√ Force PIN BRI 2021 : Penyebab Muncul & Cara Mengatasi

Force PIN BRI – Sudah banyak layanan fasilitas yang dapat memudahkan dalam urusan bertransaksi. Dari pihak bank BRI telah memberikan layanan seperti mesin ATM, layanan E-Banking, dan mesin EDC yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran-pembayaran.

Semua itu menjadi salah satu KEUNTUNGAN MENABUNG dan menjadi nasabah bank BRI. Namun saat menggunakan layanan tersebut nasabah BRI tidak semuanya akan berjalan lancar, terkadang ada masalah yang mengakibatkan transaksi anda nantinya akan sedikit ada kendala.

Seperti misalnya saat anda melakukan transaksi di mesin EDC BRI untuk melakukan pembayaran, justru pada layar tampilan tersebut memunculkan notifikasi “Force PIN (69)” atau “Response Code (69)”. Mungkin masalah ini pernah di temui oleh nasabah BRI saat transaksi di mesin EDC & merasakan kebingungan.

Tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena pakaiatm.com sampaikan secara lengkap pada pembahasan kali ini, baik dari penyebab dan cara mengatasinya. Mungkin adanya ulasan ini bisa membantu nasabah BRI yang mengalami masalah serupa saat menggunakan kartu ATM untuk transaksi.

Force PIN BRI atau Response Code Mengapa Muncul & Cara Mengatasi Terbaru

Force PIN BRI atau Response Code Mengapa Muncul Cara Mengatasi Terbaru

Nah jika anda penasaran mengapa muncul “Force PIN (69)” atau “Response Code (69)” saat menggunakan kartu ATM untuk transaksi di mesin EDC BRI. Simak ulasan ini sampai akhir agar anda mengetahui secara jelas mengenai penyebab muncul dan cara mengatasinya.

Penyebab Force PIN atau Response Code BRI Muncul

Penyebab Force PIN atau Response Code BRI Muncul

Untuk penyebab munculnya notifikasi pada mesin EDC “Force PIN (69)” atau “Response Code (69)” saat digunakan untuk transaksi sendiri bisa dikatakan menjadi salah satu masalah yang tidak terlalu dikhawatirkan. Karena notifikasi Force PIN ini merupakan sebuah pengingat saja.

Baca  10 Cara Mengatasi ATM Mandiri Error dengan Benar

Dimana “Force PIN (69)” atau “Response Code (69)” memberikan pengingat kepada nasabah BRI untuk melakukan pergantian PIN ATM lama ke PIN baru. Biasanya penyebab notifikasi error ini karena kartu ATM BRI yang digunakan sudah terlalu lama PIN-nya tidak diganti.

Sehingga menurut sistem bank BRI mengharuskan untuk menggantinya agar tidak mudah untuk di ketahui oleh orang lain. Ini bertujuan untuk tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau modus pelaku tindak kejahatan. Dengan begitu maka anda harus segera mengatasi permasalahan munculnya force PIN ini.

Cara Mengatasi Munculnya Force PIN pada ATM BRI

Cara Mengatasi Munculnya Force PIN pada ATM BRI

Munculnya force PIN (69) ini bertujuan agar anda mengganti PIN ATM-nya supaya kembali bisa digunakan untuk bertransaksi seperti biasa. Cara mengatasi tersebut cukup mudah, dimana bisa ganti PIN ATM di mesin ATM BRI terdekat.

  • Pertama datangi mesin ATM BRI terdekat.
  • Lanjut dengan masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM.
  • Lanjut dengan pilih bahasa dan masukkan PIN.
  • Pilih Menu Lainnya.

Pilih Menu Lainnya

  • Pilih menu UBAH PIN.

Pilih Ubah PIN

  • Setelah itu anda akan diminta memasukkan PIN lama, jika sudah tekan BENAR.

Masukkan PIN Lama

  • Kemudian anda akan diminta memasukkan PIN baru, nasabah BRI kemudian diminta sekali lagi memasukkannya.

Masukkan PIN Baru

  • Setelah itu biasanya mesin ATM BRI akan mengeluarkan struk sebagai tanda berhasil melakukan pergantian PIN.
  • Transaksi berhasil dan anda hanya perlu tekan YA atau Tidak untuk melanjutkan transaksi.

FAQ

1. Apakah bisa ganti PIN ATM BRI di Mesin EDC?

Tidak. Anda tetap harus ganti di mesin ATM.

2. Bagaimana setelah PIN diganti tetap saja tidak bisa digunakan dimesin EDC?

Maka anda perlu datang ke kantor cabang bank BRI guna melakukan renewal/reissue PIN.

Baca  5 Cara Bayar Bukalapak Via ATM BRI 2021

Demikian mungkin yang bisa pakaiatm.com sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi force PIN BRI atau kode error yang sering ditemui saat bertransaksi di mesin EDC. Semoga adanya ulasan tersebut dapat bermanfaat dan membantu anda semua, terutama nasabah BRI yang menemui permasalahan serupa.