5 Cara Mengatasi SMS Banking BRI Terblokir 2021 : Penyebab & Tips

Cara Mengatasi SMS Banking BRI Terblokir – Layanan SMS Banking mungkin saat ini hampir sudah disediakan oleh setiap bank. Dengan layanan SMS Banking inilah nantinya nasabah bisa melakukan transaksi hanya menggunakan HP dan mengirimkan pesan saja.

Bank yang sudah memberikan layanan SMS Banking ini salah satunya yaitu BRI, siapa tidak mengenal BRI? Pastinya sudah semuanya, mengingat BRI menjadi salah satu bank terbaik dan terbesar di Indonesia. Tidak heran jika bank BRI memiliki banyak nasabah.

Nah kembali ke layanan SMS Banking yang diberikan oleh BRI itu sendiri, tidak serta merta nasabah bisa langsung menikmatinya. Nasabah BRI terlebih dahulu untuk registrasi atau DAFTAR SMS BANKING BRI baik itu dari ATM, mesin EDC atau di kantor cabang.

Sesudah daftar pada layanan SMS Banking tersebut nantinya anda bisa menggunakan untuk transfer, cek saldo, pembayaran dan lainnya hanya dengan mengirim pesan SMS. Namun tidak semua transaksi di layanan SMS Banking BRI bisa berjalan lancar, kadang ada kendala seperti tidak terkirim atau bahkan sampai terblokir SMS Bankingnya.

Cara Mengatasi SMS Banking BRI Terblokir Beserta Penyebab & Tips Aman Menggunakan

Cara Mengatasi SMS Banking BRI Terblokir Beserta Penyebab Tips Aman Menggunakan

Jika sampai terjadi masalah berupa terblokirnya layanan SMS Banking BRI maka anda harus cepat-cepat untuk mengatasi agar nantinya SMS Banking BRI anda bisa kembali digunakan. Nah berikut pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai cara mengatasi SMS Banking BRI terblokir secara lengkap.

Penyebab SMS Banking BRI Terblokir

Penyebab SMS Banking BRI Terblokir

Sebelum lanjut ke topik pembahasan yaitu mengenai cara mengatasinya, nasabah BRI juga perlu mengetahui penyebab mengapa terjadinya layanan SMS Banking terblokir. Dan untuk faktor penyebab terjadinya layanan SMS Banking BRI terblokir bisa dikarenakan beberapa hal, seperti:

  • Salah Masukan PIN

Sama seperti halnya kartu ATM BRI terblokir, penyebab utamanya yaitu pengguna salah dalam memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut saat bertransaksi. Semisal sudah salah dua kali dan memasukkan PIN yang ketiga salah kembali maka akan secara otomatis terblokir.

Masalah salah memasukkan PIN juga bisa disebabkan karena PIN yang dibuat terbilang sulit diingat atau bahkan nasabah BRI banyak membuat PIN lain sehingga salah dalam memasukkannya. Dengan begitu mencoba mengingat kembali PIN transaksi SMS Banking dahulu.

  • Terblokir Secara Sepihak dari BRI

Penyebab SMS Banking BRI terblokir bisa dikarenakan oleh pihak bank BRI sendiri yang melakukannya. Biasanya pemblokiran sepihak ini diakibatkan adanya indikasi atau transaksi tidak wajar, sehingga dicurigai oleh pihak bank jika ada orang lain yang menyalahgunakan.

  • HP Hilang

Penyebab terakhir biasa muncul dan mengakibatkan SMS Banking terblokir yaitu penggunanya sendiri yang meminta untuk memblokirnya. Biasanya pemblokiran ini dilakukan oleh para nasabah BRI dimana mengalami kehilangan HP atau ponsel yang digunakan untuk transaksi lewat layanan SMS Banking.

Cara Mengatasi SMS Banking BNI Terblokir

Nah kembali ke topik pembahasan, yaitu mengenai cara mengatasi terblokirnya layanan SMS Banking itu sendiri. Dimana nasabah BRI yang mengalami masalah berupa terblokirnya layanan SMS Banking bisa mengatasi dengan beberapa pilihan cara, seperti:

Mengatasi Dengan Datang ke Kantor Cabang BRI

Mengatasi Dengan Datang ke Kantor Cabang BRI

Mungkin cara ini menjadi cara paling ampuh dan mudah saat mengatasi terblokirnya layanan SMS Banking. Yang mana nantinya nasabah hanya perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat, tidak harus datang ke kantor cabang dahulu saat membuka rekening tabungan.

