Kartu ATM Disabled Bank BRI 2020 : Penyebab & 7 Cara Mengatasi

Kartu ATM Disabled – Setiap nasabah BRI tentu akan di fasilitasi kartu ATM. Fasilitas tersebut berguna untuk melakukan transaksi di mesin ATM, CDM maupun pembayaran di Supermarket melalui EDC. Transaksi yang bisa dilakukan antara lain tarik tunai, transfer hingga pembayaran tagihan seperti Home Credit, Adira dan lain sebagainya.

Nah berbicara mengenai kartu ATM, tahukah kalian jika saat ini BRI memberlakukan sistem disabled kartu ? sistem ini biasannya ditujukan bagi nasabah yanga terindikasi mengalami masalah skimming. Guna keamanan, petugas Customer Service akan menonaktifkan kartu ATM nasabah. Informasi ini akan diberitahukan melalui layanan pesan singkat pada nomor HP nasabah.

Apabila kartu ATM disabled secara otomatis nasabah tidak bisa melakukan transaksi jenis apapun. Jika demikian, nasabah wajib melakukan pergantian kartu atau aktivasi ulang. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan kembali ATM yang disabled. Salah satunya adalah melalui aplikasi BRI Mobile.

Selain lewat aplikasi, nasabah BRI juga bisa melakukan aktivasi ulang via kantor cabang BRI terdekat. Di sana mereka akan bertemu dengan petugas Customer Serice yang nantinya akan membimbing sepenuhnya untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang dinonaktifkan. Layanan ini bebas biaya alias gratis.

Kartu ATM Disabled Dari Bank BRI : Penyebab & Cara Mengatasi

Kartu ATM Disabled Bank BRI Penyebab dan Cara Mengatasi

Sampai disini kalian juga pasti bertanya-tanya mengenai apa penyebab kartu ATM disabled, apa saja dampaknya hingga bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Baiklah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dibawah ini telah kami rangkum informasi mengenai penyebab, solusi, dampak hingga tips menghindari kasus skimming pada ATM BRI. Untuk itu, langsung saja kita beralih ke bagian pembahasan.

Kartu ATM Disabled

Kartu ATM Disabled

Sebagai pemilik kartu ATM BRI tentu kita wajib menggunakan fasilitas tersebut sebaik mungkin. Apabila kita menggunakannya untuk transaksi kejahatan, maka pihak Bank akan menonaktifkan kartu ATM kalian. Bagi yang belum tahu apa itu kartu ATM Disabled, istilah ini merupakan proses mematikan atau memblokir kartu ATM yang bermasalah. Apabila kartu ATM kalian di disable maka tidak bisa melakukan transaksi apapun di mesin ATM, CDM maupun EDC BRI.

Penyebab ATM Disabled

Penyebab Kartu ATM Disabled

Kepapa kartu ATM bisa di disabled ? diatas telah kami singgung sedikit mengenai penyebab kartu ATM dinonaktifkan, yaitu karena melakukan transaksi yang mencurigakan. Selain itu, disable ATM juga bisa dikarenakan si pemilik kehilangan kartu ATM dan untuk menjamin kemanan isi rekeningnya, mereka menghubungi petugas kartu ATM BRIhttps://www.pakaiatm.com/ tersebut di disabled.

Selain itu, disabled kartu juga akan dilakukan oleh BRI apabila ATM salah satu nasabah telah terindikasi kasus skimming. Biasanya pemberitahuan akan dikirimkan dalam bentuk pesan singkat atau SMS.

Apa yang Terjadi Ketika ATM BRI Disabled ?

Apa yang Terjadi Ketika ATM Disabled

Yang terjadi ketika ATM BRI dinonaktifkan adalah tidak bisa digunakan untuk bertransaksi dimanapun baik itu mesin ATM, CDM atau mesin EDC BRI. Dengan demikian kami sarankan kalian supaya lebih bijak dalam menggunakan fasilitas tersebut.

Cara Mengatasi Kartu ATM yang Dinonaktifkan

Cara Mengatasi Kartu ATM Disabled

Kemudian untuk mengaktifkan kembali ATM BRI disabled Pakaiatm memiliki beberapa metode mudah yang bisa kalian lakukan. Antara lain sebagai berikut :

Lewat Kantor Cabang BRI

  1. Ambil nomor antrian Customer Service.
  2. Lalu tunggu hingga tiba giliran.
  3. Setelah itu kalian akan diminta untuk menemui petugas.
  4. Sampaikan maksud kalian untuk aktivasi ulang ATM BRI yang sudah dinonaktifkan.
  5. Serahkan berkas persyaratan.
  6. Kemudian petugas akan meminta kalian untuk memasukkan 6 digit nomor PIN ATM yang hilang.
  7. Jika ingin mengganti PIN maka masukkan PIN baru sebanyak 2 kali untuk konfirmasi.
  8. Biasanya untuk nasabah akan dikenai biaya ganti kartu sebesar 10 – 15 ribu rupiah.
  9. Terakhir, kartu ATM BRI kalian sudah bisa digunakan kembali.

Lewat Aplikasi BRI Mobile

  1. Buka aplikasi BRI Mobile.
  2. Setelah itu silahkan Login menggunakan akun BRI Mobile.
  3. Pada tampilan utama kalian klik menu Mobile Banking BRI.
  4. Selanjutnya pilih Pelayanan -> Enable Disable Kartu.
  5. Pilih kartu yang akan di Enable.
  6. Setelah itu masukkan mPIN.
  7. Proses aktivasi kartu yang di disable telah berhasil.

Lewat BRImo

  1. Jalankan aplikasi BRImo pada smartphone.
  2. Lalu tap menu Rekening.
  3. Kemudian klik menu opsi di bagian pojok kanan atas.
  4. Pilih Non Aktifkan Kartu.
  5. Setelah itu klik menu Toggle Switch untuk Enable kartu.
  6. Terakhir, klik OK untuk menyelesaikan proses aktivasi kartu.

Lalu bagi nasabah yang menerima SMS dari Customer Service BRI, silahkan datang ke kantor cabang BRI terdekat dan tunjukan SMS tersebut pada petugas. Setelah itu, kalian tinggal ikuti instruksi dari petugas untuk proses aktivasi atau ganti kartu. Proses ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Tips Menghindari Masalah Kartu ATM Disabled

Tips Menghindari Masalah ATM Disabled

Pemilik ATM BRI yang kartunya dinonaktifkan akan menerima SMS dengan bunyi seperti ini :

Yth Nasabah BRI, demi keamanan trx kartu ATM anda akan dinonaktifkan. Segera ganti kartu Anda di Kantor Cabang BRI terdekat ( Gratis ), info Contact BRI 14017.

Nah, jika tidak ingin hal tersebut terjadi pada kalian, silahkan terapkan tips-tips dibawah ini untuk menghindari kartu ATM BRI di disabled :

  • Lakukan pergantian PIN secara rutin.
  • Jangan beritahukan nomor PIN ATM kepada siapapun.
  • Apabila lupa nomor PIN lebih baik langsung hubungi pihak Bank.
  • Jaga kondisi fisik kartu ATM jangan sampai rusak.

Berikut adalah informasi yang bisa kami sajikan seputar kartu ATM Disabled. Informasi diatas kami tujukan pada seluruh nasabah Bank BRI. Selain itu, kami juga menjelaskan sedikit mengenai penyebab, dampak hingga tata cara mengatasi kartu ATM BRI yang dinonaktifkan atau disabled. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa menghubungi Call Center BRI.