√ Buku Tabungan BCA Hilang 2021 : Syarat & Cara Mengurus

Buku Tabungan BCA Hilang – Nasabah BCA tentu sudah pernah menemukan berbagai masalah. Seperti misalnya transaksi perbankan yang gagal, ATM RUSAK, ATM tertelan, ATM hilang, bahkan sampai buku tabungan juga hilang.

Semua masalah tersebut tentu akan membuat sedikit kekhawatiran bagi pemilik rekening tabungan. Apa lagi ini menyangkut dengan hal sensitif yaitu mengenai uang, bagaimanapun akan muncul rasa panik serta khawatir.

Jika nasabah BCA mengalami kehilangan buku tabungan, maka dengan baca artikel ini adalah salah satu cara yang tepat. Karena pada pembahasan ini sendiri pakaiatm.com akan menyampaikan informasi mengenai buku tabungan BCA hilang.

Di mana yang akan di bahas sendiri yaitu mengenai syarat, cara sampai biaya dalam pengurusan buku tabungan hilang tersebut. Sebenarnya buku rekening BCA hilang untuk syarat dan cara pengurusannya tidak jauh berbeda dengan bank lain seperti BRI, BNI, Mandiri dan lainnya.

Buku Tabungan BCA Hilang

Namun terkadang banyak nasabah BCA yang masih tetap saja bingung dan belum tahu secara jelas bagaimana untuk menyikapinya. Dan untuk lebih jelasnya, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini. Jadi simak sampai akhir.

Syarat Diperlukan

Syarat Diperlukan Mengurus Buku Tabungan Hilang

Bagi nasabah BCA yang akan melakukan pengurusan buku tabungan hilang, alangkah baiknya untuk tahu akan syarat-syarat apa saja yang dibutuhkannya. Berikut beberapa syarat diperlukan saat mengurus buku tabungan hilang, seperti:

  • Surat kehilangan yang di minta di kepolisian.
  • Membawa identitas diri (KTP, paspor).
  • Pemilik buku tabungan membawa kartu ATM BCA.
  • Identitas orang tua (ibu kandung), hal ini biasanya akan ditanyakan oleh customer service nantinya.
  • Uang tunai.

Setelah tahu akan syarat-syarat tersebut, maka sebelum datang ke kantor cabang BCA terlebih dahulu harus sudah membuat surat kehilangan. Di mana membuat surat kehilangannya sendiri Anda bisa melakukan di kantor kepolisian.

Dalam mendapatkan surat kehilangan, maka Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis. Yang terpenting Anda bisa menunjukkan keterangan secara jelas mengenai hilangnya buku tabungan tersebut.

Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang

Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang

Setelah tahu akan syarat diperlukannya, maka berlanjut mengenai bagaimana cara pengurusannya. Caranya sangat mudah, di mana nasabah BCA yang kehilangan buku tabungan hanya perlu untuk datang ke kantor cabang bank BCA terdekat. Lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya:

1. Datang ke Kantor Cabang BCA

Langkah pertama dalam pengurusan buku tabungan yang hilang yaitu Anda hanya perlu datang ke kantor cabang bank BCA terdekat. Alangkah baiknya datang saat jam kerja bank BCA, sehingga nantinya dapat langsung untuk diproses.

2. Langsung Ambil Nomor Antrean

Setelah sampai di kantor cabang BCA, langsung saja untuk ambil nomor antrean. Kemudian tunggu sampai nomor antrean yang Anda ambil tersebut dipanggil oleh customer service BCA. Jika antrean panjang maka Anda juga akan menunggu cukup lama.

3. Sampaikan Tujuan Kedatangan

Giliran nomor antrean Anda dipanggil, langsung untuk sampaikan tujuan kedatangan Anda ke kantor cabang BCA. Di mana ingin melakukan pengurusan buku tabungan yang hilang. Seperti biasa, customer service BCA akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar hilang buku tabungan tersebut.

4. Langkah Pemprosesan

Jika sudah maka berlanjut mengenai pemprosesan yang akan dilakukan oleh customer service BCA dan Anda akan meminta syarat dan persyaratan diperlukan. Seperti misalnya kartu ATM, identitas diri pemilik tabungan (KTP), dan identitas nama ibu kandung si pemilik tabungan.

5. Berhasil

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu sampai customer service BCA selesai melakukan pemprosesan dan memberikan buku tabungan BCA baru yang menandakan pengurusan buku tabungan hilang berhasil.

Dalam pengurusan ganti buku tabungan baru nantinya akan dikenakan biaya. Dengan begitu, jangan lupa untuk bawa uang tunai untuk bayar biaya ganti buku tabungan BCA baru.

Biaya Ganti Buku Tabungan Hilang

Berapa besaran ganti buku rekening BCA hilang itu sendiri? Bisa dikatakan besaran ganti buku tabungan hilang di bank BCA terbilang cukup terjangkah atau tidak memberatkan para nasabahnya. Karena pihak BCA hanya menjatuhi biaya pergantian buku tabungan BCA baru akibat hilang yaitu Rp 5.000 saja.

FAQ

1. Apakah Buku Tabungan Hilang Harus Segera Diurus?

Ya. Karena takut di salahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab atau orang yang menemukan.

2. Bisakah Ganti Buku Tabungan BCA Hilang di Kantor Cabang Berbeda?

Selama tidak ada perubahan data pada KTP, pergantian buku rekening BCA hilang bisa di lakukan di kantor cabang BCA terdekat.

Mungkin demikian informasi dapat pakaiatm.com sampaikan untuk Anda semua mengenai buku tabungan hilang baik itu dari syarat sampai cara mengurusnya. Semoga adanya pembahasan di atas seputar buku tabungan hilang dapat bermanfaat.