8 Cara Bayar Angsuran KUR BNI 2021 : Jatuh Tempo & Denda Telat

Cara Bayar Angsuran KUR BNI – Guna mendongkrak ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku bisnis UMKM, BNI menghadirkan program pinjaman bernama Kredit Usaha Rakyat (KUR)Melalui program tersebut nasabah bisa mengajukan pinjaman antara puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Nantinya dana KUR bisa digunakan sebagai modal usaha atau mengembangkan bisnis yang sedang dijalani. Sama seperti program KUR pada Bank Mandiri, BRI dan BCA, nasabah Bank BNI juga wajib memenuhi syarat untuk mengajukan dana KUR BNI.

Namun ada satu hal wajib diperhatikan ketika memilih untuk menggunakan dana KUR, yaitu bayar angsuran tepat waktu. Sebab, ketika kalian tidak melunasi angsuran sesuai batas waktu yang ditentukan BNI bakal memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Lalu seperti apakah cara bayar angsuran KUR BNI? Apakah bisa lewat Online? Kapan tanggal jatuh tempo pembayarannya? Nah, jawaban dari semua pertanyaan tersebut telah kami siapkan dibawah ini. Jadi, langsung saja menuju ke inti pembahasan.

Cara Bayar Angsuran KUR BNI

Ada 3 (tiga) cara untuk melunasi tagihan KUR BNI setiap bulannya, antara lain Autodebet, Transfer dan Teller Bank BNI. Kemudian pada setiap cara pembayaran memiliki langkah-langkah berbeda. Supaya lebih jelasnya silahkan simak berikut ini :

1. Autodebet

Autodebet

Cara pertama untuk bayar angsuran KUR BNI adalah lewat Autodebet. Bagi yang belum tahu, Autodebet merupakan sistem pembayaran Otomatis yang tersedia untuk nasabah KUR BNI maupun jenis pinjaman lainnya.

Disamping itu, untuk mengaktifkan fitur tersebut bisa dilakukan setelah proses pengajuan KUR BNI berhasil. Sedangkan cara kerja dari pembayaran Autodebet adalah memotong saldo di rekening BNI sesuai dengan jumlah angsuran KUR BNI. Metode seperti ini juga kerap digunakan untuk BAYAR ANGSURAN KUR MANDIRI, BCA dan berbagai Bank lainnya.

2. Transfer Bank

Cara selanjutnya adalah menggunakan metode Transfer Bank. Sebelum kami jelaskan langkah-langkahnya, kalian siapkan terlebih dahulu nomor rekening KUR BNI yang diperoleh setelah pengajuan berhasil. Jika sudah, simak tata cara bayar angsuran KUR BNI via Transfer Bank di BNI Mobile berikut ini :

1. Login BNI Mobile

Login BNI Mobile

Silahkan buka aplikasi BNI Mobile lalu masukkan UserID dan MPIN. Jika sudah, tap Login.

2. Pilih Menu Transfer

Pilih Menu Transfer 1

Pada tampilan berikutnya tap menu Transfer -> BNI.

3. Masukkan Nomor Kontrak

Masukkan Nomor Kontrak

Setelah itu masukkan nomor rekening KUR BNI yang dimiliki.

4. Input Nominal Angsuran KUR BNI

Input Nominal Angsuran KUR BNI

Scroll kebawah dan masukkan jumlah angsuran yang harus dibayarkan.

5. Periksa Rincian Transaksi

Periksa Rincian Transaksi 1

Selanjutnya periksa data transaksi yang muncul di layar. Pastikan nama penerima adalah BNI Multifinance. Setelah itu masukkan Password Transaksi.

6. Bayar Angsuran KUR BNI Telah Berhasil

Transaksi Berhasil 3

Terakhir, pada layar smartphone akan muncul notifikasi bahwa transaksi pembayaran KUR BNI telah berhasil.

3. Teller Bank BNI

Bayar Angsuran KUR Lewat Teller Bank BNI

Cara ketiga adalah melalui Teller Bank BNI. Cara ini sangat mudah, hanya saja kalian perlu waktu luang untuk datang ke Kantor Cabang Bank BNI. Sesampainya disana, kalian masih perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Ambil nomor antrian Teller.
  2. Tunggu hingga tiba giliran.
  3. Jika sudah sampaikan tujuan kalian, yaitu bayar angsuran KUR BNI.
  4. Kemudian petugas bakal memberikan formulir pembayaran.
  5. Silahkan lengkapi sesuai instruksi.
  6. Setelah itu serahkan jumlah angsuran KUR BNI sesuai ketentuan.
  7. Tunggu beberapa saat, petugas akan memproses transaksi tersebut.
  8. Tidak lama kemudian, kalian akan menerima bukti pembayaran angsuran KUR BNI.
  9. Selesai.

