√ Apa Itu Kode CVV 2021 : Fungsi, Jenis Kartu, Cara & Tips

Apa Itu Kode CVV – Penggunaan sebuah kartu debit/ATM maupun kartu kredit mungkin saat ini bisa dikatakan hampir kebanyakan orang di Indonesia telah menggunakannya. Karena dengan kartu inilah nantinya para pemilik akan bisa melakukan transaksi.

Untuk transaksi yang bisa dilakukan dengan kartu debit/kredit juga cukup beragam, seperti misalnya pembayaran dan beberapa transaksi lainnya. Sehingga proses pembayaran yang akan dilakukan dapat dengan mudah dilakukan tanpa perlu mengeluarkan sebuah uang cash.

Namun, apakah anda pernah memerhatikan dan mengamati bentuk fisik dari kartu debit/kredit pada kartu yang dimilikinya? Tentunya pernah dan melihat ada apa saja di fisik dari kartu itu. Biasanya akan dibuat rasa penasaran mengenai apa itu nomor yang ada pada kartu.

Biasanya dalam kartu akan diberikan 16 digit nomor kartu, bulan dan tahun masa berlaku kartu serta kode CVV atau CVC. Mungkin mengenai nomor kartu dan masa berlaku kartu anda sudah memahaminya, namun untuk kode CVV pastinya bertanya-tanya apa itu pengertian dan fungsinya.

Apa Itu Kode CVV Terlengkap dari Fungsi, Jenis Kartu, Cara & Tips Aman Menggunakan

Apa Itu Kode CVV Terlengkap dari Fungsi Jenis Kartu Cara Tips Aman Menggunakan

Nah jika penasaran akan apa itu kode CVV atau CVC, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasinya secara jelas dan lengkap. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar nantinya rasa penasaran anda mengenai kode CVV akan terjawabkan.

Apa Itu Kode CVV?

Apa Itu Kode CVV

CVV atau kepanjangan dari Card Verification Value merupakan 3 atau 4 digit angka yang terdapat dibalik kartu debit dan kartu kredit. Umumnya 3 atau 4 digit angka ini letaknya berada di samping tanda tangan dari si pemilik kartu. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan letak dari angka ini pada kartu, karena jelas sekali penampakannya.

Fungsi Kode CVV

Untuk fungsi dari rangkaian angka atau kode CVV itu sendiri digunakan sebagai verifikasi saat bertransaksi secara online menggunakan kartu kreditnya. Dimana nantinya pengguna kartu debit/kredit hanya perlu memasukkan nomor CVV sebagai langkah pengesahan pada proses terakhir pelunasan pembelian.

Jenis Kartu yang Menggunakan Kode CVV

Jenis Kartu Menggunakan Kode CVV

Setelah mengetahui mengenai apa kode CVV dan fungsi dari kode CVV yang ada pada kartu ATM dengan debit/kredit. Maka anda juga perlu mengetahui kartu apa saja yang menggunakan atau terdapat kode CVV-nya. Berikut jenis kartu tersebut:

1. Visa & MasterCard

Semua kartu debit/kredit yang memiliki logo Visa serta MasterCard secara umum memiliki tiga digit kode CVV, contoh KARTU ATM BRI dan kartu dari beberapa bank lainnya. Biasanya untuk mengetahui kode CVV ini anda akan melihat nomor yang terpisah dengan nomor kartu kredit itu sendiri.

2. American Express

Selain kartu Visa & MasterCard, kartu selanjutnya yang menggunakan kode CVV yaitu American Express. Berbeda dengan kartu VISA dan MasterCard, American Express Dimana American Express ini sendiri mencantumkan kode CVV/CVC di bagian depan kartunya yang terletak di bagian atas nomor kartu kredit dengan ukuran lebih kecil. Dan biasanya American Express akan memberlakukan 4 digit kode CVV.

3. Paypal

Tidak hanya Visa & MasterCard serta American Express saja, ternyata kode CVV juga terdapat pada salah satu alat pembayaran digital yaitu Paypal. Walaupun Paypal merupakan alat pembayaran digital, namun pihak Paypal tetap memberikan fitur CVV.

Dalam mendapatkan kode CVV itu sendiri di Paypal, para pengguna harus mengakses member dashboard Paypal. Setelah itu tinggal menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kriteria diinginkan, biasanya di dalam pengaturan itu akan terdapat beberapa pilihan jumlah yang diizinkan sampai akun merchant yang menjadi langganan.

Cara Transaksi Online dengan Kartu Kredit

Cara Transaksi Online dengan Kartu Kredit

Seperti anda ketahui sendiri jika kartu kredit dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran secara online. Namun terkadang masih banyak pengguna bingung mengenai proses penggunaannya, dan berikut langkah atau cara transaksi online dengan menggunakan kartu kredit.

  • Pertama pilih barang yang akan dibeli.
  • Pilih metode pembayaran akan digunakan.
  • Lanjut dengan pembayaran menggunakan kartu kredit.
  • Masukkan data kartu kredit anda.
  • Lalu masukkan kode CVV-nya.
  • Setelah itu sistem akan mengirimkan kode ke nomor ponsel pengguna berupa pop up notifikasi dalam bentuk pesan singkat (SMS).
  • Terakhir anda hanya perlu verifikasi transaksi dengan memasukkan kode yang dikirimkan tadi.
  • Proses pembayaran belanjaan online dengan kartu kredit selesai.

Tips Aman Menggunakan CVV Kartu Kredit

Tips Aman Menggunakan CVV Kartu Kredit

Banyak orang tidak menyadari bahwa kode CVV sangatlah rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Dengan begitu berikut akan disampaikan juga mengenai tips aman saat menggunakan CVV kartu kredit/debit, apalagi saat digunakan transaksi online.

  • Tidak dianjurkan untuk menyimpan kode CVV pada ponsel/HP.
  • Menutup kode CVV pada kartu dengan selotip agar nomor tidak terlihat.
  • Jangan menyimpan data-data kartu kredit dan CVV dalam aplikasi. Hal itu untuk menghindari pencurian data.
  • Jangan klik atau mengisi formulir yang meminta data kartu kredit maupun kode CVV.
  • Gunakan kartu kredit dengan hanya menggesek di mesin EDC.
  • Hindari menggesek pada mesin kasir demi menghindari penduplikasian data kartu kredit.
  • Gunakan sistem keamanan ganda, seperti misalnya memasang PIN untuk setiap transaksi kartu kredit secara offline.
  • Lakukan pemblokiran jika terdapat transaksi mencurigakan yang tiba-tiba ada pop up konfirmasi di ponsel atau HP.

FAQ

1. Bisakah kode CVV kartu kredit/debit dapat diubah.

Tidak. Nomor ini akan ditentukan secara otomatis.

2. Perlukah memberikan kode CVV saat transaksi di kasir toko?

Tidak perlu.

Demikianlah informasi yang dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai apa itu kode CVV secara lengkap dari fungsi sampai tips aman menggunakan kode CVV untuk bertransaksi. Semoga adanya ulasan tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.