DANA Tidak Bisa Transfer ? Ini Penyebab & Mengatasinya

DANA Tidak Bisa Transfer – DANA ? Pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang kerap bertransaksi online. Karena DANA yang merupakan layanan uang digital atau uang elektronik bisa diakses untuk membantu memudahkan urusan transaksi-transaksi Anda setiap harinya.

Advertisements

Di mana dengan DANA, nantinya Anda bisa melakukan pembayaran QRIS, pembayaran online dan offline di merchant yang sudah bekerja sama, transfer sesama DANA, transfer ke rekening bank dan transaksi lainnya. Dengan begitu Anda tidak perlu buka rekening untuk bisa memulai transfer.

Namun sebelum bisa melakukan transfer ke rekening bank, pastikan jika akun DANA Anda sudah upgrade ke akun DANA Premium. Itu dikarenakan salah satu syarat dan ketentuan agar pengguna bisa melakukan transfer dengan tujuan rekening bank.

Advertisements

Untungnya lagi dalam proses transfer tersebut nantinya pengguna akan diberikan kuota gratis transfer 10 kali setiap bulannya. Namun dengan catatan nominal transfer harus di atas Rp 50.000, jika transfer di bawah Rp 50.000 maka dikenai biaya admin Rp 4.500 per transaksi.

DANA Tidak Bisa Transfer

DANA Tidak Bisa Transfer

Bagaimana tentu saja banyak kemudahan dalam penggunaan DANA di kehidupan sehari-hari. Walaupun demikian saat melakukan transfer dengan akun DANA di atas, ada kalanya Anda alami masalah yang membuat proses transfer atau kirim saldo DANA tidak bisa. Lalu apa penyebab dan cara mengatasinya?

Advertisements

Penyebab DANA Tidak Bisa Transfer

Penyebab DANA Tidak Bisa Transfer

Mengenai hal itu, ada beberapa penyebab umum yang menjadikan akun DANA gagal transfer meskipun sudah upgrade ke akun DANA Premium. Adapun tidak bisa transfer atau gagal kirim saldo DANA ke sesama atau rekening bank bisa diakibatkan oleh beberapa faktor berikut.

Baca  5 Cara Hapus Akun DANA 2022 : Sementara & Permanen

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama bisa saja koneksi internet yang terhubung dengan perangkat di mana digunakan untuk akses aplikasi DANA sedang buruk dan tidak stabil. Tentu saja aplikasi DANA yang menjadi aplikasi online akan alami sebuah kendala termasuk gagal melakukan transfer.

2. Saldo DANA Tidak Cukup

Penyebab kedua DANA gagal transfer juga bisa diakibatkan karena saldo di akun DANA tidak cukup guna melakukan transfer. Seperti misalnya saat saldo DANA Anda berada di angka Rp 500.000 justru Anda melakukan transfer sebesar Rp 600.000, otomatis proses transfer akan gagal.

3. Sistem DANA Error

Penyebab ketiga DANA gagal transfer selanjutnya bisa terjadi saat sistem DANA error maupun alami gangguan. Biasanya akan muncul pop up yang menunjukan tulisan DANA tidak bisa transfer seperti “Sistem sedang sibuk”, “Bank tujuanmu sedang dalam pemeliharaan”, “Transaksi di tolak karena alasan keamanan” dan keterangan lain.

4. Maintenance Aplikasi DANA

Penyebab keempat gagal transfer DANA terjadi saat ada maintenance aplikasi DANA. Maintenance atau pemeliharaan ini secara umum terjadi saat ada pembaharuan aplikasi dan fitur-fitur didalamnya. Tujuan maintenance ini guna memberikan fitur terbaik agar bisa tetap diakses pengguna.

5. Akun DANA Dibekukan

Penyebab terakhir DANA Anda tidak bisa transfer juga bisa terjadi saat akun DANA dibekukan. Otomatis saat terjadi pembekuan ini, semua aktivitas transaksi di aplikasi DANA tidak bisa dilakukan termasuk saat proses transfer maupun kirim saldo DANA.

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Transfer

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Transfer

Advertisements

Jika sudah mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan DANA tidak dapat transfer di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana solusi maupun cara mengatasinya. Bisa dibilang cara mengatasi sendiri sangatlah mudah dan sederhana, tinggal sesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Baca  Internet Banking BRI Tidak Bisa Login ? Ini 10 Cara Atasinya

1. Pastikan Koneksi Lancar

Saat gagal transfer dikarenakan oleh koneksi internet yang buruk dan tidak stabil. Cara awal untuk mengatasinya adalah dengan cek dan periksa terlebih dahulu apakah koneksi yang terhubung di perangkat benar sedang tidak stabil atau tidak lancar.