Jatuh Tempo Bayar Tagihan KUR BNI

Jatuh Tempo Bayar Tagihan KUR BNI

Setelah mengetahui beberapa cara untuk bayar KUR BNI, sekarang kalian wajib tahu batas waktu pembayaran angsuran KUR BNI setiap bulannya. Dalam hal ini masing-masing nasabah memiliki tanggal jatuh tempo pembayaran yang berbeda-beda, sesuai dengan waktu pengajuan dana tersebut.

Misal, kalian berhasil menerima dana pinjaman KUR BNI pada tanggal 5 Maret, maka batas waktu pembayarannya jatuh pada tanggal 5 di bulan berikutnya. Meskipun demikian, BNI bakal mengirimkan informasi terkait peringatan untuk membayar angsuran beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Denda Jika Telat Bayar Angsuran KUR BNI

Denda Jika Telat Bayar Angsuran KUR BNI

Kemudian BNI juga mempunyai hak untuk memberikan sanksi bagi nasabah yang telat membayar angsuran KUR BNI. Sanksi tersebut berupa denda sebesar 0,75 permil dari jumlah angsuran. Bahkan jika berulang kali telat bayar angsura KUR BNI, tidak menutup kemungkinan nasabah akan terkena Blacklist yang membuatnya susah mengajukan pinjaman di BNI maupun Bank lain.

Cara Cek Sisa Angsuran KUR BNI

Kemudian bagi yang ingin tahu sisa angsuran KUR BNI yang harus dibayarkan, kalian bisa menanyakannya lewat Call Center BNI. Selain itu, proses tersebut juga bisa diketahui dengan cara mengisi form pertanyaan nasabah di situs resmi Bank BNI. Berikut telah kami siapkan langkah-langkah cek sisa tagihan KUR BNI :

Lewat Call Center BNI

Lewat Call Center BNI

  1. Lakukan panggilan ke nomor berikut : +62-21-2511946 atau 1500046
  2. Jika sudah tersambung dengan petugas, sampaikanlah bahwa kalian ingin mengetahui sisa angsuran KUR BNI.
  3. Kemudian petugas akan meminta nomor kontrak KUR BNI yang kalian miliki.
  4. Sebutkan nomor tersebut dengan jelas.
  5. Tunggu beberapa saat, petugas akan membantu proses pengecekan sisa tagihan KUR BNI.
  6. Terakhir, kalian akan menerima detail informasi mengenai jumlah sisa angsuran lengkap dengan denda (jika ada) dan jatuh tempo mengenai pembayaran KUR BNI.

Catatan : Untuk melakukan panggilan ke Call Center BNI berlaku biaya sesuai provider yang digunakan.

Lewat Situs Resmi BNI

Lewat Situs Resmi BNI

  1. Buka Browser di PC atau Laptop.
  2. Setelah itu akses situs bni.co.id
  3. Pada tampilan berikutnya silahkan lengkapi kolom data diri, seperti nama lengkap, nomor HP dan alamat.
  4. Untuk kolom Status silahkan pilih Nasabah Perorangan / Perusahaan.
  5. Pada Kategori Subyek silahkan klik Informasi.
  6. Pilihan Subyek pilih Pinjaman.
  7. Setelah itu pilih Transaksi Lainnya pada Detil Subyek.
  8. Kemudian ketikkan informasi yang ingin diketahui, yaitu sisa angsuran KUR BNI.
  9. Terakhir, masukkan kode keamanan lalu klik Kirim.

Catatan : Setelah mengirimkan form tersebut pihak BNI akan mengirimkan balasan melalui Email dalam kurun waku kurang dari 24 jam.

KESIMPULAN

Setelah menyimak ulasan diatas kami harap kalian para pengguna KUR BNI bisa bayar angsuran dengan cara yang lebih mudah. Selain itu, seperti yang Pakaiatm.com jelaskan diatas bahwa BNI akan memberi sanksi berupa denda bagi setiap nasabah yang tidak membayar tagihan sesuai batas waktu yang telah disepakati.