10 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI 2021 : 100% Bisa Kembali

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI – Sebagai salah satu nasabah Bank BRI, pastinya kalian memiliki fasilitas berupa kartu ATM. Melalui fasilitas tersebut kalian bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran dan tarik tunai.

Nah, berbicara mengenai ATM, fasilitas ini juga tidak luput dari masalah, salah satunya adalah mengalami tindak pencurian. Ya, meskipun BRI sudah menerapkan sistem keamanan baik pada kartu maupun mesin ATM, tapi yang namanya orang jahat punya berbagai cara untuk melancarkan aksinya.

Bahkan beberapa nasabah BRI mengaku pernah mengalami kehilangan uang di ATM BRI, padahal mereka tidak pernah melakukan tarik tunai atau transfer ke siapapun. Terkait masalah tersebut, Pakaiatm.com punya cara mengurus uang hilang di ATM BRI.

Selain itu, kami juga punya penjelasan terkait penyebab dari hilangnya uang di ATM BRI. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Uang di ATM BRI Hilang

Penyebab Uang di ATM BRI Hilang

Ada satu penyebab utama dari masalah uang di ATM BRI yang tiba-tiba hilang, penyebab tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Skimming. Bagi yang belum tahu, Skimming merupakan perilaku kejahatan yang menyerang Perbankan. Para pelaku Skimming bisa mengambil uang di ATM BRI, BCA, Mandiri dan lain sebagainya dengan cara meretas sistem keamanannya.

Dalam kasus ini yang dirugikan bukan hanya nasabah, tetapi pihak BRI juga turut menanggung imbasnya. Sebab, hal tersebut membuat sistem keamanan dari Bank dipertanyakan. Alhasil banyak masyarakat yang enggan menyimpan uang di ATM BRI.

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI

Lalu untuk mengurus uang hilang di ATM BRI sebenarnya cukup mudah. Namun ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi untuk melakukan proses ini. Adapun persyaratannya antara lain sebagai berikut :

  • KTP
  • Buku Rekening BRI
  • Kartu ATM BRI
  • Pulsa minimal Rp. 15.000

Setelah semuanya siap, sekarang ikuti tata cara dibawah ini untuk mengurus masalah uang hilang di ATM BRI :

1. Hubungi Call Center BRI

Hubungi Call Center BRI

Pertama-tama, segera hubungi Call Center BRI 24 jam di  14017 atau (021) 1500 017. Laporkan bahwa kalian telah mengalami tindak Skimming. Maka, petugas akan melakukan blokir rekening BRI yang digunakan.

2. Datang ke Kantor Cabang BRI

Datang ke Kantor Cabang BRI

Setelah itu silahkan kunjungi Kantor Cabang BRI, kalau bisa tempat dimana kalian membuka rekening BRI.

3. Ambil Nomor Antrian

Ambil Nomor Antrian

Lalu ambilah nomor antrian Customer Service untuk mengrus masalah uang di ATM BRI hilang. Kemudian tunggu sampai nomor kalian dipanggil.

4. Sampaikan Keluhan

Sampaikan Keluhan

Jika sudah, silahkan temui petugas dan sampaikan bahwa kalian baru saja mengalami pencurian uang di ATM BRI.

5. Jelaskan Kronologi Kehilangan

Lalu petugas akan meminta penjelasan lengkap mengenai kronologi kejadian, mulai dari kapan kehilangannya, di ATM BRI Daerah mana, berapa saldo yang hilang dan lain sebagainya.

6. Ikuti Instruksi Petugas

Jika sudah, kalian akan diminta menyerahkan berkas persyaratan seperti kartu ATM BRI, Buku Rekening BRI dan KTP. Selanjutnya kalian tinggal mengikuti instruksi dari petugas untuk mengurus masalah tersebut sampai uang kalian kembali.

Cara Mengatasi Uang Hilang di ATM BRI Melalui Kantor Pusat BI

Cara Mengatasi Uang Hilang di ATM BRI Melalui Kantor Pusat BI

Apabila saat menerapkan cara diatas untuk mengurus uang hilang di ATM BRI tidak berhasil, kalian bisa menggunakan Opsi terakhir, yaitu datang ke Bank Indonesia (BI) langsung. Namun cara ini mungkin hanya efektif bagi kalian yang berlokasi di Daerah Jakarta, mengingat lokasi Kantor Pusat Bank Indonesia beralamat di Jalan MH Thamrin Nomor 2, Jakarta, 10350.

Untuk langkah-langkahnya sendiri sama seperti ketika kalian mengurus masalah ini di BRI, hanya saja BI nantinya akan membantu proses mediasi dengan pihak BRI. Dalam hal ini, BI juga siap membantu kerugian maksimal Rp. 500.000.000. Selain itu, mereka juga punya wewenang terkait pemberian sanksi bagi Bank yang tidak menangani masalah nasabahnya dengan baik.

FAQ

Apakah Ada Biaya Layanan Untuk Mengurus Uang Hilang di ATM BRI?

Tidak, pihak BRI tidak memungut biaya sepeserpun untuk menangani masalah ini.

Apa Sanksi yang Berlaku Jika BRI Tidak Beritikad Baik Dalam Menangani Masalah Nasabah?

Berupa teguran lisan hingga pencabutan Izin dari Bank Indonesia (BI).

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Agar Uang Bisa Kembali?

Diperkirakan antara 1 minggu sampai 1 bulan sejak tanggal pengaduan.

Demikianlah informasi dari Pakaiatm.com mengenai cara mengurus uang hilang di ATM BRI. Jadi, ada dua cara yang dapat dilakukan, pertama meminta bantuan ke pihak BRI dan kedua adalah datang langsung ke Kantor Pusat BI di Jakarta. Untuk mengurus masalah ini kalian tidak perlu MEMBUAT SURAT KEHILANGAN dari Kepolisian setempat. Namun, perlu menunggu beberapa waktu hingga uang yang hilang bisa kembali ke rekening BRI.