3 Cara Cetak Bukti Transfer Mandiri 2020 : Fungsi & Penyebab

Cara Cetak Bukti Transfer Mandiri – Mungkin saat ini setiap nasabah yang memiliki rekening tabungan akan mendapatkan apa itu yang dinamakan dengan kartu ATM. Dengan adanya fasilitas kartu ATM nantinya nasabah dapat melakukan transaksi di mesin ATM seperti transfer, cek saldo, pembayaran, tarik tunai ataupun lainnya.

Apalagi saat ini mesin ATM sudah disediakan diberbagai tempat, salah satunya seperti sudah berada di mall, minimarket, supermarket dan beberapa tempat umum serta ramai lainnya. Hal itu akan membuat nasabah akan terasa dimudahkan dalam urusan bertransaksi soal keuangannya.

Namun semua nasabah baik bank Mandiri, BCA, BRI, dan bank lainnya tidak dapat menikmati layanan mesin ATM mulus setiap saat, pastinya ada juga transaksi yang mengalami masalah. Seperti terjadinya kartu ATM tertelan atau hanya sekedar mesin ATM tidak mengeluarkan bukti transfer atau struk setelah melakukan transfer uang ke rekening lain.

Berbagai masalah tersebut masih bisa diatasi maupun ditangani, nah pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai cara cetak BUKTI TRANSFER MANDIRI akibat setelah melakukan transaksi tidak mau mengeluarkan bukti transfernya. Dimana jika mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir karena masih bisa ditangani.

Cara Cetak Bukti Transfer Mandiri Mudah & Cepat

Cara Cetak Bukti Transfer Mandiri Mudah Cepat

Untuk anda para nasabah Mandiri yang pernah atau sedang mengalami masalah tidak mau keluarnya bukti transfer dari mesin ATM setelah transaksi. Berikut akan disampaikan secara jelas untuk cara cetak bukti transfer tersebut dibawah ini.

Cara Cetak Bukti Transfer Mandiri

Cara Cetak Bukti Transfer Mandiri

Dalam cara atau proses cetak bukti transfer sendiri bisa dikatakan ada beberapa pilihan cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pencetakan bukti transfer tersebut. Dan berikut beberapa cara yang dapat dilakukan saat anda ingin cetak bukti transfer saat mengalami masalah tidak mau keluar cetak bukti transfernya.

Cetak pada ATM Mandiri Lain

Cara cetak bukti transfer yang pertama bisa dikatakan sangat mudah sekali, dimana cara cetak bukti transfernya anda hanya perlu mendatangi mesin ATM Mandiri yang lainnya. Dalam pencetakan ini nasabah Mandiri hanya perlu melakukan cetak mutasi saja, kemudian akan keluar struk atau bukti transfernya.

  • Langkah pertama masukan kartu ATM ke mesin ATM Mandiri.
  • Pilih bahasa dan masukkan PIN.
  • Lanjut dengan pilih menu TRANSAKSI LAINNYA.

Pilih Menu TRANSAKSI LAINNYA

  • Setelah itu pilih menu CETAK MUTASI.

Pilih Menu CETAK MUTASI

  • Terakhir mesin ATM akan memproses dan mengeluarkan struk yang berisi mengenai 5 transaksi terakhirnya.

Cetak di Kantor Cabang Bank Mandiri

Selain cara cetak bukti transfer yang pertama itu tadi, nantinya anda juga dapat melakukan cetak bukti transfer dengan datang ke kantor cabang bank Mandiri. Dimana sampaikan kepada petugas setelah sampai di bank Mandiri jika anda ingin melakukan cetak rekening koran, maka petugas akan mulai membantunya.

Namun untuk bisa berjalan lancar, anda terlebih dahulu untuk menyiapkan persyaratan pencetakan bukti transfer rekening koran tersebut. SYARAT CETAK REKENING KORAN MANDIRI sendiri mudah dan sederhana untuk dipenuhi, seperti:

  • Buku rekening tabungan Mandiri.
  • Kartu ATM Mandiri.
  • Kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Cetak Bukti Transfer di Layanan Mandiri Online

Jika telah melakukan transfer melalui mesin ATM dan tidak mendapatkan bukti transfer atau struk, namun anda juga menggunakan layanan Mandiri Online. Maka bisa manfaatkan layanan Mandiri Online ini untuk melakukan cetak ulang bukti transfernya, dan berikut beberapa langkah mudahnya.

  • Pertama buka aplikasi Mandiri Online di smartphone anda.
  • Setelah itu masukkan User Id dan Password.
  • Jika sudah nantinya anda akan dibawa ke menu utama, langsung saja pilih dan klik menu Strip Tiga yang berada di pojok kiri atas.

Klik Menu Strip Tiga

  • Anda akan diberikan pilihan menu baru, langsung saja pilih menu Status Transaksi.

Pilih Menu Status Transaksi

  • Kemudian atur tanggal terjadinya transfer uang tersebut, jika sudah klik CARI.

Klik CARI

  • Nantinya akan muncul mengenai transfer yang di maksud, klik pada transaksi tersebut.

Klik Pada Transaksi

  • Kemudian akan muncul bukti transfer dari rekening anda ke rekening tujuan. Anda diberikan dua pilihan akan di share atau di download bukti transfer tersebut.

Pilih Share atau Download

  • Cetak bukti transfer lewat Mandiri Online berhasil.

Fungsi Bukti Transfer

Fungsi Bukti Transfer

Jika diatas sudah membahas mengenai cara cetak bukti transfernya, maka selanjutnya anda juga perlu mengetahui mengenai fungsi bukti transfer tersebut. Dan berikut beberapa fungsi umum dari apa itu yang dinamakan dengan bukti transfer.

  • Nasabah Mandiri dapat mengetahui riwayat transaksi yang dilakukan.
  • Digunakan sebagai bukti transfer atau transaksi pembayaran lainnya yang sah, terutama saat bertransaksi kepada penjual online shop dimana sangat membutuhkan apa itu namanya bukti transfer.
  • Selain itu juga untuk mencegah upaya penipuan maupun penyalahgunaan rekening oleh pihak yang tidak mau bertanggung jawab.

Penyebab Mesin ATM Tidak Mengeluarkan Struk

Penyebab Mesin ATM Tidak Mengeluarkan Struk

Mengapa mesin ATM tidak mau mengeluarkan struk atau bukti transfer? kadang pertanyaan tersebut muncul juga dibanyak benak para nasabah setelah melakukan transfer namun tidak mendapatkan bukti transfer tersebut.

Faktor penyebabnya sendiri terdapat dua hal, satu dikarenakan oleh sistem mesin ATM yang sedang mengalami gangguan atau kerusakaan. Kedua kertas yang digunakan untuk cetak struk atau bukti transfer tersebut habis, sehingga mesin ATM tidak mencetaknya.

FAQ

1. Berapa biaya Cetak Rekening Koran Mandiri?

Untuk pencetakan rekening koran Mandiri di kantor cabang sendiri bisa dikenakan biaya Rp 2.000 perlembarnya.

2. Apa Itu Bukti Transfer?

Buki transfer ialah dokumen asli yang menjadi alat perekam seluruh transaksi yang telah terjadi.

Demikianlah informasi yang bisa pakaiatm.com sampaikan untuk anda semua mengenai cara cetak bukti transfer yang bisa disampaikan. Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi para nasabah Mandiri yang mengalami masalah tidak mau keluarnya struk setelah melakukan transfer di mesin ATM.