Setelah pengecekan rupanya benar koneksi internet sedang tidak stabil. Maka solusi paling tepat adalah dengan mengunakan koneksi internet lain agar akses ke DANA bisa berjalan, silakan gunakan paket data atau Wi-Fi rumah. Jika sudah terhubung silakan ulangi proses transfer.

2. Lakukan Top Up Saldo DANA

Lalu jika penyebab terjadinya transfer gagal dikarenakan saldo DANA tidak mencukupi, tidak ada cara lain selain Anda melakukan transfer atau top up saldo terlebih dahulu. Di mana Anda bisa melakukan top up saldo lewat beberapa metode.

  • Top up DANA lewat ATM (semua Bank).
  • Top up DANA lewat Mobile Banking.
  • Top up DANA lewat Alfamart dan Indomaret.
  • Top up DANA lewat dompet digital lain.
  • dan metode beberapa lainnya.

Cara-cara di atas merupakan cara top up termudah yang kerap dilakukan oleh para pengguna DANA untuk mengisi saldo DANA-nya. Teruntuk Anda para pengguna Mobile Banking Mandiri dan bank lainnya bisa manfaatkan guna top up saldo DANA.

3. Tunggu Sampai Sistem & Maintenance Berakhir

Sedangkan tidak dapat transfer di DANA akibat sistem error / gangguan dan adanya maintenabce, tidak ada cara selain menunggu sampai keduanya berakhir. Mengenai lama waktu proses maintenance tidak bisa ditentukan, namun guna memastikan silakan cek secara berkala.

Sebagai catatan jika proses maintenance telah usai dan aplikasi DANA bisa digunakan kembali, alangkah baiknya lakukan update terlebih dahulu. Tujuan update guna mendapatkan fitur-fitur terbaru di aplikasi DANA setelah adanya pemeliharaan. Ini langkah update akun DANA:

Baca  10 Cara Upgrade DANA Premium Tanpa KTP 100% Berhasil

Android

  • Pertama silakan masuk ke menu “Pengaturan” di HP Android Anda.
  • Kemudian pilih opsi “Apl / Aplikasi”.
  • Setelah itu pilih “Kelola Aplikasi”.
  • Lalu cari aplikasi “DANA”.
  • Terakhir klik “Hapus Data” > “Bersihkan Cache”.

iPhone

Langsung saja buka menu “Setting” > “General” > “iPhone Storage”.
Setelah itu pilih aplikasi “DANA” atau aplikasi lain yang banyak memakan ruang penyimpanan.
Terakhir di laman pop-up, klik saja “Offload App” untuk mulai hapus aplikasi tersebut.

4. Hubungi Call Center DANA

Jika cara atasi diatas tidak berhasil dan transfer di aplikasi DANA tetap gagal. Maka solusi terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu hubungi call center DANA untuk meminta bantuan atas gangguan yang menyebabkan tidak bisa lakukan kirim saldo DANA.

Mengatasi dengan cara menghubungi pihak DANA ini juga berlaku untuk permasalahan akun DANA yang dibekukan. Silakan hubungi dan sampaikan secara jelas apa maksud tujuan menghubungi call center DANA. Sedangkan untuk yang bertanya call center DANA ini dia layanannya:

  • Customer Care : 1500 445
  • WhatsApp : 08191 1500 445
  • Email : help@dana.id

Untuk menghubungi call center di atas bisa dilakukan kapan saja, itu dikarenakan call center DANA melayani 24 jam dalam 7 hari waktu kerja. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat mengadukan permasalahan ini saat di tengah malam sekalipun.

Dalam proses menghubungi call center DANA lewat panggilan dengan nomor HP, maka pastikan dahulu nomor HP yang digunakan melakukan panggilan tersedia pulsa cukup untuk biaya panggilan. Lalu untuk menghubungi lewat WhatsApp dan Email nantinya perangkat hanya perlu terhubung dengan koneksi internet.

Kiranya itu saja informasi terkait DANA tidak bisa lakukan transfer yang dapat pakaiatm.com sajikan di atas lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya pembahasan akun DANA tidak dapat digunakan untuk transfer di atas, bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements