7 Cara Bayar Listrik Lewat BSI Mobile 2021 : Biaya, Denda & Jatuh Tempo

Cara Bayar Listrik Lewat BSI Mobile – Fasilitas mobile banking yang dihadirkan oleh sejumlah bank memang sangat membantu nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Dimana dengan mobile banking, nasabah bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun tanpa perlu antre ke kantor cabang.

Hampir setiap bank di Indonesia, menyediakan fasilitas mobile banking untuk para nasabahnya. Salah satu bank yang menyediakan fasilitas mobile banking yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank BSI, menghadirkan digital banking bernama BSI Mobile sebagai layanan untuk bertransaksi para nasabahnya.

Lewat BSI Mobile, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi mulai dari transfer, pembelian hingga pembayaran. Selain dimanfaatkan untuk BAYAR BPJS KESEHATAN, m-banking Bank Syariah Indonesia juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan listrik PLN pasca bayar setiap nasabah.

Dengan adanya BSI Mobile, maka pembayaran tagihan listrik pascabayar per bulan akan lebih mudah dilunasi. Ini akan membantu menghindari denda keterlambatan. Lantas, bagaimana cara bayar listrik lewat BSI Mobile? Adapun caranya, ketahui lebih lengkap lagi pada ulasan mendalam berikut ini.

Keuntungan Bayar Listrik Lewat BSI Mobile

Keuntungan Bayar Listrik Lewat BSI Mobile

Mungkin sebagai orang tertanya-tanya mengapa bayar listrik harus lewat BSI Mobile? Tentu saja hal ini dikarenakan keuntungannya yang cukup beragam. Dengan membayar tagihan PLN lewat BSI Mobile, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Adapun keuntungan tersebut meliputi :

  1. Pembayaran lebih mudah, praktis dan efisien, karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa perlu menunggu bank buka maupun mengantre di loket pembayaran listrik.
  2. Jangkauan koneksi lebih luas.
  3. Dilengkapi dengan fitur sederhana dan mudah dipahami.
  4. Aman sekaligus dapat meminimalisir risiko penipuan.
  5. Dapat menghemat waktu dan biaya, karena tak perlu pergi ke bank, ATM atau loket pembayaran listrik.
  6. Dapat melakukan penjadwalan pembayaran, sehingga bisa terhindar dari keterlambatan pembayaran.

Itulah beberapa keuntungan apabila Anda membayar tagihan listrik lewat BSI Mobile. Oleh sebab itu, mengapa BSI Mobile menjadi cara paling efektif, efisien dan praktis buat bayar tagihan PLN Pascabayar.

Biaya Bayar Listrik Lewat BSI Mobile

Biaya Bayar Listrik Lewat BSI Mobile

Perlu Anda ketahui, bahwa bayar listrik pascabayar lewat layanan mobile banking perbankan akan dikenai biaya administrasi, tak terkecuali BSI Mobile. Biaya administrasi nantinya akan dibayarkan langsung pada saat Anda membayar tagihan listrik.

Biaya administrasi akan diakumulasikan dengan total tagihan listrik PLN pascabayar. Jadi nantinya, total tagihan yang harus dibayar sudah termasuk biaya admin.

Lantas berapa tarif biaya admin bayar listrik lewat m-Banking Bank Syariah Indonesia? Besar biaya yang dibebankan untuk pembayaran listrik lewat BSI Mobile yaitu sebesar Rp. 3.000 per transaksi.

Denda Keterlambatan Bayar Listrik

Denda Keterlambatan Bayar Listrik

Selain dikenakan biaya admin, keterlambatan pembayaran juga akan dibebankan denda. Dimana denda ini akan dibebankan untuk setiap pelanggan yang membayar tagihan lewat tanggal jatuh tempo.

Besaran denda keterlambatan bayar listrik disesuaikan berdasarkan batas daya listrik. Semakin besar daya listrik meteran, maka denda keterlambatan yang dibebankan juga semakin besar.

Adapun untuk informasi terkait denda keterlambatan bayar listrik, silahkan simak tabel di bawah ini.

Batas DayaDenda Keterlambatan Per Bulan
450 VARp. 3.000
900 VARp. 3.000
1.300 VARp. 5.000
2.200 VARp. 10.000
3.500 VA – 5.500 VARp. 50.000
6.600 VA – 14.000 VA3% dari tagihan rekening listrik (minimum Rp75.000) per bulan
Di atas 14.000 VA3% dari tagihan rekening listrik (minimum Rp100.000) per bulan

Ketentuan : 

  • Apabila terlambat membayar listrik selama 30 hari, maka dikenai denda berupa pemutusan sambungan listrik sementara.
  • Apabila telah bayar listrik selama 60 – 90 hari akan dilakukan pemutusan sementara dan sanksi berupa bongkar rampung pada instalasi milik PLN mulai dari alat pembayar dan pemutus/APP/kWh meter serta saluran masuk pelayanan/kabel listrik mulai dari tiang hingga kWh meter.
  • Sebelum melakukan pembongkaran, pihak PLN akan mengirimkan surat pemberitahuan pelaksanaan pemutusan rampung sambungan listrik.

