Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri & Biaya Terbaru 2020

Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri – Rekening koran adalah ringkasan seluruh transaksi keuangan dari sebuah rekening, dapat berupa rekening milik pribadi ataupun rekening milik badan usaha. Di dalam rekening koran terlampir sebuah data berisi sebuah rincian mengenai alur debit dan kredit serta termasuk dana transfer masuk ataupun keluar. Sebelum teknologi berkembang, dahulu nasabah hanya dapat mengecek dan melihat data rincian transaksi rekeningnya dari rekening koran.

Adapun syarat dan ketentuan tentang percetakan atau pemberitahuan mengenai rekening koran setiap bank dapat berbeda – beda. Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia sendiri terdapat banyak bank, salah satunya bank Mandiri. Akan tetapi untuk saat ini, para nasabah bank Mandiri sudah dapat mengakses transaksi keuangan dengan sistem online. Nasabah bank Mandiri dapat melihat seluruh rincian daftar transaksi sampai mutasi rekening melalui aplikasi Mandiri online, website bank Mandiri dan mesin ATM Mandiri.

Jadi permintaan cetak rekening koran Mandiri sudah mulai jarang. Meskipun sudah jarang, namun masih ada beberapa orang yang membutuhkan rekening koran. Sebab rekening koran mandiri memiliki banyak kegunaan bagi nasabah bank Mandiri. Seperti untuk mengajukan Visa, mengajukan pinjaman, mengikuti lelang, audit keuangan perusahaan, menjadi bukti hukum dan masih banyak lagi kegunaan rekening koran. Karena kegunaannya tersebutlah, yang membuat beberapa orang masih ingin cetak rekening koran Mandiri.

Untuk dapat cetak rekening koran Mandiri, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah bank Mandiri. Syarat cetak rekening Mandiri tak jauh berbeda seperti syarat buat ATM Mandiri. Pasalnya syarat cetak rekening koran Mandiri menggunakan data atau dokumen yang hampir sama dengan data atau dokumen membuat ATM Mandiri. Jadi nasabah tak perlu ribet untuk mempersiapkan syarat – syaratnya. Lalu apa saja syarat – syarat cetak rekening-nya ? untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri Beserta Biaya

Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri Beserta Biaya

Ada beberapa syarat yang harus nasabah siapkan. misalnya buku tabungan asli, kartu tanda penduduk atau KTP dan syarat lainnya. Dengan memenuhi persyaratan mencecetak rekening koran, maka nasabah akan dapat dengan mudah melakukan pengajuan untuk cetak rekening koran bank Mandiri. Beberapa syarat mencetak rekening koran Mandiri ada satu syarat yang paling penting yaitu perihal biaya. seperti halnya bank – bank lainnya yang melampirkan biaya cetak sebagai syarat, maka bank Mandiri juga menarik biaya cetak tersebut. Baik untuk memperjelas, berikut syarat – syarat cetak rekening koran Mandiri.

Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri

Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri Beserta Biaya 1

Berikut beberapa dokumen – dokumen yang diperlukan sebagai syarat cetak rekening koran bank Mandiri. Beberapa dokumen tersebut bisa kita dapat dengan mudah di rumah, seperti dokumen identitas diri dan dokumen sebagai nasabah bank Mandiri.

1. Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP

Sama halnya seperti kita mengajukan hal apapun yang berkaitan dengan perbankan, syarat ini menjadi syarat paling utama. Untuk dapat cetak rekening koran, bank Mandiri melampirkan syarat untuk membawa e-KTP untuk mencocokkan buku tabungan dengan identitas diri agar tidak ada kesalahan data atau apapun itu sehingga data di rekening koran dengan data di buku tabungan dan data di e-KTP sama.

2. Identitas Diri Lainnya

Bagi anda yang tidak dapat menunjukkan e-KTP, anda bisa melampirkan data diri lainnya seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) atau Paspor.

3. Buku Tabungan Bank Mandiri Asli

Syarat kedua yaitu buku tabungan asli. Agar dapat cetak rekening koran, nasabah harus datang sendiri ke cabang bank Mandiri terdekat di daerah anda dengan membawa buku rekening bank mandiri asli. Hal ini bertujuan untuk mencocokkan data buku tabungan dengan identitas diri serta sebagai bukti bahwa anda adalah seorang nasabah bank Mandiri.

4. Kartu Debit atau Kartu ATM

Saat anda di bank Mandiri teller bank akan meminta anda menunjukkan kartu ATM sebagai bukti kepemilikan rekening dan sebagai nasabah bank Mandiri. Hal ini dikarenakan data di rekening koran tak jauh berbeda dengan data di kartu debit anda. Jadi jangan lupa membawa kartu debit agar proses cetak rekening koran dapat dilakukan.

5. Biaya Cetek Rekening Koran

Seperti yang sudah kami bahas diatas bahwa cetak rekening koran akan dikenai biaya per lembar. Biaya cetak sendiri berbeda – beda sesuai dengan jenis tabungan bank Mandiri. Jadi jangan lupa untuk membawa uang jika ingin cetak rekening koran Mandiri.

Biaya Cetak Rekening Koran Mandiri

Biaya Cetak Rekening Koran Mandiri

Untuk lebih memperjelas mengenai syarat kelima, berikut ini kami lampirkan biaya cetak setiap jenis tabungan Mandiri. Berikut biaya cetak rekening-nya.

1. Rekening Koran Mandiri Tabungan

Untuk jenis rekening tabungan ini nasabah akan dikenai biaya cetak rekening koran Rp.2.000 per lembar.

2. Mandiri Tabungan Rencana

Jenis tabungan ini memiliki tarif biaya cetak sebesar Rp.3.000 per lembar di luar rekening koran dengan penyampaian bank secara triwulan dan untuk Mandiri Tabungan Rencana Valas biaya cetak sebesar USD 0,5 per lembar di luar rekening koran yang disampaikan bank Mandiri secara triwulan.

3. Mandiri Giro Rupiah

Untuk jenis tabungan ini biaya cetak per lembarnya tergantung berapa banyak lembaran yang di cetak sesuai periode yang diminta oleh nasabah.

  • Apabila kurang dari 3 bulan biaya cetak sebesar Rp.2.500 per lembar.
  • Sedangkan lebih dari 3 hingga 6 bulan biaya cetak sebesar Rp.5.000 per lembar.
  • Dan lebih dari 6 hingga 9 bulan biaya cetak sebesar Rp.10.000 per lembar.
  • Serta lebih dari 9 hingga 12 bulan biaya cetak sebesar Rp.15.000 per lembar.
  • Untuk periode lebih dari 12 bulan biaya cetak sebesar Rp.20.000 per lembar.

Demikian informasi mengenai syarat cetak rekening koran Mandiri beserta biaya cetak rekening-nya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Perlu anda ketahui bahwa cetak rekening koran bukanlah hal yang sulit dan ribet.