6 Cara Reprint Settlement EDC BCA Terbaru 2020

Cara Reprint Settlement EDC BCA – EDC ( Electronic Data Captured ) merupakan sebuah alat yang berguna sebagai media transaksi pembayaran Cashless ( non tunai ) yang mungkin memudahkan bagi pembeli, pasalnya mereka tidak perlu lagi menyiapkan uang cash. Dengan mesin EDC kita juga bisa melakukan berbagai macam transaksi pembayaran virtual, seperti bayar belanjaan dan lain-lain. Lalu, jika tiba-tiba kita berubah pikiran dan ingin membatalkan transaksi, kita tinggal bicara kepada kasir untuk membatalkan transaksi melalui fitur VOID EDC.

Seperti yang kita ketahui mesin EDC juga hadir dari berbagai macam Bank yang ada di Indonesia, salah satunya adalah BCA, dan pada kesempatan kali ini kami akan khusus berbicara mengenai bagaimana cara reprint settlement EDC BCA dengan benar. Mesin EDC BCA atau Bank lainnya tentu kerap kalian jumpai di meja-meja kasir. Ya, alat ini merupakan favorit banyak masyarakat dalam transaksi pembayaran, meskipun saat ini telah banyak layanan pembayaran canggih seperti DANA, OVO, dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Settlement, istilah ini merupakan bukti atau rekaman transaksi pembayaran yang terjadi di hari tersebut, bagi kalian yang mungkin memiliki toko dan kebetulan menggunakan mesin EDC ( Electronic Data Captured ) sebagai sarana pembayaran, kami sarankan untuk rutin melakukan Settlement, proses tersebut bertujuan untuk mengetahui secara terperinci mengenai jumlah transaksi yang dilakukan setiap harinya.

Untuk melakukan Reprint Settlement sebenarnya cukup mudah, langkah pertama adalah kalian harus memastikan bahwa Sales draft telah terisi penuh. Salesdraft merupakan kertas yang berfungsi sebagai nota atau bukti transaksi di mesin EDC BCA. Disamping itu, perlu kalian ketahui jika struk Settlement ini tidak bisa di print ulang, oleh karena itu jika Salesdraft tidak mencukupi, maka kalian tidak bisa mengetahui detail transaksi yang terjadi di hari tersebut.

Cara Reprint Settlement EDC BCA Terbaru

Cara Reprint Settlement Terbaru

Informasi yang akan kami sajikan dibawah ini mungkin lebih tepat dan bermanfaat bagi kalian pemilik toko yang menggunakan mesin ini sebagai transaksi pembayaran konsumen atau bagi kalian yang mungkin berprofesi sebagai kasir. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalian simak dengan seksama informasi mengenai Cara Reprint Settlement EDC BCA dengan benar yang telah kami sajikan dibawah ini. Sehingga kalian bisa mengetahui secara detail mengenai jumlah transaksi yang masuk ke dalam rekening kalian dalam satu hari tersebut.

Cara Reprint Settlement EDC BCA

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya dimana sebelum melakukan reprint settlement, pastikan terlebih dahulu Sales draft pada mesin telah terisi penuh atau cukup, pasalnya struk Settlement ini tidak bisa di print ulang. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak langkah-langkah melakukan reprint settlement dibawah ini :

Cara Reprint Settlement EDC BCA

  1. Pastikan Sales draft pada mesin EDC BCA telah terisi penuh.
  2. Kemudian tekan tombol Enter yang berada di pojok kanan bawah berwarna hijau.
  3. Setelah itu pilih ” Settlement “.
  4. Lalu masukkan password 3636.
  5. Kemudian tekan Enter.
  6. Terakhir, mesin EDC BCA akan mengeluarkan struk Settlement yang berisi tentang jumlah transaksi pada hari tersebut.

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan melakukan reprint Settlement. Proses ini biasanya dilakukan oleh pemilik toko pada saat jam tutup atau closing, proses ini akan memberitahu secara rinci mengenai jumlah transaksi yang dilakukan pada hari tersebut, dengan demikian kalian bisa mengelola keungan usaha dengan baik. Nah, bagi kalian yang mungkin merupakan pemilik usaha dan menggunakan mesin EDC BCA untuk sarana pembayaran, proses Settlement wajib dilakukan secara rutin setiap hari.

Mesin EDC BCA

Sampai disini apakah kalian sudah memahami seberapa penting proses reprint Settlement ? nah, dengan langkah-langkah yang telah kalian simak diatas, semoga bisa menjadi panduan kalian untuk melakukan proses Settlement secara rutin di setiap harinya. Kemudian, terlepas dari itu semua, perlu kalian ketahui, jika beberapa masalah sering timbul pada mesin Electronic Data Capture ( EDC ) salah satu yang paling sering adalah sinyal jaringan tiba-tiba hilang, untuk mengatasinya bisa dengan cara merestart mesin atau membersihkan chip kartu yang berada di balik mesin EDC. Baiklah, cukup sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.