang mengatasnamakan SeaBank dan berisi pemberian hadiah, karena dari pihak SeaBank sendiri tidak pernah melakukan hal-hal semacam itu. Jika pun ada, pasti akan disertai dengan pemberitahuan yang jelas dan tidak meminta uang sepeserpun pada nasabah.

Baca  9 Cara Mengganti PIN SeaBank 2022 (Tujuan & Tips)

3. Panggilan Telepon Menggunakan Nomor HP

Kemudian untuk ciri-ciri penipuan SeaBank yang terakhir adalah panggilan dari SeaBank tapi menggunakan nomor HP bukan nomor kantor atau nomor telepon rumah. Perlu diketahui bahwa SeaBank sangat jarang bahkan tidak pernah sama sekali menghubungi nasabah kecuali ada alasan tertentu.

Jika pun harus dilakukan panggilan ke nasabah, itu pun SeaBank menggunakan nomor telepon rumah atau nomor kantor. Oleh karena itu, ketika ada telepon masuk dan mengatasnamakan SeaBank, apalagi sampai meminta kalian untuk transfer dan lain sebagainya, itu jelas salah satu modus penipuan yang mengincar pengguna SeaBank.

Selain itu, ada juga ciri-ciri lain dari panggilan semacam itu, yaitu logat bicara nya sama sekali tidak mencerminkan sebagai petugas Bank. Bahkan di beberapa kasus ada yang sampai marah-marah hingga mengeluarkan kata-kata kotor karena si calon korban enggan melakukan perintah nya.

Tips Terhindar Dari Penipuan SeaBank

Tips Terhindar Dari Penipuan SeaBank

Sampai disini kalian sudah tahu beberapa ciri-ciri atau modus penipuan SeaBank. Kemudian untuk menjaga agar terhindar dari kasus-kasus percobaan penipuan seperti diatas, kalian bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini :

1. Selalu Logout Aplikasi

Pertama, pastikan kalian selalu Logout aplikasi SeaBank setiap kali selesai transaksi. Dengan begitu, kerahasiaan akun bakal tetap terjaga sekaligus sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan akun jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti HP hilang atau ada orang yang tidak sopan mengoperasikan perangkat tersebut tanpa se-izin kalian.

2. Menjaga Kerahasiaan PIN & Password

Kedua, kalian juga wajib menjaga kerahasiaan PIN dan juga Password SeaBank, jangan beritahukan data tersebut pada siapapun, termasuk Suami, Istri, Keluarga, Kerabat apalagi orang lain yang sama sekali tidak dikenal. Selain itu, kalian juga perlu mengganti PIN maupun Password SeaBank setiap 3 bulan sekali guna memaksimalkan keamanan akun sekaligus kerahasiaan data tersebut.

Baca  10 Cara Top Up OVO Lewat SeaBank & Gratis Admin

3. Mengetahui Kanal Resmi SeaBank

Terakhir, agar terhindar dari segala bentuk modus penipuan yang mengatasnamakan SeaBank, kalian wajib tahu kanal resmi dari SeaBank itu sendiri. Berikut adalah beberapa Kontak, Media Sosial dan Email resmi yang dimiliki SeaBank :

  • Instagram : SeaBank.id
  • Facebook : SeaBank Indonesia
  • Call Center : 1500 130
  • Email : cs@seabank.co.id
  • Website : SeaBank.co.id

Apabila ada Email, DM atau Panggilan yang bukan dari salah satu kontak diatas, maka bisa dipastikan itu merupakan upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

KESIMPULAN

Itu dia beberapa ciri-ciri penipuan SeaBank yang wajib kalian ketahui sebagai pengguna. Jadi ada beberapa modus yang digunakan para pelaku untuk melancarkan aksi nya, mulai dari meminta Kode OTP, meminta sejumlah uang sebagai syarat penerimaan hadiah dan lain sebagainya.

Diatas tim Pakaiatm.com juga menjelaskan beberapa tips yang berguna untuk menghindari segala bentuk modus penipuan yang mengatasnamakan SeaBank. Jadi, pastikan kalian aman dan selalu menjaga kerahasiaan PIN dan informasi pribadi yang terhubung dengan akun SeaBank.

sumber gambar :

  • Facebook SeaBank