Tanggal Jatuh Tempo Bayar Listrik

Tanggal Jatuh Tempo Bayar Listrik

Maka dari itu, agar tidak dikenai denda keterlambatan disarankan untuk membayar tagihan listrik pascabayar tepat waktu. Mungkin waktu paling tepat yaitu sebelum jatuh tempo berakhir. Batas waktu pembayaran listrik yakni pada tanggal 20 setiap bulan.

Jadi pastikan sebelum atau tepat pada tanggal jatuh tempo Anda sudah membayar tagihan agar tidak dikenai biaya tambahan berupa denda keterlambatan. Anda bisa membayar lebih setelah tagihan muncul. Lantas kapan tagihan listrik muncul? simak selengkapnya di bawah ini.

Tanggal Muncul Tagihan Listrik

Tanggal Muncul Tagihan Listrik

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwasanya tagihan listrik benar-benar harus dibayar tepat waktu atau lebih baiknya jauh-jauh hari sebelum batas akhir pembayaran. Hal inilah yang menjadikan opsi terbaik menghindari keterlambatan yakni membayar tepat atau sesudah tanggal tagihan muncul.

Tagihan listrik akan muncul setiap tanggal 5 setiap bulannya. Jadi pada tanggal tersebut bisa Anda jadikan sebagai opsi untuk membayar tagihan dan menjadi paling tepat untuk Anda bayar listrik lewat BSI Mobile.

Cara Bayar Listrik Lewat BSI Mobile

Cara Bayar Listrik Lewat BSI Mobile

Nah, setelah mengetahui informasi terkait keuntungan, biaya, denda dan tanggal jatuh tempo serta muncul tagihan, maka sekarang Anda bisa bayar listrik lewat BSI Mobile. Selain mendukung transaksi BELI TOKEN LISTRIK, BSI Mobile juga mendukung untuk bayar listrik PLN pascabayar.

Cara bayar listrik lewat BSI Mobile sendiri sangatlah mudah dan simpel, dimana Anda hanya perlu melakukan transaksi pembayaran. Adapun untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan pelunasan piutang listrik PLN pascabayar.

1. Buka Aplikasi BSI Mobile

1. Buka Aplikasi BSI Mobile

Langkah pertama, pastikan bahwa Anda telah mendaftar dan aktivasi BSI mobile di kantor cabang. Jika belum silahkan daftar terlebih dahulu, bagi yang sudah langsung saja buka aplikasi BSI Mobile Anda.

2. Pilih Menu Bayar

2. Pilih Menu Bayar 1

Setelah masuk ke menu beranda halaman utama aplikasi BSI Mobile, silahkan masuk ke menu “Bayar“.

3. Pilih PLN Postpaid

3. Pilih PLN Postpaid

Maka nantinya akan muncul berbagai menu bayar, sampai disini silahkan pilih menu bayar “PLN Postpaid” jika ingin bayar listrik pascabayar.

4. Masukkan Kata Sandi

4. Masukkan Kata Sandi

Setelah itu, Anda akan dimintai untuk memasukkan kata sandi atau password untuk melanjutkan transaksi. Ini berlaku ketika Anda baru membuka aplikasi BSI mobile. Jika sudah, tekan “Lanjut“.

5. Masukkan ID Pelanggan

5. Masukkan ID Pelanggan

Langkah berikutnya, masukanlah ID Pelanggan PLN sebagai tujuan pembayaran. Pastikan untuk memasukkan ID Pelanggan yang valid dan benar. Apabila sudah, tekan “Selanjutnya“.

6. Masukkan PIN

6. Masukkan PIN

Sebelum menyelesaikan transaksi, masukkan 6 digit PIN BSI Mobile terlebih dahulu dengan benar, jangan sampai salah, karena salah 1 kali saja akan membuat Anda mengulang cara di atas. Lalu, tekan “Selanjutnya“.

7. Selesaikan Pembayaran

7. Selesaikan Pembayaran

Selanjutnya, layar konfirmasi akan ditampilkan. Periksa data yang tertera dan pastikan semuanya sudah sesuai. Jika sudah, tinggal tekan “Selanjutnya“, maka transaksi telah berhasil.

Itulah beberapa cara bayar listrik lewat BSI Mobile beserta biaya, denda keterlambatan dan tanggal jatuh tempo yang dapat Pakaiatm.com sajikan. Dengan mengikuti cara di atas maka Anda bisa dengan cepat membayar listrik bulanan Anda dengan mudah dan cepat. Demikian artikel dari kami, semoga informasinya membantu.