√ Buku Tabungan BRI Hilang 2021 : Syarat & Cara Mengurus

Buku Tabungan BRI Hilang – Kehilangan suatu benda, barang, atau dokumen berharga tentunya akan sangat membuat pemilik terasa khawatir. Seperti misalnya saat Anda kehilangan buku tabungan rekening bank.

Tentunya rasa panik, cemas dan waswas sudah pasti menyelimuti diri si pemilik rekening. Namun sebenarnya tidak terlalu panik berlebihan, karena Anda hanya perlu pikiran tenang serta bisa mendinginkan suasana agar menemukan jalan keluarnya.

Nah untuk para nasabah bank di Indonesia termasuk nasabah BRI, tidak perlu khawatir dan panik berlebih saat mengalami hilang sebuah buku tabungan. Cepat lakukan saja pengurusan agar nantinya buku tabungan dapat kembali.

Di mana kembali di sini, memiliki artian menggantinya dengan buku tabungan baru. Namun terkadang banyak para nasabah BRI yang belum tahu bagaimana cara atau langkah mengurus buku tabungan yang hilang tersebut.

Buku Tabungan BRI Hilang

Bagi nasabah BRI yang belum tahu bagaimana cara mengurus buku tabungan hilang. Berikut akan disampaikan secara jelas. Jadi terus untuk simak pembahasan ini sampai akhir, agar nantinya saat buku tabungan hilang, bisa langsung mengurusnya.

Syarat Diperlukan

Syarat Diperlukan

Sebelum mulai ke cara atau langkah pengurusan buku tabungan hilang, terlebih dahulu untuk tahu akan syarat-syarat yang nantinya diperlukan saat pemprosesan. Ada beberapa syarat diperlukan saat mengurus buku rekening tabungan hilang, seperti:

  • Surat kehilangan dari kepolisian.
  • Membawa identitas diri pemilik tabungan BRI seperti KTP, paspor atau lainnya.
  • Membawa kartu ATM BRI.
  • Identitas orang tua (ibu kandung), biasanya akan ditanyakan.

Jadi sebelum datang ke kantor cabang BRI, Anda harus sudah membuat surat kehilangan di kantor kepolisian. Caranya sama seperti CARA MEMBUAT SURAT KEHILANGAN ATM BRI yaitu perlu datang dan membawa keterangan pasti akan hilangnya buku tabungan tersebut.

Cara Mengurus Buku Tabungan BRI Hilang

Cara Mengurus Buku Tabungan BRI Hilang

Setelah tahu akan syarat diperlukan sebelum mengurus buku tabungan hilang, berikut langkah-langkah pengurusannya. Di mana cara itu sendiri tidak jauh berbeda dengan cara mengurus BUKU TABUNGAN BNI HILANG yang harus datang ke kantor cabang bank terdekat.

1. Datangi Kantor Cabang BRI

Pertama datanglah ke kantor cabang bank BRI terdekat, alangkah baiknya ke kantor cabang BRI yang dulu menerbitkan buku tabungan BRI Anda.

2. Ambil Nomor Antrean

Jika sudah sampai di bank BRI, maka langsung saja ambil nomor antrean. Lalu tunggu sampai nomor antrean tersebut dipanggil oleh customer service BRI.

3. Sampaikan Maksud Kedatangan

Langsung saja sampaikan maksud kedatangan Anda ke kantor cabang BRI, di mana Anda ingin mengurus buku tabungan yang hilang. Biasanya customer service BRI akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar hilangnya buku tabungan Anda.

4. Mulai Pemprosesan

Setelah menyampaikan maksud kedatangannya, customer service BRI akan mulai memproses. Yaitu dengan mengganti buku tabungan BRI baru.

Nantinya saat pemprosesan customer service BRI juga akan meminta syarat diperlukan. Anda juga akan di tanya seputar nama ibu kandung.

5. Berhasil

Kemudian Anda hanya perlu menunggu sampai customer service BRI selesai pemprosesan dan memberikan buku tabungan. Dan pemprosesan (ganti) buku tabungan baru nantinya akan dikenakan biaya.

Dengan begitu, jangan lupa bawa uang tunai untuk bayar biaya ganti buku tabungan BRI baru. Atau bisa juga mengambil atau memotong langsung dari saldo rekening BRI-nya.

Biaya Ganti Buku Tabungan Hilang

Lalu berapa biaya ganti buku tabungan itu sendiri? Pihak bank BRI memberlakukan biaya ganti buku tabungan baru akibat hilang yaitu sebesar Rp 25.000. Ini bisa dikatakan jauh lebih mahal dibandingkan dengan BIAYA GANTI BUKU TABUNGAN MANDIRI yang hanya sebesar Rp 15.000 saja.

FAQ

1. Apakah Lama Dalam Mengurus Buku Tabungan Hilang?

Tidak. Kurang dari 30 menit setelah Anda menyampaikan maksud kedatangan pada customer service BRI.

2. Biaya Mengurus Surat Kehilangan?

Gratis atau tidak dikenakan biaya.

3. Bahaya Buku Tabungan Hilang?

Dapat di salahgunakan orang tidak bertanggung jawab dan menguras semua saldo di dalamnya.

Demikian informasi mengenai syarat diperlukan dan bagaimana cara mengurus buku rekening tabungan BRI yang hilang. Semoga dengan adanya pembahasan buku tabungan hilang yang pakaiatm.com di atas dapat bermanfaat untuk semua.