10 Cara Bayar PDAM lewat BSI Mobile : Biaya, Denda & Jatuh Tempo

Cara Bayar PDAM lewat BSI Mobile – Mobile Banking merupakan layanan perbankan yang hadir seiring dengan kemajuan teknologi perbankan yang terus berkembang. Hampir setiap bank di Indonesia menerbitkan layanan mobile banking untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi.

Advertisements

Bank Syariah Indonesia memperkenalkan layanan BSI mobile untuk bertransaksi perbankan, mulai dari transfer, bayar tagihan, pembelian, informasi rekening dan transaksi perbankan lainnya. Melalui BSI mobile segala jenis transaksi akan lebih mudah, praktis, simpel dan cepat untuk dilakukan secara real-time 24 jam.

Tak hanya bisa digunakan untuk BAYAR LISTRIK pascabayar, namun BSI mobile juga mendukung transaksi pembayaran PDAM beberapa kota di Indonesia seperti PDAM kota Bandung, Mataram, Bogor, Samarinda dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara bayar PDAM lewat mobile banking Bank Syariah Indonesia?

Advertisements

Cara bayar PDAM lewat BSI mobile terbilang mudah dan praktis. Namun, bagi Anda yang belum mengetahui caranya, maka inilah saat paling tepat untuk mengetahui caranya membayar tagihan PDAM. Adapun caranya, langsung saja simak penjelasan dari pakaiatm selengkapnya pada artikel lengkap di bawah ini.

Cara Bayar PDAM lewat BSI Mobile

Cara Bayar PDAM lewat BSI Mobile

PDAM merupakan salah satu perusahaan pemerintah terbesar yang menyediakan kebutuhan air untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dimana setiap pelanggan PDAM nantinya diwajibkan membayar tagihan air PAM setiap bulannya sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan agar tidak dikenai denda.

Baca  9 Cara Top Up GoPay Via BSI Mobile 2022 : Biaya, Limit & Tips Aman
Advertisements

Untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan PDAM, Bank Syariah Indonesia menghadirkan BSI mobile untuk dimanfaatkan nasabah dalam membayar tagihan PDAM. Dengan BSI mobile, maka bayar PDAM bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus mengantre di bank maupun tempat pembayaran offline.

BSI mobile akan menjadi solusi paling tepat untuk bayar PDAM, terutama untuk nasabah pelanggan PDAM yang tidak memiliki banyak waktu. Untuk membayar PDAM lewat m-banking Bank Syariah Indonesia, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Aplikasi BSI Mobile

1. Buka Aplikasi BSI Mobile 2

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka aplikasi BSI mobile di smartphone.

2. Pilih Menu Transaksi Bayar

2. Pilih Menu Transaksi Bayar

Setelah masuk ke beranda aplikasi BSI mobile, pastikan indikator di sisi kanan atas berwarna hijau. Jika tidak berwarna hijau, maka transaksi tidak bisa dilakukan. Setelah indikator berwarna hijau, langsung pilih menu “Bayar“.

3. Pilih Menu Pembayaran PDAM

3. Pilih Menu Pembayaran PDAM

Maka akan muncul berbagai pilihan menu pembayaran. Pada langkah ini, pilihlah menu “PDAM“.

4. Masukkan Password BSI Mobile

4. Masukkan Password BSI Mobile

Ketika transaksi pertama, maka akan dimintai untuk memasukkan password BSI mobile. Silahkan masukkan password BSI mobile Anda atau masuk dengan fingerprint. Jika sudah tekan “Lanjut“.

5. Pilih Nama Perusahaan PDAM

5. Pilih Nama Perusahaan PDAM

Kemudian, silahkan tentukan nama perusahaan PDAM yang Anda gunakan. Anda bisa memilih sesuai kota tinggal.

6. Pilih Rekening

6. Pilih Rekening

Nantinya akan muncul halaman baru. Silahkan klik “Rekening” untuk melanjutkan.

7. Masukkan ID Pelanggan PDAM

7. Masukkan ID Pelanggan PDAM

Langkah berikutnya, masukanlah nomor pelanggan PDAM yang valid. Jika sudah, maka langsung saja tekan “Selanjutnya“.

8. Pilih Nominal Tagihan

8. Pilih Nominal Tagihan

Advertisements

Lalu, akan muncul nominal tagihan PDAM yang harus dibayar. Langsung saja tekan “Selanjutnya” untuk membayar tagihan.

9. Masukkan PIN BSI Mobile

9. Masukkan PIN BSI Mobile

Selanjutnya, masukkan nomor PIN BSI mobile. Pastikan memasukkan PIN dengan benar, jika sampai salah memasukkan PIN maka Anda harus mengulangi langkah di atas.

Baca  7 Cara Aktivasi BSI Mobile Banking & Mendapatkan Kode

10. Selesaikan Pembayaran

10. Selesaikan Pembayaran

Setelah itu, data tagihan akan ditampilkan. Periksa semua data yang tertera dan pastikan semua sudah sesuai. Jika semua data sudah benar, silahkan selesaikan pembayaran PDAM dengan menekan tombol “Selanjutnya“. Maka secara otomatis bukti pembayaran akan langsung ditampilkan pada layar smartphone Anda.

Biaya Admin PDAM BSI Mobile

Biaya Admin PDAM BSI Mobile

Sama halnya dengan CARA BAYAR INDIHOME LEWAT BSI MOBILE yang akan dikenai biaya administrasi bank, bayar PDAM lewat BSI mobile juga akan dikenai biaya administrasi. Lantas berapa biaya admin pembayaran air PDAM lewat m-banking Bank Syariah Indonesia.

Membayar PDAM lewat mobile banking Bank Syariah Indonesia akan dikenai biaya Rp. 0,- alias gratis. Ini tentunya memberikan keuntungan. Dimana total tagihan PDAM Anda tidak akan bertambah karena bebas dari biaya admin  bank.

Denda Keterlambatan PDAM

Denda Keterlambatan PDAM

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, bahwa pembayaran PDAM sangat dianjurkan dilakukan tepat waktu. Meskipun tidak dikenai biaya admin, namun pihak PDAM sendiri membebankan biaya denda bagi pelanggan yang terlambat membayar tagihan melewati batas waktu yang telah ditentukan oleh pihak PDAM itu sendiri.

Dimana bagi pelanggan yang telat membayar akan dikenai kisaran denda sebesar 15 – 20% dari nilai rekening. Setiap perusahaan PDAM dari berbagai wilayah memiliki kebijakan masing-masing dalam ketentuan tarif dan biaya keterlambatan pembayaran.

Jatuh Tempo Bayar PDAM

Jatuh Tempo Bayar PDAM 2

Agar tidak dikenai denda, maka tagihan PDAM harus dibayar tepat waktu atau mungkin lebih baik dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo. Tagihan PDAM biasanya akan muncul pada akhir atau awal bulan menyesuaikan tanggal Anda menerima gaji setiap bulannya.

PDAM biasanya akan menentukan tanggal jatuh tempo sekitar 20 hari setelah tagihan PDAM muncul. Misalkan tagihan PDAM Anda muncul pada tanggal 5 setiap bulannya, maka tanggal jatuh tempo Anda yakni tanggal 25 setiap bulannya.

Baca  √ Saldo Minimal Bank Syariah Indonesia : Tabungan Easy & TabunganKu

Perusahaan PDAM yang Tersedia di BSI Mobile

Perusahaan PDAM yang Tersedia di BSI Mobile

Meskipun mendukung pembayaran PDAM, namun tidak semua perusahaan PDAM di Indonesia bisa dibayar via BSI mobile. Maka dari itu, sebelum membayar PDAM lewat BSI mobile, pastikan terlebih dahulu perusahaan PDAM yang Anda gunakan bisa dibayar melalui aplikasi BSI Mobile.

Adapun daftar perusahaan PDAM yang tersedia di m-banking Bank Syariah Indonesia silahkan simak tabel di bawah ini.

Nama Perusahaan PDAM
PDAM MataramPDAM Amuntai Kab. Hulu Sungai Utara Kalsel
PDAM Tirta Cahaya Agung Kab. TulungagungPDAM Tirta Mayang Jambi
PDAM Tirta Pakuan Kota BogorPDAM Tirta Arut Pangkalan Bun
PDAM Tirta Daroy Banda AcehPerumda Tirta Kencana Samarinda
PDAM Bandarmasih Kota BanjarmasinPerumda Tirta Raharja Kab. Bandung
PDAM Tirta Tuah Benua Kutai TimurPDAM Tirtawening Kota Bandung
PDAM SingkawangPDAM Kab. Nunukan
PDAM Tirta Keumueneng LangsaPDAM Tirta Melawi
PDAM Tirta Taman Sari Kota MadiunPerumda Tirta Taman Kota Bontang
PDAM Kota PadangPDAM Tirta Alami Kab. Tanah Datar
PDAM Tirta Bulian Kota Tebing TinggiPDAM Tirta Wijaya Kab. Cilacap
PDAM TabalongPDAM Tirta Bangka
PDAM Bersujud Tanah Bumbu

Itulah daftar perusahaan PDAM yang bisa Anda bayar tagihannya lewat BSI mobile. Pastikan Anda menggunakan jasa dari salah satu perusahaan di atas, jika memang ingin membayar tagihan lewat m-Banking Bank Syariah Indonesia.

Demikian informasi lengkap terkait cara bayar PDAM lewat BSI mobile beserta biaya, denda dan jatuh tempo yang dapat Pakaiatm.com sajikan. Pada dasarnya, cara membayar tagihan PDAM lewat m-Banking Bank Syariah Indonesia terbilang mudah, hanya perlu masuk ke menu pembayaran, memilih nama perusahaan dan memasukan nomor pelanggan, maka tagihan bisa dibayar. Selain itu, dengan cara di atas, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja untuk membayar PDAM.

Advertisements