3 Cara Mematikan Mesin EDC BCA Terbaru

Cara Mematikan Mesin EDC BCA – Untuk anda yang sering belanja di minimarket, supermarket, atau toko-toko yang ada disekitar anda, tentu saja anda sering menjumpai adanyanya mesin EDC, mesin yang satu ini sangat berguna dan menguntungkan bagi kita, karena transaksi lebih cepat dan tidak ribet serta lebih hemat waktu, hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang di sekitar kita untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hidup dijaman yang serba modern seperti saat ini.

Sebelum saya membahas lebih lanjut lagi, mungkin ada dari kalian yang masih bingung apa itu mesin EDC, mesin EDC adalah kepanjangan dari Electronik Data Capture. Mesin EDC ini akan sering anda jumpai di kasir, loket pembayaran yang telah disediakan oleh supermarket, hotel, mall dan masih banyak lainnya. Untuk penggunaan mesin tersebut memerlukan sebuiah line telepon,namun ada juga mesin EDC yang menggunakan kartu sim/card yang sudah dikeluarkan oleh pihak provider.

Penggunaan mesin EDC yaitu untuk transaksi menggunakan kartu ATM , mesin ini dekeluarkan oleh pihak bank untuk toko atau merchat yang sudah bekerjasama. Mengapa mesin EDC sangat berguna pada saat ini, bahkan toko-toko kecilpun sudah banyak yang menggunakan mesin EDC, mengingat hampir semua orang pada jaman sekarang sudah memiliki kartu ATM baik itu kartu debit ataupun kartu Kredit. oleh karena itu adanya mesin EDC sangat membantu untuk kelancaran bertransaksi.

Cara penggunaan mesin EDC BCA untuk melakukan transaksi pembayaran cukup mudah yaitu ada dengan cara menggesekkan kartu ATM dan memasukkan pinnya, cek kembali apakah pin yang anda masukan sudah sesuai kemudian akan muncul total belajaan yang harus anda bayar tekan ok untuk konfrimasi, tunggu sampai mesin EDC mengeluarkan struk kusus sebagai bukti bahwa transaksi anda berhasil dilakukan. simpan struk pembayaran yang keluar dari mesin EDC.

Cara Mudah Mematikan Mesin EDC BCA

Cara Mudah Mematikan Mesin EDC BCA

Seperti yang sudah kita ketahui kemudahan bertransaksi dijaman yang serba modern seperti saat ini anda tidak perlu repot membawa uang cash, cukup menggunnakan kartu ATM, namun sebelum menggunakan kartu ATM pastikan kartu ATM BCA kalian aktif karena repot jika harus mengatasi ATM BCA terblokir. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mudah menonaktifkan mesin EDC anda.

Cara Mematikan Mesin EDC BCA

Cara Mematikan Mesin EDC BCA

Ketika mesin EDC sudah selesai digunakan atau sudah tutup toko dan tidak ada lagi transaksi, alangkah baiknya dimatikan agar mesin EDC tidak mudah rusak dan mesin tetap awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

1. Nonaktifkan SIM Card yang Ada di Dalam Mesin

1. Nonaktifkan SIM Card yang Ada di Dalam Mesin

 

Cara yang paling mudah untuk menonaktifkan mesin EDC BCA yaitu anda hanya perlu nonaktifkan SIM Card yang ada di dalam mesin EDC tersebut.Biasanya sebelum meng-apply di mesin EDC BCA anda harus memasukan SIM Card pribadi anda. Caranya cukup mudah buka bagian belakang mesin kemudian anda hanya perlu mencabut sim card keluar dari bagian belakang mesin.

2. Mematikan GPRS

2. Mematikan GPRS

 

Untuk anda yang memiliki mesin EDC BCA menggunakan GPRS biasa ataupun mobile, cara paling mudah untuk mematikannya yaitu cukup dengan mematikan sambungan GPRSnya dan mencabut kabel yang tersambung pada mesin EDC BCA anda. Jika anda menggunakan mesin EDC mobile, cara untuk menonaktifkannya adalah dengan mencabut baterai dan mematikan sambungan GPRSnya.

3. Menghubungi Kantor Bank BCA

3. Menghubungi Kantor Bank BCA

Jalan alternatif yang dapat anda pilih jika takut untuk menonaktifkan mesin EDC sendiri, anda dapat mencoba untuk menghubungi pihak bank melalui customer service langsung maka secara otomatis pihak bank akan mencoba membantu anda untuk mematikan mesin EDC dan mesin EDC anda tidak dapat dipergunakan dalam jangka waktu tertentu.
Jika anda ragu, maka datang saja langsung ke kantor cabang BCA terdekat dari rumah anda dan jangan lupa untuk membawa mesin EDC BCA milik anda.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menonaktifkan mesin EDC BCA anda, sebelum menggunakan mesin EDC pastikan anda selalu mengecek baterai agar tidak habis saat digunakan, jangan lupa untuk selalu restar mesin EDC BCA agar tidak cepat rusak karena sering digunakan. Semoga artikel tentang cara menonaktifkan mesin EDC BCA dapat bermanfaat untuk anda.