Caranya hanya perlu datang dan ambil nomor antrean lalu menunggunya. Tunggu sampai nomor dipanggil oleh petugas atau Customer Service yang sedang berjaga, kemudian sampaikan maksud kedatangannya yaitu ingin buka pemblokiran yang ada pada layanan SMS Banking.

Dengan begitu Customer Service akan mulai membantunya sampai selesai. Untuk bisa berjalan dengan lancar dalam mengatasi pembukaan SMS Banking BRI terblokir, saat datang ke kantor cabang BRI terlebih dahulu menyiapkan syarat diperlukan. Syarat tersebut seperti ada :

Syarat

  • Kartu identitas diri baik itu KTP atau SIM.
  • Buku tabungan BRI.
  • Kartu ATM BRI.
  • Nomor HP terdaftar di layanan SMS Banking.

Mengatasi Tanpa Datang ke Kantor Cabang BRI

Mengatasi Tanpa Datang ke Kantor Cabang BRI

Jika anda ingin mengatasi SMS Banking terblokir tanpa harus datang ke kantor cabang dengan alasan tidak memiliki waktu cukup banyak maka anda bisa juga mengatasinya tanpa perlu datang. Solusi mengatasi terblokirnya layanan SMS Banking itu sendiri dengan cara menghubungi CALL CENTER BRI, namun sebelum itu siapkan persyaratannya.

Syarat

  • Buku rekening untuk dilihat nomor rekeningnya.
  • Nomor kartu ATM.
  • Perkiraan saldo terakhir.

Walaupun cukup mudah saat membuka atau mengatasi SMS Banking terblokir dengan cara ini, namun ada juga kekurangan yang didapatkan. Seperti nasabah BRI harus memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan ke call center BRI tersebut, dimana membutuhkan banyak pulsa.

Hal tersebut karena adanya pertanyaan-pertanyaan seputar penyebab pemblokiran terjadi berserta saat memberikan identitas yang dibutuhkan untuk persyaratannya. Mungkin itulah kekurangannya, sedangkan kelebihannya yaitu praktis, simple dan tidak perlu keluar rumah untuk datang ke kantor.

Tips Aman Menggunakan SMS Banking

Tips Aman Menggunakan SMS Banking 1

Nah setelah mengetahui mengenai penyebab, cara dan syarat mengatasi SMS Banking terblokir. Berikutnya anda juga perlu mengetahui mengenai tips aman dalam menggunakan layanan SMS Banking, agar terhindar dari kelupaan PIN atau digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Menyalin PIN

Salin PIN dan menyimpannya menjadi salah satu tips aman saat menggunakan SMS Banking BRI. Terutama bagi nasabah BRI yang sering kelupaan PIN-nya, sehingga bisa membukanya kembali saat terjadi kelupaan PIN.

  • Membuat PIN Tidak Biasa

Buatlah PIN SMS Banking BRI secara tidak biasa, karena PIN biasa dapat dengan mudah untuk ditebak oleh orang dan bisa memicu penyalahgunaan. Buatlah PIN sulit ditebak namun masih mudah diingat oleh penggunanya.

  • Hapus SMS Setelah Transaksi

Tips terakhir saat menggunakan layanan SMS Banking agar tetap aman yaitu dengan cara menghapus pesan SMS setelah melakukan transaksi. Ini memiliki tujuan untuk menghilangkan jejak jika anda telah bertransaksi lewat layanan SMS Banking.

FAQ

1. Berapa Biaya Buka Pemblokiran SMS Banking BRI?

Saat mengatasi dikantor cabang tidak akan dikenakan biaya, sedangkan lewat layanan call center akan dikenakan biaya panggilan sehingga harus siapkan pulsa.

2. Berapa Lama Buka Pemblokiran SMS Banking?

Tidak lama, bisa kurang dari 30 menit. Yang membuat lama yaitu antreannya.

Mungkin itulah informasi yang bisa pakaiatm.com sampaikan mengenai cara mengatasi SMS Banking terblokir sampai tips aman menggunakannya. Semoga adanya ulasan diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan, khususnya nasabah BRI dimana mengelami masalah terblokir layanan SMS Bankingnya.