BCA Mobile Error 209 ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

BCA Mobile Error 209 – Teruntuk nasabah baru atau nasabah lama bank BCA, tentu saja sudah diingatkan untuk mengaktifkan layanan Mobile Banking agar nantinya bisa melakukan berbagai jenis transaksi hanya lewat sebuah perangkat smartphone yang sudah terhubung koneksi internet.

Di mana layanan Mobile Banking bank BCA adalah m-BCA yang bisa diakses melalui aplikasi BCA Mobile. Guna bisa menggunakan BCA Mobile atau m-BCA, terlebih dahulu Anda harus sudah melakukan registrasi melalui mesin ATM maupun datang langsung ke kantor cabang bank BCA terdekat.

Dalam penggunaan BCA Mobile tersebut, tidak semua nasabah bisa berjalan lancar ketika menjalankan transaksi yang diinginkan. Ada kalanya nasabah BCA akan menemui masalah atau error yang menjadikan transaksi akan gagal dan tertunda sampai BCA Mobile / m-BCA kembali normal.

Biasanya kejadian error BCA Mobile akan menunjukkan sebuah kode, seperti misalnya BCA Mobile error 205, BCA Mobile error 209, BCA Mobile error 213 dan error lainnya. Nah kali ini pakaiatm.com akan sajikan informasi mengenai BCA Mobile Error 209 secara lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya.

BCA Mobile Error 209

Advertisements

Advertisements

BCA Mobile Error 209

Teruntuk Anda para nasabah BCA dan menggunakan layanan BCA Mobile atau M Banking BCA, kemudian menemui masalah error dengan keterangan yang muncul “209 – Unable to authenticate your identity”. Maka dengan membuka artikel ini sangatlah tepat, karena akan disajikan secara lengkap penjelasannya.

Baca  √ Tidak Bisa Bayar Akulaku di Livin Mandiri ? Ini 6 Penyebab & Solusinya

Penyebab BCA Mobile Error 209

Mengenai penyebab munculnya kode error “209 – Unable to authenticate your identity” pada saat membuka BCA Mobile itu artinya layanan membutuhkan verifikasi ulang. Biasanya ini terjadi saat nasabah baru saja mengganti nomor telepon atau ganti perangkat maka dibutuhkan verifikasi ulang.

Kendati demikian, bagi para pengguna yang baru pertama kali menemui permasalahan atau kode error 209 ini akan sedikit cemas dan khawatir. Namun sebaiknya tidak perlu terlalu cemas, karena kejadian error 209 masih terbilang mudah untuk di atasi dan diselesaikan.

Cara Mengatasi BCA Mobile Error 209

Namun terbilang mudah mengatasi, bagi sebagian nasabah BCA atau pengguna BCA Mobile masih banyak yang belum tahu mengenai cara mengatasinya. Rupanya solusi mengatasinya adalah dengan melakukan verifikasi ulang m-BCA, untuk yang masih belum paham cara verifikasi ikuti langkah berikut:

1. Klik Ikon (i)

Pertama, silakan buka dan jalankan aplikasi BCA Mobile di perangkat yang digunakan baik itu Android atau iOS. Jika sudah klik ikon (i) di pojok kanan atas.

1. Klik Ikon i

2. Klik Verifikasi Ulang

Setelah itu muncul layar tampilan baru, klik saja pada menu “Verifikasi Ulang”.

2. Klik Verifikasi Ulang

3. Klik Simpan

Dengan begitu Anda akan dibawa ke menu tampilan seperti di bawah ini, silakan klik dibagian “Simpan”.

3. Klik Simpan

4. Masukkan 16 Digit Nomor Kartu ATM

Lalu Anda akan diminta memasukkan 16 digit angka yang tertera di kartu ATM BCA, setelah itu klik “OK” dan tunggu verifikasi selesai.

4. Masukkan 16 Digit Nomor Kartu ATM

5. Masukkan Kode Akses

Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan kode akses yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf, bisa gunakan akses kode lama. Jika sudah klik “OK”.

5. Masukkan Kode Akses

6. Verifikasi Ulang BCA Mobile Berhasil

Jika sudah melewati langkah di atas, maka proses verifikasi ulang BCA Mobile berhasil dan nantinya sudah tidak muncul error 209 lagi.

Baca  √ Penyalahgunaan Kartu ATM BNI : 8 Penyebab & Mengatasi

6. Verifikasi Ulang BCA Mobile Berhasil

Kenapa Gagal Verifikasi Ulang BCA Mobile?

Dalam proses verifikasi ulang diatas, nantinya juga bisa alami kegagalan. Lantas kenapa proses verifikasi ulang BCA Mobile tersebut gagal? Mengenai hal itu, ada beberapa faktor yang menjadikan penyebab gagal verifikasi ulang BCA Mobile, seperti misalnya:

1. Pulsa & Internet Tidak Lancar

Pertama, kegagalan bisa saja terjadi karena saat melakukan verifikasi ulang pulsa tidak cukup dan koneksi internet tidak lancar. Jika kedua hal itu terjadi maka kejadian error saat melakukan proses verifikasi ulang di BCA mobile tidak bisa dielakkan, jadi pastikan keduanya terpenuhi.

2. Penggunaan HP Dual-Sim

Kedua gagal proses aktivasi ulang BCA Mobile dikarenakan pengguna ponsel menggunakan dual SIM. Akibatnya BCA mobile gagal mengirim pesan ke server karena ada dua nomor yang terdaftar di ponsel Anda. Solusinya tinggal lakukan pengaturan SMS yaitu SIM card 1 merupakan nomor yang terdaftar.

Untuk pengguna Android silakan ke “Pengaturan” > “Kartu SIM” > “Pesan SMS” > “SIM 1”.

Lalu saat masih gagal, silakan cabut SIM 2 dahulu dan lakukan verifikasi ulang, kemudian setelah berhasil silakan pasang kembali SIM 2.

3. Penggunaan HP Xiaomi

Teruntuk pengguna HP Xiaomi secara default nantinya akan menghalangi BCA Mobile saat melakukan pengiriman pesan, maka dari itu pengguna harus mengaktifkan secara manual. Ini dia langkahnya:

Pergi ke menu “Pengaturan” > “Aplikasi” > “BCA mobile” > “Izin” > “Aktifkan SMS“.

4. Versi Aplikasi BCA Mobile

Gagal verifikasi ulang BCA Mobile juga bisa terjadi karena ada kemungkinan versi aplikasi BCA mobile memiliki bug tanpa disadari. Jadi silakan update aplikasi versi BCA Mobile ke versi terbaru, setelah itu lanjut verifikasi ulang.

Baca  15 Cara Bayar Premi Prudential Lewat ATM BCA 2022

5. Tidak Memiliki Izin Aplikasi Akses Sistem

Gagal terakhir bisa terjadi karena aplikasi BCA Mobile tidak memiliki izin untuk akses sistem tertentu sehingga aplikasi BCA Mobile gagal berjalan maksimal. Untuk cara mengatasi silakan pengaktifan perizinan seperti:

Pergi ke menu “Pengaturan” > “Halaman Aplikasi” > “BCA Mobile” > “Ceklis Izin”.

Catatan : Jika saja masih alami masalah, silakan hubungi Halo BCA di 1500888 atau lewat twitter di @HaloBCA.

Mungkin seperti itulah pembahasan mengenai BCA Mobile atau M Banking BCA Error dengan menampilkan kode error 209 yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait error 209 Mobile Banking BCA di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements